Lompat ke isi

Gerakan perlawanan di Auschwitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Organisasi gerakan perlawanan bawah tanah di kamp konsentrasi Auschwitz dimulai pada paruh kedua tahun 1940, tak lama setelah kamp tersebut mulai beroperasi pada bulan Mei tahun itu. Pada bulan September 1940, Witold Pilecki, seorang kapten tentara Polandia, tiba di kamp tersebut. Menggunakan nama Tomasz Serafiński (nomor tahanan 4859), Pilecki membiarkan dirinya ditangkap oleh Jerman dalam sebuah razia jalanan (łapanka) dengan tujuan agar dirinya dikirim ke Auschwitz untuk mengumpulkan informasi dan mengorganisasi perlawanan di dalamnya. Di bawah arahan Pilecki, Związek Organizacji Wojskowej (Persatuan Organisasi Militer), ZOW, ​​dibentuk.

Reportase konspirasi tentang Kamp Kematian Auschwitz yang ditulis oleh Natalia Zarembina pada tahun 1942.

Latar belakang

[sunting | sunting sumber]
Gerbang utama Auschwitz I

Setelah bagian barat negara itu dianeksasi oleh Jerman Nazi selama invasi Nazi-Soviet ke Polandia, Oświęcim (Auschwitz) secara administratif terletak di Provinsi Jerman Silesia Hulu, Regierungsbezirk Kattowitz. Auschwitz pertama kali diusulkan sebagai lokasi kamp konsentrasi untuk warga negara Polandia oleh SS-Oberführer Arpad Wigand, seorang ajudan Pemimpin SS dan Polisi untuk Silesia, Erich von dem Bach-Zelewski. Bach-Zelewski telah mencari lokasi baru untuk menahan orang-orang di wilayah Silesia karena penjara-penjara setempat telah penuh sesak. Richard Glücks, kepala Inspektorat Kamp Konsentrasi, mengirim mantan komandan kamp konsentrasi Sachsenhausen, Walter Eisfeld, untuk memeriksa lokasi tersebut, yang telah menampung enam belas bangunan satu lantai bobrok yang pernah berfungsi sebagai barak Angkatan Darat Austria dan kemudian Polandia.[1]

Reichsführer-SS Heinrich Himmler, kepala Schutzstaffel (SS), menyetujui lokasi tersebut pada bulan April 1940, dengan maksud untuk menggunakan fasilitas tersebut sebagai tempat penampungan tahanan politik. SS-Obersturmbannführer (letnan kolonel) Rudolf Höss mengawasi pembangunan kamp dan menjabat sebagai komandan pertama. SS-Obersturmführer (letnan senior) Josef Kramer diangkat sebagai wakil Höss. Auschwitz I, kamp asli, menjadi pusat administrasi untuk seluruh kompleks.[2][3]

Auschwitz adalah kamp konsentrasi pertama di Polandia barat daya di bawah pendudukan Jerman. Struktur serupa digunakan untuk membentuk kamp konsentrasi Soldau di utara Provinsi Prusia Timur pada waktu yang sama.[4]

Sigmund Sobolewski 1992 - perlawanan di Auschwitz

Pada tahun 1940 jumlah mantan tentara Polandia dan warga sipil yang dikirim ke Auschwitz menimbulkan kecurigaan tentang niat Jerman. Pilecki membuat keputusan untuk menempatkan dirinya di sana dengan sukarela. Pada tanggal 19 September 1940 selama pengumpulan di distrik Żoliborz Warsawa, Pilecki ditangkap dan segera dikirim ke Auschwitz (tahanan no. 4859). Bukti lebih lanjut bahwa ia memasuki kamp secara sukarela datang pada musim gugur tahun 1941 ketika Pilecki menerima promosi ke pangkat letnan dari bawah tanah Warsawa.[5] Awalnya organisasi perlawanan terdiri dari tahanan politik Polandia dan tawanan perang – dengan mantan prajurit Angkatan Darat Polandia memainkan peran penting. Pada bulan Februari 1942, Kolonel Kazimierz Heilman-Rawicz [pl] (di kamp bersembunyi dengan nama Jan Hilkner) mengorganisasi sel Związek Walki Zbrojnej (Persatuan Perjuangan Bersenjata), ZWZ.

Pada waktu yang hampir bersamaan, aktivis Partai Sosialis Polandia (PPS) yang dipenjara, seperti Stanisław Dubois, mulai membentuk organisasi mereka sendiri (Dubois dieksekusi oleh SS pada tahun 1942). Selain itu, tahanan yang terkait dengan sayap kanan Polandia sebelum perang, seperti Jan Mosdorf dan Roman Rybarski, juga membentuk kelompok mereka sendiri. Ketika jumlah tahanan bertambah dan kamp diperluas, upaya dilakukan untuk menyatukan berbagai gerakan perlawanan Polandia di dalam Auschwitz. Ini tercapai pada tahun 1942 ketika ZOW dan kelompok-kelompok kecil lainnya membentuk satu organisasi yang terkait dengan Tentara Dalam Negeri Polandia (Armia Krajowa, AK), penerus ZWZ. Komandan pertama kelompok yang lebih besar adalah Rawicz, yang mewakili ZWZ, yang dipindahkan ke kamp konsentrasi Mauthausen pada tahun 1942. Kepemimpinan kemudian diambil alih oleh Juliusz Gilewicz [pl], yang terbunuh dalam eksekusi massal pada bulan Oktober 1943.

Perlawanan internasional

[sunting | sunting sumber]
Stanisław Dubois, dari Partai Sosialis Polandia, penyelenggara salah satu kelompok perlawanan di Auschwitz

Pada akhir tahun 1942, dengan kamp yang sekarang menampung tahanan dari seluruh Eropa, sel-sel perlawanan lainnya muncul, biasanya dibentuk berdasarkan garis-garis nasional dan etnis. Selain kelompok perlawanan Yahudi, ada kelompok perlawanan Ceko, Rusia, Yugoslavia, Prancis, Austria, dan Jerman, sebagian besar dengan kecenderungan politik kiri atau sosialis. Sebuah organisasi internasional, Kampfgruppe Auschwitz (Kelompok Tempur Auschwitz), dibentuk pada tahun 1943. Pada tahun 1944, bersama dengan Home Army, Kampfgruppe membentuk Dewan Militer Auschwitz secara keseluruhan untuk mengoordinasikan perlawanan.

Tujuan utama gerakan perlawanan adalah membantu para tahanan bertahan hidup, mengumpulkan informasi intelijen tentang kekejaman Nazi di kamp, ​​mengatur pelarian, dan mempersiapkan pemberontakan di dalam kamp. Pemberontakan terakhir tidak pernah terwujud, meskipun beberapa pemberontakan massal terjadi, terutama pemberontakan terhadap tahanan Yahudi dari Sonderkommando pada bulan Oktober 1944. Organisasi perlawanan Polandia, dengan bantuan dari orang Polandia di luar kamp, ​​juga terlibat dalam penyelundupan obat-obatan untuk para tahanan.

Peran perlawanan komunis, baik di Polandia maupun di dunia internasional, telah dibesar-besarkan secara tidak wajar oleh historiografi era komunis dan karya-karya lain di era komunis Uni Soviet dan negara-negara satelitnya seperti Polandia; lebih jauh lagi, historiografi era komunis mencoba untuk menyembunyikan informasi mengenai anggota Tentara Dalam Negeri di dalam kamp dan peran mereka dalam perlawanan.[6]

  1. ^ Dwork & van Pelt 2002, hlm. 166.
  2. ^ Gutman 1994, hlm. 10, 16.
  3. ^ Steinbacher 2005, hlm. 22–23.
  4. ^ Marek Przybyszewski, IBH Opracowania - Działdowo jako centrum administracyjne ziemi sasińskiej (Działdowo as centre of local administration).
  5. ^ Lidia Świerczek, the Muzeum of Wola. "Rotamaster Pilecki - Biography - Part 3". Rotamaster Witold Pilecki. Institute of National Remembrance. Diakses tanggal 8 January 2016. 
  6. ^ Haltof, Marek (2018). "Fighting Auschwitz". Fighting Auschwitz:: The Heroic Account of the Camp. Screening Auschwitz. Wanda Jakubowska's The Last Stage and the Politics of Commemoration. Northwestern University Press. hlm. 101–120. doi:10.2307/j.ctv3znz28.10. ISBN 978-0-8101-3608-3. JSTOR j.ctv3znz28.10. Diakses tanggal 2021-03-29. 

Referensi

[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]