Gangubai Kothewali

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gangubai Kothewali
LahirGangubai Harjivandas
1939 (1939)
Kathiawar, British India
(sekarang Gujarat, India)
Meninggal2008
Mumbai, Maharashtra, India
Nama lainGangubai Kathiawadi
Pekerjaan

Gangubai Harjivandas,[a] lebih dikenal sebagai Gangubai Kothewali[b] atau Gangubai Kathiawadi,[c] adalah seorang pekerja seks dan nyonya dari rumah bordil di daerah Kamathipura Mumbai selama tahun 1960-an.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dia dijual ke pelacuran pada usia dini oleh pelamar-nya, Ramnik Lal, setelah melarikan diri dari rumah ke Bombay. Dia kemudian dikenal sebagai Nyonya Kamathipura karena menjadi germo berpengaruh di kota dengan koneksi dunia bawah, menjajakan obat-obatan, dan memerintahkan pembunuhan. Di kemudian hari, dia bertemu Jawaharlal Nehru untuk membahas penderitaan pekerja seks dan memperbaiki kondisi kehidupan mereka.[3][4]

Mafia Queens of Mumbai (2011) oleh Hussain Zaidi berisi informasi tentang kehidupan tiga belas wanita yang mempengaruhi Mumbai. Di dalamnya, Zaidi juga memberikan informasi tentang Gangubai. Menurut ini, Gangubai berasal dari keluarga berpendidikan tinggi dan terobsesi bekerja di Bollywood. Gangubai, 16, dan suaminya Ramanik Lal, 28, melarikan diri ke Mumbai dan menikah. Setibanya di Mumbai, ia merasa semakin dekat dengan mimpinya sebagai seorang aktris Bollywood. Bersama dengan Ramnik, mereka berkeliling Mumbai dan bersenang-senang menggunakan uang yang dicuri dari orang tuanya.

Setelah uang dari hasil mencuri habis, suaminya menjualnya di kuntankhana (rumah bordil) seharga ₹500. Dengan enggan, Gangubai mulai bekerja sebagai pelacur. Dalam waktu singkat, Gangubai menjadi kepala beberapa kuntankhana. Seorang penjahat bernama Shaukat Khan Pathan mulai mengeksploitasinya secara finansial dan fisik. Gangubai pergi ke dunia bawah saat itu don Karim Lala untuk mengeluh tentang Pathan. Lala meyakinkannya akan bantuan dan diikat rakhi sebagai imbalannya. Setelah ini, Shaukat Khan diperingatkan dan dianiaya oleh Lala.

Sejak itu, reputasi Gangubai sebagai saudara perempuan Karim Lala tumbuh selama tahun 1960-an. Pada saat yang sama, SMA Putri St. Antonius didirikan di Kamathipura. Hal ini menyebabkan perintah untuk memindahkan rumah bordil. Gangubai dengan keras menentang hal ini dan secara efektif mengajukan kasusnya kepada Perdana Menteri Jawaharlal Nehru saat itu dan sebagai hasilnya, rumah bordil itu tidak dipindahkan. Kepada Nehru, dia mengatakan pelacur bisa hidup dengan harga diri dan tidak dipandang rendah oleh masyarakat, demi kehidupan mereka yang lebih baik di masa depan.

Selama ini Gangubai juga bekerja untuk berbagai masalah anak yatim dan perempuan dalam bisnis prostitusi. Gangubai menasihati dan mengirim kembali ke rumahnya banyak wanita muda yang melarikan diri dari pekerjaan pembuatan film dan terjebak dalam prostitusi. Untuk alasan ini, semua orang biasa memanggil Gangubai Ganga dengan hormat "Maa" (ibu). Setelah kematiannya, foto-foto dan patung-patungnya didirikan di rumah-rumah bordil di daerah itu.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Hidupnya didokumentasikan dalam buku 2011, Ratu Mafia Mumbai, oleh penulis dan jurnalis Hussain Zaidi.

Gangubai Kathiawadi sebuah film biografi India didasarkan pada satu bab dari buku Zaidi, dan disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali.[5][6]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sufiks kehormatan bai, terj. har.'wanita', sering ditambahkan ke nama-nama wanita di India.[1] Nama di sini sendiri adalah Gangu atau Ganga.
  2. ^ Kothewali secara harfiah berarti pelacur. Dari kotha (rumah bordil) dan wali, yang menunjukkan statusnya sebagai nyonya rumah bordil.[2]
  3. ^ Menunjukkan asalnya dari Kathiawar (Saurashtra) di India barat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McGregor, R. S. (1993). The Oxford Hindi-English Dictionary. DSAL. Oxford University Press. hlm. 719. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-15. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  2. ^ McGregor, R. S. (1993). The Oxford Hindi-English Dictionary. DSAL. Oxford University Press. hlm. 216. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-27. Diakses tanggal 2022-02-27. 
  3. ^ "Know Gangubai Kothewali, The Legendary Brothel Madam Alia Bhatt Will Be Playing In SLB's Next". Desimartini (dalam bahasa Inggris). 2019-09-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-23. Diakses tanggal 2020-01-21. 
  4. ^ "गंगूबाई कोठेवाली-पति ने ₹500 में बेचा था,भंसाली उनपर फिल्म बनाएंगे". Quint Hindi (dalam bahasa Hindi). 2019-09-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-24. Diakses tanggal 2020-01-21. 
  5. ^ "Alia Bhatt begins shooting for Gangubai Kathiawadi, shares pic of her trailer:'Look what Santa gave me this year'". Hindustan Times. 27 December 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-27. Diakses tanggal 27 December 2019. 
  6. ^ "Who was Gangubai Kathiawadi: The real woman behind Alia Bhatt's latest character". Vogue India (dalam bahasa Inggris). 15 January 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-01. Diakses tanggal 2020-01-21.