Gaya kelima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gaya Kelima ditemukan oleh para ilmuan dari Hungaria yang mengklaim telah menemukan partikel baru yang mengungkapkan kekuatan kelima gaya. Sebuah tim peneliti fisika abstrak mengatakan bahwa terdapat gaya baru yang tidak ditemukan di sebuah buku teori tentang empat kekuatan fundamental. Pada tahun 2015, sekelompok peneliti Hungaria menjadi berita utama karena telah mengklaim menemukan partikel baru yang dinamakan X17, yang membutuhkan keberadaan kekuatan gaya kelima.[1]

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Kemunculan gaya kelima ini didasari oleh anomali peneliti di detektor mereka pada tahun 2015 ketika mencari keberadaan tanda materi gelap. Keanehan tersebut menarik perhatian peneliti lainnya. Sekelompok fisikawan yang bekerja di University of California, Irvine, melihat fenomena ini. mereka lalu memprediksi peneliti dari Hungaria telah menemukan jenis partikel baru, dimana telah mengindikasikan kebaruan gaya alam yang baru ditemukan.

Pada Akhir 2019, temuan dari peneliti Hungaria menjadi terkenal dan ditampilkan di CNN ketika mereka merilis hasil baru bahwa sinyal tersebut masih belum hilang. Anomali tersebut tetap ada bahkan saat mereka mengubah parameter percobaan yang lain.

Hal itu membuat beberapa fisikawan tertarik dengan konsep gaya baru. Namun jika kekuatan yang tidak diketahui tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan atas sinyal ganjil, maka tim telah mengungkap fisika baru yang sebelumnya tidak dapat ditemukan. Dan jika hal ini terkonfirmasi, maka tidak sedikit dari peneliti yang beranggapan bahwa gaya baru tersebut dapat memindahkan fisika untuk lebih dekat dengan teori penyatuan semesta, bahkan dapat menjelaskan materi gelap.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "What is the Fifth Force?". Discover Magazine (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-20. Diakses tanggal 2021-10-18.