Gedono-Gedini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gedono-Gedini adalah kumpulan cerpen terkenal karya Satyagraha Hoerif yang diterbitkan Balai Pustaka tahun 1990. Pada cerpen ini pengarang lebih menitik beratkan kepada kehidupan masyarakat rakyat jelata dan tertindas. Cerpen-cerpen karyanya bersifat sosial dan kemasyarakatan, salah satunya cerpen Gedono-Gedini yang bercerita tentang kisah romantis dengan tokoh utamanya Srihardini seorang dokter dari Bali bertemu dengan Kunhardono kekasihnya sewaktu di SMP—SMA, pelarian sisa Lekra yang sesudah diusir dari RRC dan Rusia, kemudian mengembara ke Eropa Barat. [1] Kumpulan cerpen lainnya seperti "(2) "Drs. Angling Darmo"; (3) "Bulan Purnama, Madu dan Racun"; (4) "Suatu Sore, Sebelum Tahun 2000"; (5) "Sebuah Bintang Melayang Sirna"; (6) "Pamanku dan Burung-Burungnya"; (7) "Suatu Hari Jumat"; (8) "Ibuuuu!"; (9) "Dokter Kristina Matinez; (10) "Mantan"; (11) "Sadermo dan Harsi"; (12) "Di Luar Rencana"; (13) "Natal di Iowa City"; (14) "Jenderal"; (15) "Pak Somo Tetangga Kami"; dan (16) "Surat Kepada Gubernur".

Bagi Satyagraha Hoerif, kehadiran cerpen di surat kabar dan majalah, antara lain, untuk dinikmati, kemudian direnungi, dan disimpan sebagai pengalaman batin bagi pembacanya. Beberapa cerpen Satyagraha telah diterjemahkan dalam bahasa asing, antara lain, bahasa Belanda, bahasa Jerman, dan bahasa Inggris.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Artikel "Gedono-Gedini" - Ensiklopedia Sastra Indonesia". ensiklopedia.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-03-17.