Georgios Papanikolaou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Georgios Papanikolaou
Georgios Papanikolaou, between 1898 and 1904.
LahirMay 13, 1883
Kimi, Evia, Kingdom of Greece
Meninggal19 Februari 1962(1962-02-19) (umur 78)
New Jersey, USA
Tempat tinggalUSA
KebangsaanGreek, American
AlmamaterUniversity of Athens
University of Munich
Dikenal atasCytology
Pap smear
Karier ilmiah
BidangPathologist
InstitusiCornell University
New York Hospital

Georgios Nicholas Papanikolaou (atau George Papanicolaou; Yunani: Γεώργιος Παπανικολάου; Kymi, pulau di Euboea, Yunani, 13 Mei 1883 – 19 Februari 1962) adalah seorang dokter asal Yunani yang merintis cytology, pendeteksian penyakit kanker dini, dan penemu methode "Pap smear".

Biografi[sunting | sunting sumber]

Papanikolau menempuh pendidikan di Universitas Athena dan mendapat gelar medis pada tahun 1904. Pada tahun 1910 dia mendapat gelar Ph.D-nya dari Universitas Munich di Jerman. Pada tahun 1913 dia bermigrasi ke Amerika Serikat dan bekerja di Departemen Patologi RS New York serta Departemen Anatomi di Universitas Cornell. Papanicolau melaporkan penelitiannya pertama kali tentang Diagnosa Kanker Uterin dengan Vaginal Smear pada tahun 1928. Walaupun demikian pentingnya hasil penelitian ini baru dirasakan pada tahun 1943. Di dalam publikasinya bersama Herbert Traut tersebut ia mendiskusikan preparasi vaginal dan cervical smears, perubahan fisiologi, cytology dari masa-masa menstruasi wanita dan pengaruh macam-macam kondisi patologis. Oleh itu dia terkenal dengan penemuannya/methode Tes Papanicolaou atau lebih dikenal sebagai Pap test atau Pap smear. Methode ini dipakai di seluruh dunia untuk mendeteksi dan usaha pencegahan kanker cervis dan penyakit-penyakit cytology dari sistem reproduksi wanita.

Pada tahun 1961, ia pindah ke Miami, Florida dan mendirikan Institut Penelitian Kanker di Universitas Florida, Miami. Walaupun kemudian dia meninggal pada tahun 1962 sebelum pembukaan institut tersebut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]