Gerbong tangki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gerbong tangki modern yang dapat membawa berbagai macam komoditas cair dan gas.

Gerbong tangki atau gerbong ketel adalah sebuah tipe gerbong atau bakal pelanting yang dirancang untuk mengangkut komoditas cair dan gas.

Gerbong tangki bersepur sempit buatan Kambarka Engineering Works, 750 mm (2 ft 5 12 in)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Linimasa[sunting | sunting sumber]

Berikut beberapa peristiwa penting dalam perkembangan gerbong tangki di Amerika Serikat :

  • 1865: Sebuah tangki kayu diikat di atas sebuah gerbong datar untuk mengangkut minyak mentah dari Pennsylvania.
  • 1869: Tangki besi Wrought dengan kapasitas sekitar 3500 US gal (13 m3; 2900 imp gal), menggantikan tangki kayu.
  • 1888: Produsen mulai menjual gerbong tangki langsung ke perusahaan minyak, dengan kapasitas berkisar dari 6,000 hingga 10000 US gal (0,02271–37,85412 m3; 4,996–8326,742 imp gal).
  • 1903: Produsen gerbong tangki mulai mengembangkan standar keamanan konstruksi. Lebih dari 10.000 gerbong tangki beroperasi pada saat itu.
  • 1915: Sebuah sistem klasifikasi dikembangkan oleh industri gerbong tangki untuk memastikan kesesuaian antara tipe gerbong dengan muatan yang dibawanya. Sekitar 50.000 gerbong tangki beroperasi pada saat itu.
  • 1930: 140.000 gerbong tangki digunakan untuk mengangkut sekitar 103 komoditas.
  • 1940-an: Hampir semua gerbong tangki terlibat mendukung upaya Amerika Serikat pada Perang Dunia II.
  • 1945–1950: Las menggantikan paku keling pada konstruksi gerbong (baik untuk rangka dan tangkinya sendiri) pada produsen besar, seperti American Car & Foundry dan General American.
  • 1950: Jalur pipa dan truk tangki mulai bersaing untuk mengangkut cairan.
  • 1963: Union Tank Car Company memperkenalkan gerbong tangki "Whale Belly".

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Beberapa varian gerbong tangki dibuat berdasarkan jenis cairan dan gas yang diangkut. Gerbong tangki dapat dibuat bertekanan maupun tidak, terinsulasi maupun tidak, dan dirancang untuk mengangkut satu jenis komoditas maupun lebih. Gerbong tangki yang tidak bertekanan memiliki berbagai macam peralatan terpasang di bagian atas maupun bawah. Sementara gerbong tangki yang bertekanan memiliki sebuah plat tekanan, dengan semua peralatan terletak di bagian atas tangki.

Interior gerbong tangki biasanya juga dilapisi dengan bahan lain, seperti kaca ataupun bahan lain untuk mengisolasi muatan dengan dinding tangki. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa muatan tidak terkontaminasi dinding gerbong.

Gerbong tangki biasanya hanya dimuat untuk sekali jalan (misal hanya dari kilang ke terminal bahan bakar), karena dalam perjalanan kembali ke kilang tidak perlu membawa muatan lagi.

Sebagian besar gerbong tangki tidak dimiliki oleh perusahaan perkeretaapian, namun langsung dimiliki oleh perusahaan pengguna layanan perusahaan perkeretaapian tersebut.

Dalam industri perkeretaapian, gerbong tangki dikelompokkan berdasarkan tipenya, bukan berdasarkan muatan yang dapat diangkut. Gerbong tangki pengangkut makanan biasanya dilapisi dengan baja nirkarat, kaca, atau plastik. Sementara gerbong tangki pengangkut barang berbahaya biasanya dibuat dari baja khusus, tergantung pada muatan yang akan diangkut dan tekanan operasinya. Gerbong jenis ini juga dilapisi dengan karet atau pelapis khusus untuk menjaga kemurnian muatan. Tangki juga diperkuat untuk mencegah keretakan saat terjadi insiden.

Semua gerbong tangki rutin menjalani inspeksi untuk mencegah kerusakan dan korosi. Sementara katup pelepas tekanan diinspeksi tiap muatan akan dimasukkan ke dalam tangki. Gerbong tangki bertekanan juga rutin diuji tekanannya untuk memastikan integritas tangki.

Gerbong terinsulasi (yang dapat dilengkapi dengan sistem pemanas maupun pendingin) digunakan untuk mengangkut muatan yang suhunya harus dijaga. Gerbong yang dirancang untuk mengangkut lebih dari satu komoditas biasanya dilengkapi dengan dua tangki atau lebih. Tiap tangki harus memiliki peralatannya masing-masing.

Luar Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

Gerbong tangki pada sebuah kereta pemadam kebakaran di Rusia.

Di Britania Raya, gerbong tangki secara tradisional memiliki empat roda.

Inggris

Aplikasi khusus[sunting | sunting sumber]

Gerbong susu[sunting | sunting sumber]

Sebuah gerbong susu dirancang untuk mengangkut susu mentah dari peternakan ke pabrik pengolahan.

Kini, susu umumnya didinginkan sebelum dimuat ke tangki yang dilapisi dari kaca. Gerbong susu kerap ditempeli himbauan "Hanya untuk mengangkut barang konsumsi".

Gerbong hidrogen cair[sunting | sunting sumber]

Gerbong tangki tipe ini dirancang untuk mengangkut hidrogen cair kriogenik (LH2).[1]

Gerbong acar[sunting | sunting sumber]

Gerbong tipe ini dirancang untuk mengangkut acar. Gerbong acar biasanya terdiri dari beberapa tong kayu atau logam (biasanya tiga atau empat) dan diberi naungan. Acar yang direndam di air garam pun dimuat melalui bagian atas tangki.

Peti kemas tangki[sunting | sunting sumber]

Peti kemas tangki dimuat di atas kereta api

Sebuah peti kemas tangki adalah tipe peti kemas khusus yang dirancang untuk mengangkut cairan dalam jumlah besar, seperti bahan kimia, hidrogen cair, dan gas. Baik bahan yang tidak berbahaya maupun yang berbahaya dapat diangkut dengan peti kemas tangki. Sebuah peti kemas tangki standar memiliki panjang 20 kaki (6,10 m), tinggi 8 kaki (2,44 m), dan lebar 8 kaki (2,44 m). Tangki yang terbuat dari baja nirkarat diperkuat dengan rangka berbentuk balok yang berukuran seperti peti kemas biasa. Hal ini memungkinkan peti kemas tangki diangkut dengan berbagai macam moda, seperti truk, kereta api, dan kapal.

Gerbong torpedo[sunting | sunting sumber]

Gerbong torpedo

Sebuah gerbong torpedo atau gerbong botol adalah sebuah tipe gerbong yang digunakan di pabrik baja untuk mengangkut besi kasar cair dari tanur tiup untuk memulai proses pembuatan baja.

Gerbong yang diinsulasi termal ini dapat menahan suhu yang sangat tinggi, dan menjaga kondisi muatannya. Gerbong ini dapat diputar untuk mengosongkan muatannya. Nama gerbong ini terinspirasi dari bentuknya yang mirip torpedo.

Gerbong cuka[sunting | sunting sumber]

Gerbong cuka di Museum Perkeretaapian Toronto di Roundhouse Park.

Sebuah gerbong cuka adalah gerbong yang dirancang untuk mengangkut cuka. Gerbong cuka terbesar dibuat oleh Morrison Railway Supply Corporation pada tahun 1968. Tangkinya memiliki kapasitas 17100 galon AS (65 m3; 14200 imp gal). Gerbong tersebut dibuar dalam waktu 18 bulan.

Cuka kini diangkut dengan gerbong tangki yang dilapisi dengan kaca, plastik, maupun baja paduan.[2]

Gerbong "perut paus"[sunting | sunting sumber]

Pada awal dekade 1960-an, Union Tank Car Company memperkenalkan serangkaian produk gerbong tangki "perut paus". Gerbong ini dapat mengangkut 33000 galon AS (120 m3; 27000 imp gal) pada CSOX #31084[3] hingga 63000 galon AS (240 m3; 52000 imp gal) pada GATX #96500. Tangki terbesar yang pernah dioperasikan adalah UTLX #83699, yang berkapasitas 50000 galon AS (190 m3; 42000 imp gal). Tangki tersebut mulai dioperasikan pada 1963 dan terus digunakan hingga 1983. GATX 96500 kini dipamerkan di Museum Transportasi di Saint Louis, Missouri. Gerbong ini memiliki panjang 98 kaki (29,9 m), berat kosong 175000 lb (79400 kg), dan delapan roda. Tangki ini digunakan untuk mengangkut LPG dan amonia anhidrat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ NOAA's Office of Response and Restoration: Chemical Response Tool Diarsipkan 2008-12-20 di Wayback Machine.
  2. ^ "Week at a glance: Vinegar by rail - in giant wooden tanks". Railway Age. 165 (17): 11. October 28, 1968. 
  3. ^ "CSOX #31084". Diakses tanggal July 23, 2019. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Herron, Jim (April 2002). "History Of The Rail Tank Car". e-Train, the online magazine of the Train Collectors Association. Diakses tanggal January 21, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]