Gerar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gerar (artinya: "tempat menginap"; bahasa Inggris: lodging-place) adalah kota kuno orang Filistin yang dicatat dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Sekarang ini terletak di bagian selatan tengah Israel.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Di dalam Kitab Kejadian tercatat bahwa Abraham dan kemudian Ishak pernah tinggal di Gerar, sebelum pindah ke Beersheba. Setiap peristiwa ditandai dengan mengaku istri-istri mereka sebagai saudara perempuan, sehingga menimbulkan ketegangan dengan raja (= pemimpin; wali kota) Filistin, Abimelek.[1] Haggadah mengidentifikasi bahwa kedua peristiwa itu melibatkan dua orang bernama Abimelek. Abimelek yang bertemu dengan Ishak adalah putra dari Abimelek yang bertemu dengan Abraham. Abimelek yang muda ini sebenarnya mempunyai nama asli Benmelekh ["putra raja"], tetapi setelah naik tahta mengganti namanya seperti nama ayahnya, yang bermakna "ayahku adalah raja".

Zaman sekarang[sunting | sunting sumber]

Menurut Easton's Bible Dictionary[2] lembah Gerar (Kejadian 26:17) diduga sekarang berlokasi di Wadi el-Jerdr. International Standard Bible Encyclopedia,[3] Bible Dictionary karya Dr. William Smith,[4] dan Chain Topics karya Frank Thomson[5] semuanya hanya menuliskan sebagai "di sebelah selatan Gaza". Situs Bible Places menyatakan umumnya diterima bahwa Tel Haror merupakan lokasi kota kuno Gerar. Namun penggalian arkeologi menyimpulkan bahwa kota itu beru ada saat datangnya orang Filistin sekitar tahun 1200 SM dan hanya merupakan desa kecil sampai tahun 800-700 SM.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kejadian 20:1, dan Kejadian 26:1
  2. ^ M.G. Easton M.A., D.D. Easton's Bible Dictionary, Edisi ke-3. Penerbit: Thomas Nelson. 1897.
  3. ^ Disingkat ISBE, diterbitkan tahun 1844-1913
  4. ^ Smith's Bible Dictionary, diterbitkan tahun 1884
  5. ^ Frank Thompson's New Chain-Reference Bible published in 1934, meskipun kutipan ini diambil dari salinan suntingan elektronik di situs milik the Crosswire Project.