GeoNames

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kepadatan dunia dari entri GeoNames pada tahun 2006

GeoNames adalah sebuah basis data geografi yang tersedia dan dapat di akses melalui berbagai jenis layanan web, di bawah lisensi atribusi Creative Commons.

Basis data dan layanan web[sunting | sunting sumber]

Basis data GeoNames mengandung lebih dari 10,000,000 nama geografi yang bertanggungjawab terhadap 7,500,000 fitur unik.[1] Seluruh fitur dikategorikan ke dalam salah satu dari sembilan kelas fitur dan lebih jauh lagi, dikategorikan ke dalam 645 kode fitur. Di bawah nama tempat dalam berbagai bahasa, data disimpan termasuk garis lintang, garis bujur, elevasi, populasi, pembagian administratif dan kode pos. Seluruh koordinat menggunakan Sistem Geodesi Dunia tahun 1984 (WGS84).

Seluruh data ini dapat di akses secara gratis tanpa dibayar melalui beberapa layanan Web dan sebuah ekspor basis data harian.[2]

Antarmuka Wiki[sunting | sunting sumber]

Inti dari basis data GeoNames adalah disediakan oleh sumber resmi publik, dengan kualitas yang keungkinan beragam. Melalui sebuah antarmuka wiki, pengguna diungang untuk dapat menyunting secara manual dan mengembangkan basis data dengan cara menambahkan atau memperbaiki nama, memindahkan fitur yang sudah ada, menambahkan fitur baru, dan lainnnya.

Integrasi web semantik[sunting | sunting sumber]

Seluruh fitur GeoNames direpresentasikan sebagai sebuah sumber daya web yang diidentikasikan dengan sebuah URI. URI ini menyiapkan akses, melalui negosiasi konten, entah melalui halaman HTML wiki, atau melalui deskripsi RDF dari fitur tersebut, menggunakan elemen ontologi GeoNames.[3] Ontologi ini mendeskripsikan fitur GeoNames dengan menggunakan Bahasa Ontologi Web, sedangkan kelas fitur dan kode dideskripsikan dalam bahasa SKOS. Melalui URL artikel Wikipedia di deskripsi RDF, data GeoNames terhubung dengan data DBpedia dan linked data RDF lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "GeoNames web site". Geonames.org. Diakses tanggal 2013-12-15. 
  2. ^ "GeoNames API". ProgrammableWeb. Diakses tanggal 2016-03-28. 
  3. ^ "GeoNames ontology". Geonames.org. Diakses tanggal 2013-12-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]