Gebug (tenis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ken McGregor sukses besar di awal 1950-an

Gebug[1] atau smes dalam tenis adalah pukulan yang dilakukan di atas kepala pemukul dengan gerakan seperti servis. Ini juga disebut sebagai atas kepala. Gebug biasanya dapat dipukul dengan kekuatan yang tinggi dan seringkali merupakan tembakan yang mengakhiri poin . Kebanyakan gebug dipukul cukup dekat net atau di tengah lapangan sebelum bola memantul, [2] umumnya melawan lambung yang belum dipukul cukup tinggi atau cukup dalam oleh lawan. Seorang pemain juga dapat melakukan smash pada bola yang sangat tinggi dari garis dasar, umumnya saat memantul, meskipun ini seringkali merupakan gebug yang kurang kuat.

Gebug biasanya mengacu pada gebug payunan ; gebug pukul pungkur lebih jarang dan lebih sulit dilakukan, terutama untuk pemula, karena pada dasarnya gebug pukul pungkur tinggi umumnya dipukul pada sudut yang tepat menyebabkan bola berputar. Rod Laver dan Jimmy Connors, keduanya kidal, dikenal karena pukulan backhand mereka yang sangat kuat. Pukulan forehand pertama kali digunakan dalam tenis oleh Helena Rice pada poin kejuaraan di final Kejuaraan Wimbledon tahun 1890 .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Glosarium Olahraga ~ Kateglo". kateglo.lostfocus.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-13. Diakses tanggal 2023-05-13. 
  2. ^ "Tennis 101: The 6 Basic Strokes Explained Step-by-Step | Pat Cash Tennis". Pat Cash Tennis (dalam bahasa Inggris). 2018-03-01. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-13. Diakses tanggal 2018-03-01.