Gagak-bentet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gagak-bentet
Strepera
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliCracticidae
GenusStrepera
Lesson, 1831
Species

Gagak-bentet adalah tiga spesies burung pengicau berukuran sedang yang termasuk dalam genus Strepera dalam famili Artamidae yang berasal dari Australia . Ini adalah gagak-bentet kelabu ( Strepera versicolor ), gagak-bentet belang ( S. graculina ), dan gagak-bentet hitam ( S. fuliginosa ). Mereka sebelumnya dikenal sebagai currawong atau burung kucica-lonceng . Meskipun mirip dengan burung gagak dan burung gaok, mereka berkerabat jauh dengan corvidae, dan bukan termasuk dalam burung superfamili Malaconotoidea dari radiasi Afro-Asia.

Mereka tidak terestrial seperti kucica Australia dan memiliki kaki yang lebih pendek. Mereka bersifat omnivora, mencari makan di dedaunan, di batang dan dahan pohon, dan di tanah, memakan serangga dan larva (seringkali digali dari bawah kulit pohon), buah-buahan, dan sarang burung lain. Mereka dapat dibedakan dari burung kucica dan burung gagak dalam cara terbangnya yang tepat, tampak hampir jatuh dari cabang ke cabang seolah-olah mereka adalah penerbang yang tidak kompeten

Spesies dan ras[sunting | sunting sumber]

Meskipun terdapat beberapa bentuk yang berbeda, jumlah spesies bervariasi antara dua dan tujuh, dengan tiga spesies yang saat ini dikenali. (Pada tahun 1870, Gardens of the Zoological Society of London memiliki spesimen hidup dari masing-masing tiga spesies.[1] )

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Subspesies Distribusi
</img> S.fuliginosa Gagak-bentet hitam
  • S. fuliginosa colei – Currawong hitam Pulau Raja
  • S. fuliginosa parvior – Currawong hitam Pulau Flinders
Tasmania
</img> S.graculina Gagak-bentet belang
  • S.graculina graculina
  • S. graculina ashbyipied currawong bergaya Victoria barat
  • S. graculina crissalisLord Howe currawong
  • S.graculina magnirostris
  • S.graculina robinsoni
  • S.graculina nebulosa
Australia Timur
</img> S. versicolor Gagak-bentet kelabu
  • S. versicolor versicolorcurrawong abu-abu
  • S. versicolor intermediacurrawong coklat
  • S. versicolor plumbeacurrawong abu-abu (WA)
  • S. versicolor halmaturinacurrawong abu-abu (Pulau Kanguru)
  • S. versicolor argutadenting currawong atau murai hitam
  • S. versicolor melanopteracurrawong bersayap hitam
Australia Selatan, Tasmania


Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ketiga spesies gagak-bentet tersebut adalah burung berbulu suram berwarna abu-abu tua atau hitam dengan paruh besar. Mereka menyerupai burung gagak dan burung gaok, meskipun tubuhnya lebih ramping dengan ekor yang lebih panjang, sepatu bot tarsi [2] dan taji putih di sayap dan ekornya. [3] Penerbangan mereka bergelombang. Burung jantan memiliki paruh yang lebih panjang dibandingkan burung betina. Alasannya tidak diketahui tetapi menunjukkan adanya perbedaan dalam teknik pemberian makan. [2]

Burung gagak-bentet yang sebenarnya berukuran sedikit lebih besar dari burung kucica Australia, lebih kecil dari burung gaok (kecuali mungkin burung gagak kecil, yang rata-rata hanya sedikit lebih besar), tetapi penampilannya secara umum mirip. Mereka mudah dibedakan dari mata kuningnya, berbeda dengan mata merah yang terdapat pada kucica dan mata putih yang terdapat pada gagak Australia . Gagak-bentet juga mempunyai ciri khas pada ujung paruhnya yang panjang dan runcing. [4]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Gagak-bentet dilindungi di NSW berdasarkan Undang-undang Taman Nasional dan Margasatwa tahun 1974 .

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Gagak-bentet merupakan burung dominan yang dapat mengusir spesies lain, terutama jika menetap di sekitar kawasan yang digunakan atau dihuni manusia. [5] Mereka diketahui bermigrasi ke kota besar dan kecil selama musim dingin. [6] Burung berkumpul dalam kawanan yang lepas. [5]

Betina membangun sarang dan mengerami anak-anaknya sendirian, meskipun kedua orang tuanya memberi mereka makan. Sarangnya agak tipis untuk ukuran burung. [7]

Gagak-bentet bisa bersahabat dengan manusia dan bisa menjalin hubungan jangka panjang. Pada September 2021, seekor gagak-benget telah mengunjungi properti yang sama di kawasan Barrington Tops di New South Wales selama lebih dari delapan belas tahun.

Kevin Bade (kanan) bersama teman burungnya di Barrington Tops, NSW, Australia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sooty Crow-shrike". Proceedings of the Zoological Society of London: 270. 12 May 1870. 
  2. ^ a b Schodde, Richard; Mason, Ian J. (1999). The Directory of Australian Birds: Passerines. A Taxonomic and Zoogeographic Atlas of the Biodiversity of Birds in Australia and its Territories. Collingwood, Australia: CSIRO Publishing. hlm. 532. ISBN 978-0-643-10293-4. 
  3. ^ Wade Peter, ed. (1977). Every Australian Bird Illustrated. Adelaide, South Australia: Rigby. hlm. 292. ISBN 0-7270-0009-8. 
  4. ^ Cox, Karin; Parish, Steve (2008). Amazing Facts about Australian Birds. Steve Parish Publishing. ISBN 9781741933017. OCLC 271893200. 
  5. ^ a b Wade Peter, ed. (1977). Every Australian Bird Illustrated. Adelaide, South Australia: Rigby. hlm. 292. ISBN 0-7270-0009-8. 
  6. ^ Slater, Peter (1974). A Field Guide to Australian Birds:Non-passerines. Adelaide, South Australia: Rigby. hlm. 277. ISBN 0-85179-813-6. 
  7. ^ Schodde, Richard; Mason, Ian J. (1999). The Directory of Australian Birds: Passerines. A Taxonomic and Zoogeographic Atlas of the Biodiversity of Birds in Australia and its Territories. Collingwood, Australia: CSIRO Publishing. hlm. 532. ISBN 978-0-643-10293-4.