Gas Blau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gas Blau, juga dikenal sebagai Blaugas dalam bahasa Jerman, adalah gas penerangan buatan yang memiliki kemiripan dengan propana. Gas ini dinamai sesuai nama penemunya, Hermann Blau dari Augsburg, Jerman.[1][2] Saat ini, gas Blau tidak umum digunakan atau diproduksi. Proses pembuatannya melibatkan penguraian minyak mineral dalam retort melalui penerapan panas, diikuti dengan pengompresan nafta yang dihasilkan hingga berubah menjadi bentuk cair. Gas Blau diangkut dalam bentuk cair dan, mirip dengan LPG (gas minyak cair), yang mana ketika dilepaskan kembali ke bentuk gas.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Bonner; George William Curtis; Henry Mills Alden; Samuel Stillman Conant; John Foord; Montgomery Schuyler; John Kendrick Bangs; Richard Harding Davis; Carl Schurz; George Brinton McClellan Harvey; Henry Loomis Nelson; Norman Hapgood (1908). Harper's weekly. Harper's Magazine Co. Diakses tanggal 3 May 2012. hermann Blau blaugass. 
  2. ^ Chamber of Commerce journal of Maine. 1913. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-29. Diakses tanggal 3 May 2012. 
  3. ^ The Modern world encyclopaedia : illustrated. Home Entertainment Library. 1935. OCLC 1091880941.