George Hay (uskup)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

George Hay
Uskup Agung St Andrews dan Edinburgh
GerejaGereja Katolik Roma
Penunjukan3 Desember 1778
Masa jabatan berakhir
24 Agustus 1805
PendahuluJames Grant
PenerusAlexander Cameron
Jabatan lainUskup tituler dari Daulis
Imamat
Tahbisan imam
2 April 1758
Tahbisan uskup
21 Mei 1769
oleh James Grant
Informasi pribadi
Lahir24 Agustus 1729
Edinburgh
Wafat15 Oktober 1811 (umur 82)
KewarganegaraanScottish
DenominasiKatolik Roma
Jabatan sebelumnya
Vikaris Koajutor Apostolik Distrik Dataran Rendah (1768–1778)
AlmamaterUniversitas Edinburgh

George Hay (24 Agustus 1729 – 15 Oktober 1811)[1] adalah seorang uskup dan penulis Katolik Roma yang menjabat sebagai Vikaris Apostolik Distrik Dataran Rendah di Skotlandia dari tahun 1778 hingga 1805.[2][3]

Lahir di Edinburgh pada 24 Agustus 1729, orang tuanya adalah anggota Gereja Episkopal Skotlandia. Ditakdirkan untuk karir medis, Hay muda memulai studinya di Universitas Edinburgh. Selama kebangkitan Jacobite tahun 1745, ketika dia berusia enam belas tahun, Hay dipanggil untuk mengobati tentara yang terluka setelah pertempuran Prestonpans. Dia kemudian mengikuti pasukan Jacobite pemenang Charles Edward Stuart selama beberapa bulan; tetapi sebelum pertarungan yang menentukan di Culloden, penyakit memaksanya untuk kembali ke Edinburgh. Dia kemudian ditangkap karena berpartisipasi dalam pemberontakan, dan dibawa ke London, di mana dia ditahan selama dua belas bulan. Di sini seorang penjual buku Katolik bernama Neighan memberinya wawasan pertamanya tentang ajaran Katolik, dan sekembalinya ke Skotlandia dia mempelajari karya John Gother, The Papist Represented and Misrepresented. Perkenalan dengan Pastor Seaton, seorang Jesuit misionaris di Edinburgh, diikuti dengan pengajaran yang panjang, Hay diterima di Gereja Katolik Roma dan melakukan komuni pertamanya pada tanggal 21 Desember 1749, pada usia 20 tahun.

Dilarang oleh hukum pidana untuk lulus atau menerima diploma medisnya, dia menerima penunjukan sebagai ahli bedah di kapal dagang yang menuju Mediterania. Selama di London, dalam perjalanan untuk bergabung dengan kapalnya, dia berkenalan dengan Uskup Richard Challoner, Vikaris Apostolik Distrik London. Dampak dari pertemuan mereka adalah Hay bertekad untuk memasuki imamat, dan setiba kapalnya di Marseilles, Hay melakukan perjalanan ke Roma, di mana dia belajar di Perguruan Tinggi Skotlandia selama hampir delapan tahun. Di antara sesama muridnya adalah calon Kardinal Erskine. Pada tanggal 2 April 1758, dia ditahbiskan sebagai imam oleh Kardinal Spinelli, dan sekembalinya ke Skotlandia ditunjuk untuk membantu Uskup Grant di distrik penting Enzie, di Banffshire. Pada tahun 1766, Uskup Grant menggantikan Uskup Smith sebagai Vikaris Apostolik Distrik Dataran Rendah, dan segera setelah itu mengangkat Hay sebagai koadjutornya. Dia ditahbiskan pada Minggu Tritunggal, 21 Mei 1769 ke tahta tituler Daulia, menggantikan Uskup Grant pada tahun 1778 sebagai Vikaris Apostolik, dan selama hampir empat puluh tahun praktis menanggung seluruh beban vikariat.

Upaya Uskup Hay untuk mendapatkan bantuan bagi umat Katolik di bawah hukum pidana saat itu menimbulkan tentangan, dan pada Februari 1779, kapel dan rumah yang baru saja dibangunnya di Edinburgh dibakar. Pecahnya Kerusuhan Gordon di Inggris, pada tahun 1780, semakin menunda bantuan. Pada tahun 1793, dengan Undang-Undang Parlemen beberapa hukum pidana yang paling menindas dicabut.

Dia berusaha menempatkan perguruan tinggi di Roma di bawah kendali atasan Skotlandia. Usahanya atas nama institut di Paris diinterupsi oleh Revolusi Prancis, yang tersapu bersih. Karya publik terakhir uskup adalah pendirian sebuah seminari baru di Aquhorthies College, di Aberdeenshire, dan di sini, setelah mentransfer, dengan persetujuan Pius VII, pemerintah Distrik Dataran Rendah kepada koadjutornya, Uskup Cameron, dia meninggal pada usia dari delapan puluh dua.

Karya[sunting | sunting sumber]

George Hay menerbitkan Alkitab Katolik Inggris pertama yang dicetak di Skotlandia; tetapi karya yang mengamankan reputasinya sendiri sebagai penulis religius adalah siklus doktrin Katoliknya yang berjudul Orang Kristen yang Tulus, Orang Kristen yang Taat, dan Orang Kristen yang Saleh, diterbitkan 1781–86.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Stephen, Leslie; Lee, Sidney, ed. (1891). "Hay, George (1729-1811)". Dictionary of National Biography. 25. London: Smith, Elder & Co. 
  2. ^ Brady, W. Maziere (1876). The Episcopal Succession in England, Scotland and Ireland, A.D. 1400 to 1875. 3. Rome: Tipografia Della Pace. hlm. 461–462. 
  3. ^ (Inggris) "Bishop George Hay". Catholic-Hierarchy.org. David M. Cheney. Diakses tanggal 30 September 2010. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan Gereja Katolik
Didahului oleh:
James Grant
Vicar Apostolic of the Lowland District
1778–1805
Diteruskan oleh:
Alexander Cameron