Gerak abadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah "Overbalanced Wheel".Yang dimana roda ini akan terus berputar dikarenakan adanya gerakan mendadak yang dihasilkan bandul.
Self-Flowing Flask, Robert Boyle (1627-1691). Cara kerjanya : Berat yang lebih besar di kiri mendorong atau memberi gaya pada air kebawah dan mendorong air melewati bagian sempit yang mana beratnya lebih kecil. Dan mengalir keluar pada lubang di atas air untuk mengisi air pada botol tersebut.

Gerak abadi atau gerak perpetual (Inggris: perpetual motion) adalah gerak abadi (tidak pernah berhenti), dengan artian ialah suatu alat atau sistem yang bila digerakan, maka gerakan tersebut akan berlanjut selamanya. tanpa ada energi dari dalam maupun dari luar.

Banyak yang berpendapat[1] bahwa hal ini tidak mungkin karena tidak pernah atau dapat sepenuhnya menghilangkan gaya gesek pada sebuah mesin dengan tenaga gerak. Yang pada akhirnya akan mengurangi energi yang dikandung mesin tersebut hingga habis.

Sebuah mesin gerak abadi (Inggris: perpetual motion machine) adalah mesin hipotetis yang dapat melakukan pekerjaan tanpa batas dengan tanpa sumber energi. Jenis mesin ini tidak mungkin dibuat dengan sempurna, karena akan melanggar hukum pertama atau kedua termodinamika.

Hukum-hukum termodinamika berlaku meskipun pada skala yang sangat besar. Misalnya, gerakan dan rotasi benda langit seperti planet dapat muncul abadi, tetapi sebenarnya tunduk pada banyak proses yang perlahan-lahan menghilangkan energi kinetik mereka, seperti angin surya, ketahanan medium antarbintang, radiasi gravitasi dan radiasi termal, sehingga mereka tidak akan terus bergerak selamanya.

Dengan demikian, mesin yang mengekstrak energi dari sumber yang terbatas tidak akan dapat beroperasi tanpa batas, karena mereka digerakkan oleh energi yang tersimpan di dalam mesin tersebut. Yang akhirnya akan habis dengan sendirinya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah dari mesin gerak abadi bermula dari Abad Pertengahan.[2] Selama ribuan tahun, tidak jelas apakah mesin semacam ini dapat bekerja atau tidak. Tapi seiring berkembangnya teori termodinamika modern, terbukti bahwa mesin gerak abadi mustahil untuk dibuat. Walaupun begitu, masih banyak upaya untuk membangun mesin semacam ini, bahkan pada zaman modern ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Why don't perpetual motion machines ever work? - Netta Schramm". TED-Ed (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-19. Diakses tanggal 2020-06-12. 
  2. ^ Lynn Townsend White, Jr. (April 1960). "Tibet, India, and Malaya as Sources of Western Medieval Technology", The American Historical Review 65 (3), p. 522-526. (Dalam bahasa Inggris)