GPHS-RTG

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

GPHS-RTG atau General Purpose Heat Source — Radioisotope Thermoelectric Generator, adalah desain khusus dari Radioisotop termoelektrik Generator (RTG) yang digunakan pada misi ruang angkasa AS. GPHS-RTG digunakan pada Ulysses, Galileo, Cassini-Huygens, dan New Horizons.

GPHS-RTG memiliki diameter keseluruhan 0,422 m dan panjang 1,14 m. Setiap GPHS-RTG memiliki massa sekitar 57 kg dan menghasilkan sekitar 300 Watt daya listrik pada awal misi (5,2 Kami / kg ), penggunakan sekitar 7,8 kg Pu-238 menghasilkan sekitar 4.400 watt listrik termal. Bahan bakar plutonium oksida dimasukkan dalam 18 GPHS. Perhatikan bahwa GPHS berbentuk kubus meskipun mengandung pelet silinder berbasis plutonium.

Unit GPHS-RTG digunakan pada pesawat ruang angkasa tidak diciptakan oleh NASA. Mereka dirancang dan dibangun oleh General Electric Space Division (kemudian bagian dari Martin-Marietta, kemudian bagian dari Lockheed Martin), di King of Prussia, Pennsylvania. Generator diisi dengan plutonium oleh laboratorium Department of Energy di Miamisburg, Ohio dan Idaho Falls, Idaho.

Setelah Ulysses dan Galileo RTGS diisi bahan bakar, peluncuran mereka masing-masing ditunda selama empat dan tiga tahun. Akibatnya, misi sedikit disesuaikan dengan memanfaatkan daya yang rendah yang akan tersedia. peluruhan panas berkurang sekitar 0,8% per tahun, sehingga 'usia' converter thermoelectric menurun sampai batas tertentu.

Unsur-unsur thermoelectric yaitu mengubah energi panas dari isotop menjadi listrik. GPHS-RTG menggunakan elemen thermoelectric ('Unicouples') SiGe yang tidak lagi di produksi. Misi setelah 2010 yang membutuhkan RTG, seperti Mars Science Laboratory, akan menggunakan MMRTG sebagai gantinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]