Gaius Claudius Nero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gaius Claudius Nero
Gaius Claudius Nero takes the head of Hasdrubal to the camp of Hannibal after the Battle of Metaurus, 207 BC.
Consul of the Roman Republic
Masa jabatan
207 BC
served with Marcus Livius Salinator
Informasi pribadi
Lahirbefore 237 BC
HubunganClaudia gens
Karier militer
PihakRome
Dinas/cabangRoman army
Pertempuran/perangSecond Punic War:
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini
Halaman ini mengenai seorang Jenderal Perang dari Romawi. Untuk informasi seorang kaisar Romawi dengan nama sama, silakan kunjungi halaman Nero

Gaius Claudius Nero (c. 237 SM – C. 189 SM) adalah seorang Jenderal Romawi yang aktif selama Perang Punisia Kedua melawan pasukan Kartago yang menyerang, dipimpin oleh Hannibal Barca . Selama karir militer yang dimulai sebagai legate pada tahun 214 SM, ia menjadi praetor pada tahun 212 SM, propraetor pada tahun 211 SM selama pengepungan Capua, sebelum dikirim ke Spanyol pada tahun yang sama. Ia menjadi konsul pada tahun 207 SM.

Ia menjadi dikenal karena perannya dalam Pertempuran Metaurus, bertempur bersama rekan konsul dan saingan beratnya, Marcus Livius Salinator, melawan saudara laki-laki Hannibal, Hasdrubal, dan dia dianugerahi tepuk tangan meriah. Kemenangan Romawi di Sungai Metaurus pada tahun 207 SM secara luas dipandang sebagai strategi berani yang dilakukan oleh Claudius yang diam-diam meninggalkan kekuatan utama pasukannya, yang menahan Hannibal di selatan Italia, untuk memimpin kontingen kecil pasukan ke utara menuju memperkuat pasukan Livius, membuat Hasdrubal terkejut. Hal ini dianggap oleh sejarawan Romawi, Livy, sebagai titik balik perang.

Pertempuran Metaurus tercantum dalam "Lima Belas Pertempuran yang Menentukan Dunia" karya Sir Edward Shepherd Creasy. Theodore Ayrault Dodge menggambarkannya sebagai “prestasi strategis terbaik Romawi selama perang, serta salah satu langkah luar biasa dalam sejarah”.

Claudius kembali bertugas bersama Livius sebagai sensor pada tahun 204 SM sebelum dikirim sebagai bagian dari kedutaan triumviral ke Yunani dan Mesir pada tahun 201 SM.