Gentong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tong kayu pasang tradisional dibuat oleh koperasi Chili Tonelería Nacional
Tong baja tahan karat modern di luar pabrik bir mikro Castle Rock di Nottingham, Inggris

Gentong atau tong adalah wadah silinder berongga dengan bagian tengah menggembung, lebih panjang daripada lebarnya.[1] [2] Mereka secara tradisional terbuat dari bilah kayu dan diikat dengan lingkaran kayu atau logam .

Gentong memiliki beragam kegunaan, termasuk penyimpanan cairan seperti air, minyak, dan alkohol. Mereka juga digunakan untuk menampung minuman matang seperti anggur, konyak, armanyak, syeri, port, wiski, bir, arak, dan sake . Komoditas lain yang pernah disimpan dalam tong kayu antara lain bubuk mesiu, daging, ikan, cat, madu, paku, dan lemak .

Tong kayu modern untuk pembuatan anggur terbuat dari kayu pasang Perancis ( Quercus robur ), kayu pasang putih ( Quercus petraea ), kayu pasang putih Amerika ( Quercus alba ), yang lebih eksotis adalah kayu pasang mizunara ( Quercus crispula ), [3] dan baru-baru ini kayu pasang Oregon ( Quercus garryana ) telah digunakan.[4] Saat ini, tong juga dapat dibuat dari aluminium, baja tahan karat, dan berbagai jenis plastik, seperti HDPE .

Tong-tong awal diikat dengan lingkaran kayu dan pada abad ke-19 secara bertahap digantikan oleh lingkaran logam yang lebih kuat, tahan lama, dan memakan lebih sedikit ruang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "barrel"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  2. ^ "cask"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  3. ^ Terebelo, Binyomin (2022-01-01). "Oak Used To Create Casks For Aging Spirits Such As Made At Terebelo Distillery". Terebelo. 
  4. ^ Vierra, George. "Barrel Flavors from Oak".