Gerakan Nasional Somalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gerakan Nasional Somalia (SNM)
Dhaq dhaqaaqa wadaniga soomaliyeed
Terlibat dalam Perang Saudara Somalia
Flag of Somaliland until 1996.svg
Ideologi Anti-komunisme
Kelompok Isaaq
Pemimpin
Pusat Dire Dawa, Hargeisa
Wilayah operasi  Somalia
 Ethiopia[2]
Nama saat ini  Somaliland
Sekutu Kongres Serikat Somalia
Musuh Tentara Nasional Somalia

Gerakan Nasional Somalia atau SNM (bahasa Inggris: Somali National Movement; Somali: Dhaq dhaqaaqa wadaniga soomaliyeed, Arab: الحركة الوطنية الصوماليه‎), adalah sebuah kelompok pemberontak Somalia yang beraksi tahun 1980-an. Gerakan Nasional Somalia dibentuk di London, Inggris, pada tanggal 6 April 1981 oleh Hasan Adan Wadadi, seorang mantan diplomat Somalia, yang menyatakan bahwa tujuan kelompok tersebut adalah untuk menggulingkan rezim Siad Barre.[3] SNM mengumpulkan basis pendukung utamanya dari anggota klan Isaaq, yang membentuk dan mendukung gerakan tersebut dalam menanggapi tahun-tahun diskriminasi sistematis oleh pemerintahan Barre. SNM pada awalnya tidak serta merta mendukung gagasan untuk memisahkan diri dari Somalia, pengumuman dari USC tentang pemerintahan sementara pada bulan Februari 1991 membuat pihak SNM marah, yang berpendapat bahwa mereka belum diajak berkonsultasi. Tekanan untuk memisahkan diri ternyata berasal dari pengikut SNM, yang hancur karena hilangnya nyawa dan penghancuran kota-kota di bagian utara Somalia oleh pemerintahan Barre. Di Hargeisa, misalnya, hanya 5% bangunan kota yang tetap berdiri.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.alnef.org.za/conf/2010/presentantions/somalia.pdf
  2. ^ Tekle, ed. by Amare (1994). Eritrea and Ethiopia : from conflict to cooperation (edisi ke-1. print.). Lawrenceville (N.J.): the Red sea paper. hlm. 150. ISBN 0932415970. 
  3. ^ Helen Chapin Metz, Somalia: a country study, Volume 550, Issues 86-993, (The Division: 1993), p.xxviii.
  4. ^ Lacey, Marc (5 Juni 2006). "The Signs Say Somaliland, but the World Says Somalia". New York Times. Diakses tanggal 2 Februari 2010.