Gerakan Mahasiswa Bakung Liar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gerakan mahasiswa Bakung Liar (Wild Lily) Taiwan atau gerakan mahasiswa Maret adalah demonstrasi mahasiswa enam hari pada tahun 1990 untuk demokrasi. Aksi duduk di Memorial Square di Taipei (sejak didedikasikan kembali sebagai Liberty Square untuk memperingati gerakan tersebut) diprakarsai oleh mahasiswa dari Universitas Nasional Taiwan. Para demonstran Wild Lily menuntut pemilihan langsung presiden dan wakil presiden Taiwan dan pemilihan umum perwakilan di Majelis Nasional.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1986, anggota gerakan Tang-Wai secara resmi membentuk Partai Progresif Demokratik (DPP), meskipun partai Kuomintang yang berkuasa melarang partai-partai oposisi. Namun, KMT tidak mengambil tindakan apapun terhadap mereka pada saat itu, yang mengarah ke pengesahan DPP pada tahun 1991.

Pada tahun 1988, Presiden Chiang Jing-Kuo meninggal, dan wakil presidennya, Lee Teng-Hui , mengambil alih posisi kepresidenannya. Pemilihan presiden berikutnya dijadwalkan pada tahun 1990. Namun, saat ini, calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Tiongkok (ROC) dipilih dari Majelis Nasional (國民大會). Majelis Nasional memiliki julukan “Majelis Sepuluh Ribu Tahun” (萬年國會) karena tidak ada perwakilan Taiwan lokal baru yang bergabung sejak mundurnya ROC ke Taiwan.

Pada tahun 1989, protes Lapangan Tiananmen, demonstrasi yang dipimpin mahasiswa untuk reformasi demokrasi di China, mengakibatkan Pembantaian Lapangan Tiananmen. Taiwan mengadakan protes massal, Gerakan Mahasiswa Wild Lily, pada tahun berikutnya. [1]

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

16 Maret[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 Maret, sembilan mahasiswa dari Universitas Sains dan Teknologi Nasional Taiwan hari ini melakukan aksi duduk di Gedung Memorial Chiang Kai-shek, memegang spanduk yang bertuliskan, “Rekan senegaranya, bagaimana kita bisa mentolerir penindasan terhadap 700 kaisar lagi?”. [2]

17 Maret[sunting | sunting sumber]

Karena laporan media, pada malam 17 Maret, lebih dari 200 siswa memasuki alun-alun untuk duduk. Para sarjana liberal dari Universitas Nasional Taiwan meluncurkan "pemogokan kelas fleksibel" pada hari yang sama, mengumumkan bahwa tempat tersebut akan berubah menjadi Chiang Kai-shek Memorial Hall Square selama seminggu mulai dari tanggal 19. Dan menamakannya "Pekan Pendidikan Demokrasi". Sejak parlemen di semua tingkatan dan kelompok sosial secara berturut-turut mengeluarkan tindakan untuk "mencela Kongres Nasional" sejak tanggal 16, perjuangan politik KMT telah meluas ke mobilisasi semua sektor rakyat. Ketika media terus mengungkapkan berita aksi duduk di alun-alun, jumlah penonton di lokasi aksi duduk mahasiswa pada tanggal 17 dengan cepat melebihi 2.000, dan alun-alun tampaknya terbentuk dan terus bertambah.

18 Maret[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 18 Maret, gerakan duduk di alun-alun dengan cepat berkembang menjadi serangkaian aktivis mahasiswa nasional, dengan ribuan mahasiswa berpartisipasi dalam demonstrasi duduk. Sore itu, DPP yang baru dibentuk menggelar aksi unjuk rasa, mengerahkan puluhan ribu orang untuk berorasi di samping gerbang alun-alun, dengan fokus utama mengecam Kongres Nasional. Di bidang pemerintahan mandiri mahasiswa di alun-alun, menunjukkan operasi politik yang melampaui usia, memperluas partisipasi duduk dengan sikap damai dan rasional, membentuk konsensus pengambilan keputusan berdasarkan diskusi bersama, menerbitkan "Square Newsletter" untuk berkomunikasi dengan masyarakat, dan melakukan pendidikan mandiri dan pekerjaan organisasi. Alun-alun duduk dipisahkan dengan tali dari orang-orang yang menonton dan mendukung Ketika panitia pengambil keputusan alun-alun menyatakan bahwa protes lapangan akan dilakukan berdasarkan empat prinsip "kemerdekaan, isolasi, perdamaian dan ketertiban", Gerakan Mahasiswa Lili Liar telah menggunakan logikanya sendiri untuk mendeklarasikan. Gerakan mahasiswa telah menjadi salah satu kekuatan sosial yang mandiri.

Pada hari itu juga pada pertemuan antar sekolah yang terdiri dari kelompok gerakan mahasiswa, para siswa secara resmi mengumumkan empat tuntutan gerakan mahasiswa lili liar:

1. Bubarkan Majelis Nasional dan bangun kembali sistem Majelis Nasional yang bersatu.

2. Cabut "Ketentuan Sementara untuk Mobilisasi dan Periode Pemberontakan" dan bangun kembali tatanan konstitusional baru.

3. Negara yang mengadakan pertemuan adalah pertemuan, dan seluruh rakyat bersekongkol untuk memecahkan krisis sistem.

4. Mengusulkan jadwal untuk reformasi demokrasi, menggemakan tren opini publik.

Keempat persyaratan ini mencerminkan persyaratan khusus dari beberapa orang di masyarakat sipil Taiwan untuk penguasa saat itu.

19 Maret[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 19 Maret, dengan mobilisasi kolektif kelompok gerakan mahasiswa, organisasi mahasiswa dan profesor, jumlah orang di alun-alun meledak. Pada pukul 10:00 pagi, 10 siswa di Plaza melakukan aksi mogok makan Pernyataan mogok makan mengharuskan Presiden Lee Teng-hui dan Presiden Eksekutif Lee Huan untuk menjawab empat tuntutan utama Plaza sebelum tanggal 21, mendorong moral ketegangan ke puncak. Sore itu, jumlah siswa di alun-alun melebihi 3.000; pada pukul 11 malam, pertemuan antar sekolah mengadopsi "Wild Lily" sebagai simbol spiritual gerakan siswa ini, sehingga gerakan siswa disebut "Wild Lily" Gerakan Mahasiswa". Dalam pamflet berjudul “Musim Semi Wild Lily” yang dikeluarkan oleh Tim Budaya dan Publisitas Lapangan Pelajar, para siswa menjelaskan alasan memilih bunga bakung liar sebagai simbol spiritual gerakan sebagai berikut:

1. Kemerdekaan: Bunga bakung liar adalah spesies asli di Taiwan, melambangkan otonomi.

2. Akar rumput: Bunga bakung liar dapat dilihat dari pegunungan hingga tepi pantai, mencerminkan akar rumput.

3. Vitalitas yang kuat: Dia masih mekar dengan gigih di bawah lingkungan pertumbuhan yang keras.

4. Musim semi mekar: Dia mekar di musim semi, itulah saatnya!

5. Kemurnian: Kesucian putihnya, seperti para siswa.

6. luhur: dalam orang- orang Rukai, dia adalah simbol kemuliaan paling agung dalam hidupnya.

Taiwan's Wild Lily Road memenuhi gerakan mahasiswa Bakung liat di benak mahasiswa, termasuk pengakuan subjektivitas Taiwan (kemerdekaan), gerakan seluruh rakyat (akar rumput), keberanian untuk melawan ketidakadilan (vitalitas yang kuat), dan vitalitas masa muda (musim semi), mekar), simbol moral ideal siswa (kemurnian), dan kemuliaan (agung) dalam kehidupan peserta.

20 Maret[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Maret, ada lebih dari 5.000 siswa yang duduk di alun-alun, dan komite pengambil keputusan memutuskan untuk menambah jumlah dari tujuh menjadi dua belas. Menghadapi hari menjelang pemilihan presiden, fokus nasional berada di alun-alun, dan tekanan terhadap mahasiswa semakin berat. Dalam hal kekuatan sosial, parlemen di semua tingkatan mengirim perwakilan untuk mengunjungi mahasiswa, namun berdasarkan prinsip non-partisan, tidak ada politisi yang diizinkan berbicara di atas panggung. Kantor Kepresidenan mengeluarkan siaran pers yang menyatakan bahwa Presiden Lee Teng-hui telah memutuskan untuk mengadakan pertemuan nasional untuk menangani sistem konstitusional dan reformasi politik, dan menetapkan jadwal untuk reformasi. Ini merupakan respon positif pertama penguasa terhadap empat tuntutan gerakan mahasiswa Yelily. Jenderal Chen Shenling, kepala staf yang mewakili militer, juga secara terbuka menegaskan bahwa protes mahasiswa adalah tindakan patriotik, dan menyarankan agar mahasiswa mengakhiri aksi duduk sesegera mungkin; ini adalah pertama kalinya militer secara terbuka menyatakan posisinya di gerakan mahasiswa, meski afirmatif, tapi juga tidak biasa, bau. nanti, pihak kepolisian, Kemendikbud, dan kepala sekolah mulai mengimbau para siswa untuk segera kembali ke sekolah.

21 Maret[sunting | sunting sumber]

Pada 21 Maret, Lee Teng-hui yang baru saja terpilih sebagai presiden kedelapan memutuskan untuk menemui 53 perwakilan mahasiswa dari gerakan mahasiswa di Istana Kepresidenan pada pukul 3 sore. Siswa yang duduk membentuk konsensus tentang empat persyaratan untuk bertemu dengan Lee Teng-hui melalui mekanisme diskusi di berbagai sekolah:

1. Presiden Lee Teng-hui mohon terimalah tekad mahasiswa untuk mengejar konstitusionalisme demokratis dan empat tuntutan serius yang diajukan mahasiswa. dan dipublikasikan ke publik.

2. Sebelum pelantikan presiden kedelapan, Majelis Nasional harus terdiri dari wakil-wakil dari semua strata dan partai secara adil, yang harus membahas penangguhan masa mobilisasi, penghapusan ketentuan sementara, pemilihan ulang Majelis Nasional secara menyeluruh, dan perumusan jadwal reformasi politik dan ekonomi.

3. Semua mahasiswa di alun-alun dengan jelas menyetujui dua syarat di atas, yaitu mengakhiri aksi duduk, dan mahasiswa akan terus memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan urusan nasional. Jika Presiden Lee tidak dapat memberikan jawaban afirmatif atas permintaan di atas, kami akan berpegang pada prinsip kami dan terus berjuang.

4. Untuk memastikan pelaksanaan proposisi di atas, kami akan segera membentuk organisasi bersama antar sekolah, terus memantau konferensi nasional, dan memanggil siswa di seluruh negeri untuk memobilisasi lagi jika perlu. tidak akan pernah berhenti berjuang.

Perwakilan mahasiswa kembali ke alun-alun setelah bertemu dengan Lee Teng-hui. Setelah menonton rekaman video pertemuan, mahasiswa di alun-alun mengadakan diskusi kampus cabang untuk memutuskan apakah akan mengakhiri protes. Pada akhirnya, dengan suara 22:1 yang luar biasa, pertemuan antar sekolah memutuskan untuk mengumumkan penarikan Chiang Kai-shek Memorial Hall Square pada pagi hari tanggal 22.

22 Maret[sunting | sunting sumber]

Pada pagi hari tanggal 22 Maret, pusat komando secara resmi mengumumkan pernyataan penarikan "Kejar Demokrasi, Jangan Pernah Kendur ". Rapat antar sekolah akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kerja organisasi "Aliansi Gerakan Mahasiswa Nasional" ("Federasi Seluruh Siswa" untuk pendek), dan mahasiswa dari berbagai tempat ditarik satu demi satu. Square, akhir dari enam hari gerakan mahasiswa Yelily.

Hasil[sunting | sunting sumber]

Setelah Lee Teng-hui berjanji untuk mengadakan pertemuan urusan nasional, pekerjaan administrasi dimulai dengan cepat, daftar anggota persiapan diumumkan pada 3 April, dan pertemuan persiapan pertama diadakan pada 14 April. Pada tanggal 28 Juni, Lee Teng-hui mengadakan pertemuan urusan nasional di Hotel Yuanshan di Kota Taipei, dan 141 perwakilan menghadiri pertemuan tersebut; selain pejabat senior pemerintah Kuomintang, perwakilan dari semua lapisan masyarakat juga termasuk insiden Pulau Indah dan para pemimpin Partai Progresif Demokratik, dan orang-orang yang masuk daftar hitam di luar negeri ; "konsultasi antara pemerintah dan oposisi" ini berfokus pada lima kelompok masalah, termasuk "reformasi parlemen", "sistem lokal", "sistem pemerintah pusat ", "kebijakan daratan dan hubungan lintas selat", "konstitusi dan amandemen sementara" satu per satu Setelah diskusi, kami akhirnya mencapai kesimpulan "mengakhiri periode mobilisasi dan penindasan kerusuhan", "kembali ke konstitusi", " pencabutan "Ketentuan Sementara Periode Mobilisasi dan penindasan kerusuhan", "mengadopsi pendekatan satu organ, dua tahap untuk revisi konstitusi", "revisi konstitusi ke "Amandemen Konstitusi Republik Tiongkok" "Nama" dan konsensus lainnya, dan menerapkannya satu per satu melalui sistem hukum.

Sejauh menyangkut pengunduran diri perwakilan opini publik pusat senior, promotor politik sebenarnya adalah pertemuan Legislatif Yuan dan para hakim, bukan pertemuan negara. Legislator tambahan yang tidak puas dengan keengganan perwakilan opini publik senior pusat untuk pensiun dan perluasan kekuasaan oleh perwakilan Kongres Nasional, yang dipimpin oleh Chen Shuibian, Yu Zhengxian, dan Peng Baixian dari DPP, digabungkan dengan Zhao Shaokang dari Kuomintang dan lain-lain, total 26 orang di 6 Pada awal bulan, proposal dimohonkan interpretasi konstitusional. Ketika Dewan Negara diadakan dan pemerintah dan oposisi tidak mencapai konsensus tertentu, Interpretasi Yudisial Yuan No. 261 dibuat pada pertemuan hakim bulan Juni, yang menetapkan bahwa perwakilan opini publik pusat senior harus menghentikan pelaksanaan kekuasaan mereka pada 31 Desember 1991, sehingga Fungsi Ordonansi Pengunduran Diri dipertunjukkan, dan Kongres 10.000 tahun batas waktu berakhirnya. Menteri Luar Negeri China Wang Yi memberikan penilaian pedas atas pemungutan suara tersebut, memperingatkan, "Mereka yang memecah belah negara akan ditakdirkan untuk meninggalkan bau busuk selama 10.000 tahun," sebuah ungkapan yang digunakan di China yang berarti "menjadi terkenal," lapor Reuters. [3]

Pengaruh gerakan mahasiswa Wild Lily pada situasi politik Taiwan beragam. Dari perspektif makro, di satu sisi, dalam perkembangan politik Taiwan, meskipun mahasiswa gerakan mahasiswa Yelily tidak kembali ke alun-alun, "empat tuntutan utama yang mengibarkan panji cita-cita saat itu secara bertahap diinternalisasi ke Taiwan 1990-an. Tuntutan dasar demokratisasi politik telah diterima secara umum oleh masyarakat Taiwan, dan reformasi awal demokratisasi negara dan transfer kekuasaan secara damai telah selesai dalam sepuluh tahun." Sedangkan untuk budaya kampus di sekolah, “melalui gerakan dan prestasi mahasiswa ini telah dibuka ruang demokrasi yang lebih besar di kampus, sehingga mahasiswa tidak lagi begitu takut dengan politik, yang kondusif bagi demokratisasi masyarakat Taiwan."

Referensi[sunting | sunting sumber]