Gedik tikam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Versi berduri dari gedik tikam petani bergagang panjang. Dari manual tempur Paulus Hector Mair Arte De Athletica

Gedik tikam adalah senjata yang terdiri dari kepala pemukul yang diikatkan pada pegangan dengan tali, atau rantai yang fleksibel. Keutamaan taktis utama dari pukulan ini adalah kemampuannya untuk menyerang perisai atau tangkisan pemain bertahan. Tanggung jawab utamanya adalah kurangnya presisi dan kesulitan menggunakannya dalam pertempuran jarak dekat, atau formasi jarak dekat.

Ada dua jenis gedik: senjata infanteri dua tangan yang panjang dengan kepala silinder, dan senjata yang lebih pendek dengan kepala pemukul logam bundar. Gedik berkepala silinder yang lebih panjang merupakan senjata tangan yang berasal dari alat pertanian bernama sama yang biasa digunakan dalam perontokan . Senjata ini terutama dianggap sebagai senjata petani, dan meskipun tidak umum, senjata ini digunakan di Jerman dan Eropa Tengah pada akhir Abad Pertengahan . [1]Gedik tikam yang lebih kecil dan berkepala bulat tampaknya lebih jarang ditemukan; senjata ini kadang-kadang muncul dalam karya seni dari abad ke-15 dan seterusnya, namun banyak sejarawan menyatakan keraguan bahwa senjata ini pernah digunakan sebagai senjata militer yang sebenarnya.

Gedik tikam militer[sunting | sunting sumber]

Jenis gedik tikam Eropa lainnya adalah senjata pendek yang terdiri dari tangkai kayu yang dihubungkan dengan rantai, tali, atau kulit ke satu atau lebih ujung pemukul. Kisten, dengan kepala tidak berduri dan sambungan kulit pada tangkainya, dibuktikan pada abad ke-10 di wilayah Rus, kemungkinan diadopsi dari suku Avar atau Khazar . Senjata ini menyebar ke Eropa tengah dan timur pada abad 11-13.[2] Gedik tikam militer abad pertengahan ( fléau d'armes dalam bahasa Perancis dan Kriegsflegel dalam bahasa Jerman), maka, biasanya terdiri dari batang kayu yang disambung dengan rantai panjang ke satu atau lebih batang kayu bersepatu besi, [3] atau mungkin juga merupakan Kettenmorgenstern("rantai bintang pagi") dengan satu atau lebih bola logam atau bintang pagi sebagai pengganti jeruji kayu. [4] Karya seni dari abad ke-15 hingga awal abad ke-17 menunjukkan sebagian besar senjata ini memiliki pegangan yang lebih panjang dari 3 ft dan dipegang dengan dua tangan, namun beberapa ditampilkan digunakan dengan satu tangan atau dengan gagang yang terlalu pendek untuk digunakan dengan dua tangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eduard Wagner; Zoroslava Drobná; Jan Durdík (5 May 2014). Medieval Costume, Armour and Weapons. Courier Corporation. ISBN 978-0-486-32025-0. 
  2. ^ Kotowicz, Piotr N. (2008). "Early medieval war-flails (kistens) from Polish lands" (PDF). Fasciculi Archaeologiae Historicae. XXI: 75–86. 
  3. ^ Cowper, Henry Swainson (1906). The art of attack: Being a study in the development of weapons and appliances of offence, from the earliest times to the age of gunpowder. Ulverston: W. Holmes, ltd., Printers. hlm. 80. 
  4. ^ DeVries, Kelly (2012). Medieval military technology. North York, Ont. Tonawanda, N.Y: University of Toronto Press. hlm. 30. ISBN 978-1-4426-0497-1.