Gereja Santo Fransiskus dari Assisi, Wina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Santo Fransiskus dari Assisi
Gereja Paroki Santo Fransiskus dari Assisi di Wina
Gereja Yubileum Kaisar
Gereja Meksiko
Jerman: Kirche zum heiligen Franz von Assisi
Gereja Santo Fransiskus dari Assisi, Wina
LokasiWina
NegaraAustria
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiFransiskus dari Assisi
Tanggal konsekrasi1913
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
Peletakan batu pertama1898
Selesai1910
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Wina

Gereja Santo Fransiskus dari Assisi (Jerman: Kirche zum heiligen Franz von Assisi), juga dikenal sebagai Gereja Yubileum Kaisar (Jerman: Kaiserjubiläumskirche) dan Gereja Meksiko (Jerman: Mexikokirche), adalah sebuah gereja Katolik bergaya Basilika yang terletak di Wina, ibu kota Austria. Dibangun antara tahun 1898 dan 1910, dan ditahbiskan pada tahun 1913.[1] Terletak di Mexikoplatz di Distrik Kedua Wina, Leopoldstadt,[2] dan dikelola oleh Ordo Tritunggal Mahakudus.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan gereja ini dilakukan untuk merayakan peringatan 50 tahun pemerintahan Kaisar Franz Joseph I dari Austria.[3] Sebuah kompetisi diadakan untuk memilih desain dan dimenangkan oleh arsitek Victor Luntz. Bangunan bata mirip basilika dengan empat teluk ini dimaksudkan sebagai gereja garnisun; dirancang dengan gaya Rhenish-Romawi, tiga menara ubin merahnya terlihat beberapa kilometer jauhnya.

Gereja, yang terletak tepat di dekat Danube, sekarang menjadi rumah bagi Komunitas Katolik Berbahasa Inggris Wina (VESCC) yang mengadakan Misa mingguan di gereja tersebut sejak pindah ke sana pada tahun 2009.[2]

Mexikoplatz (Mexico Square), sebelumnya dikenal sebagai Erzherzog-Karl-Platz (Archduke-Karl-Square), memperingati fakta bahwa Meksiko adalah satu-satunya negara di luar Uni Soviet yang memprotes Anschluss Austria ke Nazi Jerman.

Elisabethkapelle[sunting | sunting sumber]

Elisabethkapelle

Elisabethkapelle (Kapel Elizabeth) bergaya Art Nouveau terletak di sebelah kiri gereja di sebelah panti paduan suara. Tingginya 13,5 meter dan lebar 10 meter. Kapel segi delapan ini meniru model Kapel Palatina di Katedral Aachen, yang juga meniru model Cappella Palatina di Palermo.[4]

Pada tahun 1898, anarkis Italia Luigi Lucheni membunuh istri Kaisar Franz Joseph I dari Austria, Permaisuri Elisabeth dari Austria (biasa dipanggil Sisi). Untuk memperingatinya, Elisabethkapelle didirikan. Hal ini dibiayai melalui sumbangan dari Palang Merah, karena Permaisuri Elisabeth adalah Pelindung Palang Merah yang pertama.[4]

Karena sumbangan besar Palang Merah sebesar 348.348 mahkota, kapel tersebut dihiasi dengan mosaik emas, bukan lukisan dinding, dan dindingnya dilapisi marmer, bukan plesteran. Mosaik tersebut dirancang oleh seniman Secession Carl Ederer. Di kubah mimbar gereja terdapat mosaik besar Santa Elizabeth dari Hongaria.

Kapel ini selesai dibangun pada tahun 1907 dan ditahbiskan pada 10 Juni 1908.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Adolf Loos: The Art of Architecture oleh Joseph Masheck (I.B. Tauris, 2013)
  2. ^ a b id=10853-newentry Komunitas Katolik berbahasa Inggris di Wina mempunyai rumah baru php?id=10853-newentry Diarsipkan 2014-11-29 di Wayback Machine. (Austria Times, 8 Januari 2009)
  3. ^ Wien-Leopoldstadt oleh Josef König & Hans König (Sutton Verlag GmbH, 2003)
  4. ^ a b Tribute to a controlled Empress oleh Liselotte Schwab (Universitas Wina, 2008 )

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 48°13′27″N 16°24′18″E / 48.22417°N 16.40500°E / 48.22417; 16.40500