George Baldwin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
George Baldwin
Gambar pada sepotong logam (litograf) dari George Baldwin oleh Joseph Bouvier (1780)
Konsul Jenderal Britania di Mesir
Masa jabatan
1785–1796
Informasi pribadi
LahirMei 1744
Borough, London
Meninggal19 Februari 1826
Earl's Court, London
Suami/istriJane Maltass
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

George Baldwin adalah seorang saudagar, penulis, dan diplomat Britania dari akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 yang kariernya terutama berbasis di Mesir, di mana dia membangun hubungan dagang yang berharga bagi Perusahaan Hindia Timur Britania dan melakukan negosiasi langsung dengan gubernur Utsmaniyah. Meskipun ada peringatan berulang-ulang mengenai pentingnya Mesir berhubungan dengan India Britania, nasihatnya diabaikan dan oleh karena itu, ketika Napoleon Bonaparte menyerbu Mesir pada tahun 1798, Britania merasa enggan untuk meresponnya secara langsung.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

George Baldwin lahir pada bulan Mei 1744 (meskipun beberapa sumber menyebut tahun 1743), putra dari guru tarian William Baldwin dari Borough, London. Pada usia 16 tahun, dia dikirim untuk bergabung dengan saudaranya di Siprus, di mana dia menjadi konsul jenderal dan tiga tahun kemudian dikirim ke Acre.

Karier[sunting | sunting sumber]

Semasa operasi perdagangannya di Mediterania Timur, Baldwin menjadi semakin mengetahui mengenai struktur politik dan komersial Timur Tengah, dan pada tahun 1768, dia pergi ke Britania untuk meminta izin untuk menjajaki kemungkinan perdagangan yang dijalankan dari India Britania melintasi Mesir melalui Laut Merah. Pada tahun 1773, Mehmed Bey memanggilnya ke Kairo dan mendorong pelayaran Britania untuk menggunakan Suez, menyatakan bahwa dia akan memotong sebuah kanal dari Suez ke Sungai Nil agar kapal-kapal dapat menyeberang langsung dari Laut Merah ke Laut Tengah. Dia juga diterima dengan baik di Konstantinopel.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mew, James. "Baldwin, George". Oxford Dictionary of National Biography, berlangganan atau keanggotan Perpustakaan Umum Britania Raya diperlukan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-01-11. Diakses tanggal 26 November 2009.  Hapus pranala luar di parameter |journal= (bantuan)

Referensi[sunting | sunting sumber]