Gerakan Stroberi Liar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gerakan Stroberi Liar ( Hanzi :野草莓運動) adalah sebuah gerakan protes di Taiwan yang dimulai pada 6 November 2008 setelah kunjungan ketua ARATS Republik Rakyat Tiongkok Chen Yunlin ke pulau itu. Gerakan ini dipicu pada tahun 2008 oleh kontroversi atas Parade and Assembly Act (集會遊行法), ketika pemerintah menekan protes terhadap kunjungan Ketua Asosiasi China untuk Hubungan Lintas Selat Taiwan Chen Yunlin (陳雲林). [1]

Logo Gerakan Stroberi Liar di Taiwan (2008)

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Nama yang dipilih oleh siswa untuk inisiatif mereka, "Strawberry Liar", membuat sepasang referensi. Kata liar mengingatkan gerakan mahasiswa Wild Lily tahun 1990, yang menyebabkan reformasi politik besar-besaran dan pemilihan umum demokratis pertama di Taiwan . Kata stroberi membuat penggunaan istilah " generasi stroberi " ironis , sebuah deskripsi tentang pemuda Taiwan yang dipekerjakan secara merendahkan oleh para tetua mereka untuk menggambarkan generasi terbaru sebagai "lunak", tidak memiliki kekuatan karakter dan keyakinan politik. [2]

Demonstrasi[sunting | sunting sumber]

Demonstrasi dimulai dengan mahasiswa di Taipei di depan Executive Yuan. Pada 7 November 2008, polisi mulai memindahkan pengunjuk rasa dari tempat kejadian dan membawa mereka ke lokasi terpisah di sekitar kota. Setelah membuat rencana regrouping sebelumnya, para siswa berkumpul kembali di Liberty Square di depan Chiang Kai-shek Memorial Hall .

Mengikuti jejak para mahasiswa di Taipei, enam protes duduk lainnya bermunculan di sekitar Taiwan:

  • Kaohsiung, 7 November
  • Tainan, 7 November
  • Taichung, 9 November
  • Changhua l, 9 November
  • Hsinchu, 10 November
  • Chiayi, 12 November

Tuntutan mahasiswa dan tanggapan pemerintah[sunting | sunting sumber]

Protes duduk yang dipimpin mahasiswa dilakukan sebagai tanggapan atas insiden kekerasan polisi dan penyalahgunaan kekuasaan selama kunjungan Chen Yunlin ke Taiwan. Para pengunjuk rasa asli di Taipei mengeluarkan pernyataan dengan tuntutan sebagai berikut:

1. Permintaan maaf publik oleh Presiden Ma Ying-jeou dan Perdana Menteri Liu Chao-shiuan atas pelanggaran polisi.

2. Pengunduran diri segera dari Direktur Jenderal Badan Kepolisian Nasional Wang Cho-chiun (za) dan Direktur Jenderal Biro Keamanan Nasional (Tsai Chao-ming [ja]).

3. Tinjauan segera dan amandemen Undang-undang Majelis dan Parade untuk memastikan hak berkumpul dan berekspresi secara damai. [3]

Tanggapan pemerintah terhadap petisi Wild Strawberry termasuk tindakan berikut:

  • Pada 11 November 2008, Perdana Menteri Liu membuat pernyataan kepada Liberty Times yang mengatakan, "Saya tidak akan meminta maaf. Dengan hal semacam ini, Anda hanya perlu menunggu satu atau dua hari dan itu akan berlalu."
  • Presiden Ma Ying-jeou berbicara kepada para siswa pada 13 November 2008, mengatakan bahwa, sementara dia percaya ada ruang untuk perbaikan dalam penanganan Wang Cho-chiun dan Tsai Chao-ming tentang masalah pertemuan publik, dia tidak melihat alasan bagi mereka untuk mundur. [4]
  • Pada 11 Desember 2008, para demonstran Wild Strawberry dan Tibet di Liberty Square dipaksa oleh polisi untuk meninggalkan lokasi karena tidak mematuhi Undang-undang Majelis dan Parade yang ada.
  • Pada tanggal 24 Desember 2008, versi amandemen dari Majelis dan Parade Act lulus tinjauan awal di Komite Administrasi Internal legislatif.

Versi amandemen undang-undang tersebut tetap kontroversial pada saat penyusunan pada Mei 2009. Perubahan yang diusulkan tidak memenuhi tuntutan mahasiswa untuk undang-undang di Taiwan yang menyerupai undang-undang majelis di negara-negara Uni Eropa dan Amerika Serikat yang memberikan prioritas pada jaminan konstitusional hak untuk berkumpul secara damai dan kebebasan berbicara. Sementara amandemen yang diusulkan akan membuat undang-undang baru secara umum lebih permisif daripada yang dibuat selama periode darurat militer, proposal terus memberi polisi negara bagian kekuatan veto yang substansial atas konten dan lokasi demonstrasi warga.

Rumah WildBerry[sunting | sunting sumber]

Pada 4 Januari 2009, gerakan tersebut menghentikan aksi duduk. Markas besar bernama "WildBerry House" (野苺之家) didirikan di Taipei untuk gerakan tersebut. [5] Lokasi ini kemudian ditutup pada 30 Juni 2009.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]