Galileo (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Galileo sedang dipersiapkan untuk dipasang dengan roket pendorong Inertial Upper Stage, 3 Agustus 1989.
Galileo Orbiter and Probe Arrival at Jupiter.PNG

Galileo adalah sebuah wahana antariksa tak berawak yang dikirim NASA untuk mempelajari Jupiter dan bulan-bulannya. Dinamakan menurut nama astronom dan perintis Renaisans, Galileo Galilei, pesawat ini diluncurkan pada 18 Agustus 1989 oleh pesawat ulang-alik Atlantis dengan misi STS-34. Galileo tiba di Jupiter pada 7 Desember 1995, enam tahun dari peluncurannya, dengan bantuan lintasan gravitasi Venus dan Bumi.

Pesawat ini merupakan pesawat yang pertama melintasi asteroid, pertama menemukan bulan asteroid, pesawat luar angkasa pertama yang mengorbit Jupiter, serta meluncurkan wahana penjajak (probe) pertama ke dalam atmosfer Jupiter.

Pada 21 September 2003, setelah 14 tahun di angkasa dan 8 tahun dalam sistem Jupiter, misi Galileo dihentikan dengan mengirimkan wahana tersebut ke atmosfer Jupiter dengan kecepatan yang hampir mencapai 50 kilometer per detik untuk menghindari kemungkinan mengkontaminasi bulan-bulan Jupiter dengan bakteria dari Bumi. Perhatian khusus diberikan pada bulan Europa yang oleh para ilmuwan diperkirakan mempunyai lautan air asin di bawah permukaannya berkat temuan Galileo.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]