Gereja Fransiskan, Brașov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja Fransiskan
Gereja Fransiskan Paroki Santo Yohanes Pembaptis
Gereja Fransiskan, Brașov
LokasiBrașov
NegaraRumania
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiFransiskan
Arsitektur
Statusgereja paroki
Status fungsionalAktif

Gereja Fransiskan yang bernama lengkap resmi Gereja Fransiskan Paroki Santo Yohanes Pembaptis adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di kota tua Brașov di 7 Sf. jalan Ioan, Brașov, Rumania. Dibangun dengan gaya Gotik dan mengalami banyak perubahan selama Renaisans dan kemudian pada periode Barok. Gereja ini telah berbentuk seperti ini sejak tahun 1711, oleh karena itu gaya Baroknya dominan. Gereja ini didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak ada dokumen resmi yang menyebutkan tanggal pasti kapan gereja ini dibangun tetapi diyakini didirikan sekitar tahun 1450. Gereja ini didirikan oleh para biarawati Ordo Santa Klara, atau Klaris, dan catatan tertulis pertama tanggalnya dari tahun 1486. Pada tahun 1543, seperti halnya banyak biara lain di Transilvania, kaum Lutheran mengusir ordo tersebut dari kota, dan seluruh gereja serta biara dikosongkan dan digunakan sebagai lumbung hingga tahun 1644 ketika bangunan tersebut dikembalikan ke keadaan semula. statusnya dan digunakan sebagai tempat ibadah Lutheran.

Bersama dengan Tentara Kerajaan Austria, perwakilan ordo Yesuit dan Fransiskan masuk ke Brașov pada tahun 1686. Pada tahun 1716 para biarawan Jesuit pindah tetapi kebakaran besar menghancurkan sebagian besar bangunan tersebut. Pada tahun 1724 dua jenderal tentara Austria, Königsegg dan Tige, berkontribusi dalam pembangunan kembali gereja yang kemudian diserahkan kepada para biarawan ordo Fransiskan dan diresmikan pada tahun 1725. Tahun-tahun berikutnya dimulailah perabotan interior yang menurut menurut kebiasaan pada masa itu, diproduksi oleh anggota ordo yang berbakat. Periode berikutnya melihat perubahan lebih lanjut. Pada tahun 1745 sebuah kapel dipasang di sisi selatan gereja untuk menghormati Santa Anna. Setelah kebakaran dahsyat kedua, beberapa bangunan di sekitarnya menjadi tidak dapat digunakan dan harus dibongkar. Disitulah sakristi dibangun pada tahun 1783.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Gereja dan Biara Fransiskan St Yohanes Pembaptis adalah kompleks bangunan dengan denah dasar L dan memiliki menara lonceng kayu sebagai ciri khasnya.

Di bagian depan selatan bagian tengah terdapat gapura berdinding Gotik akhir dari abad ke-15 yang di atasnya berdiri sebuah tablet peringatan dari tahun 1725 yang didedikasikan untuk Jenderal Tige yang murah hati dan istrinya, pemberi gereja. Sebuah koridor mengarah ke pintu masuk barat gereja, tetapi sebelum rekonstruksi tahun 1725 di sisi utara dulu ada koridor lain dengan hiasan bingkai batu dan relief Renaisans yang masih terlihat hingga saat ini.

Interiornya menampilkan perabotan gereja Barok yang dibuat pada akhir tahun 1730-an, dengan tatahan yang umum pada masa itu. Altar utama yang didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis terdiri dari tiga bagian. Bagian tengahnya adalah lukisan cat minyak yang menggambarkan Santo Yohanes membaptis Yesus Kristus di Sungai Yordania dengan tiga kolom Korintus di setiap sisinya. Di atas altar terdapat medali emas yang dihias dengan indah yang menampilkan lambang Ludwig Andreas Khevenhüller dan istrinya, pelindung gereja, dan tanggal (1729). Di kedua sisi lengkungan interior berdiri altar sekunder yang didedikasikan untuk Perawan Maria dan St John dari Nepomuki meniru gaya bagian tengah. Sebagai pengganti tabernakel, ilustrasi dua santo pelindung ordo: Santo Fransiskus dari Assisi dan Santo Antonius dari Padua dipajang. Patung-patung di dalam Gereja Saint John yang berasal dari pergantian abad ke-20 menggambarkan Jalan Salib (1892), Our Lady of Lourdes (1890), Saint Anthony (1900), Saint Francis (1930), the Perawan Maria serta Yesus Kristus Sang Juru Selamat.

Gereja organ dibangun pada tahun 1751, dibangun kembali pada tahun 1939.

Pada abad ke-20, gereja St Yohanes Pembaptis mengalami dua perbaikan restorasi besar-besaran di mana senimannya, Hans Bulhardt, melukis interiornya dengan gaya Neo-Baroque dan menyelesaikan lukisan dinding di dinding utara yang menggambarkan Santo Antonius dan serigala betina. Perbaikan kedua dilakukan setelah gempa bumi tanggal 10 November 1940 yang mengakibatkan kerusakan parah.

Gereja ini terdaftar sebagai monumen bersejarah oleh Kementerian Kebudayaan dan Agama Rumania).[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (dalam bahasa Rumania) [ http://www.patrimoniu.ro/images/LMI/LMI-2010_BV.pdf Lista Monumentelor Istorice 2010: Județul Brașov] /www.patrimoniu.ro/images/LMI/LMI-2010_BV.pdf Diarsipkan 2018-09-28 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]