Provinsi Galatia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Galatia (provinsi Romawi))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Provincia Galatia
Ἐπαρχία Γαλατίας
Provinsi Kekaisaran Romawi

25 SM–Abad ke-7
Lokasi Galatia
Ibu kota Ancyra
Zaman Sejarah Zaman Klasik
 -  Dikuasai kaisar Augustus 25 SM
 -  Thema Trakia didirikan Abad ke-7
Kini bagian dari  Turki

Galatia adalah nama provinsi Kekaisaran Romawi di Anatolia tengah (kini Turki). Provinsi ini didirikan oleh kaisar pertama Romawi, Augustus, pada tahun 25 SM, dan mencakup sebagian besar bekas wilayah Galatia Keltik. Provinsi ini beribu kota di Ancyra.

Pada masa reformasi Diokletianus, bagian utara dan selatannya dipecah untuk dijadikan bagian selatan provinsi Paflagonia dan Likaonia.

Pada tahun 398, pada masa Kaisar Arcadius, provinsi ini dibagi menjadi dua, yaitu Galatia Prima dan Galatia Secunda atau Salutaris. Galatia Prima mencakup bagian timur laut provinsi lama dengan Ancyra sebagai ibu kota dan dikepalai oleh seorang consularis, sementara Salutaris terdiri dari bagian barat daya provinsi lama dan dikepalai oleh seorang praeses dengan ibu kota di Pessinus. Kedua provinsi ini merupakan bagian dari Keuskupan Pontus dan sempat disatukan kembali pada tahun 536-548 pada masa Kaisar Yustinianus I. Walaupun wilayah ini pada akhirnya menjadi bagian dari Thema Anatolikon pada pertengahan akhir abad ke-7, sisa-sisa pemerintahan provinsial lama masih bertahan hingga awal abad ke-8.

Administrator[sunting | sunting sumber]

Seluruh Galatia

Referensi[sunting | sunting sumber]