Gerakan Samyukta Maharashtra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Air Mancur Flora namanya diganti menjadi Hutatma Chowk ("Lapangan Martir") sebagai memorial bagi Gerakan Samyukta Maharashtra. Memorial Hutatma Chowk dengan Air Mancur Flora, dalam latar di sebelah kirinya.

Gerakan Samyukta Maharashtra (atau Sanyukta Maharashtra Andolan) (Marathi: संयुक्त महाराष्ट्र आंदोलन) adalah sebuah organisasi yang dimulai pada tahun 1956, menuntut pembentukan sebuah negara bagian berbahasa Marathi yang terpisah dari Negara Bagian Bombay (yang dwibahasa, saat itu) di India barat, dengan kota Bombay sebagai ibu kotanya.[1] Demikian pula, pada tahun 1956, Gerakan Mahagujarat mulai melakukan agitasi untuk pembentukan negara bagian berbahasa Gujarat yang terpisah dari negara bagian Bombay, yang kemudian menjadi negara bagian Gujarat.

Gerakan Samyukta Maharashtra mencapai tujuannya ketika negara bagian saat ini, Maharashtra dibentuk pada 1 Mei 1960. Reorganisasi negara bagian meninggalkan daerah yang berbahasa Marathi di Karnataka Utara, seperti Belgaon, di luar Maharashtra. Orang-orang yang baru bebas di Goa dalam sebuah referendum 1967 menolak bergabung dengan Maharashtra.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dialogue with Life - Madhu Dandavate - Google Books. Books.google.com.ni. Retrieved on 2013-07-29.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]