Friedrich I, Margrave Baden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Konradin dan Friedrich mendengar hukuman mati mereka, J.H.W. Tischbein, 1784

Friedrich I dari Baden (1249 – 29 Oktober 1268, usia 19) merupakan Margrave Baden dan penuntut Adipati Austria dari 4 Oktober 1250 sampai kematiannya. Ia dilahirkan di Alland, putra tunggal Margrave Hermann VI dari Baden dan Gertrud dari Babenberg, keponakan dan pewaris Adipati Frederick II dari Austria.

Ketika Adipati Friedrich II, Austria tewas terbunuh pada tahun 1246 Pertempuran Sungai Leitha, garis keadipatian Wangsa Babenberg menjadi punah. Margrave Hermann VI dari Baden melalui pernikahannya meningkatkan tuntutan warisan harta milik Babenberg, akan tetapi ia dapat tidak memberlakukan hal tersebut melawan Raja perkasa Václav I dari Bohemia dan putranya Ottokar II Přemysl, yang setelah kematian Hermann pada tahun 1250 menduduki wilayah-wilayah Austria.

Friedrich muda menggantikan ayahnya sebagai Margrave Baden, bersama dengan pamannya Rudolf I, dan melalui ibunya juga sebagai penuntut Austria dan wilayah adipati Stiria. Ketika Ottokar II pindah ke Austria, ia harus terbang dan kemudian tumbuh dewasa di istana Adipati Ludwig II dari Bayern bersama dengan sahabatnya Konradin dari Swabia, putra Raja Jerman Konrad IV dan pewaris Kerajaan Wangsa Hohenstaufen. Darinya Friedrich mengharapkan dukungan di dalam tuntutan kekuasaannya.

Pada tahun 1267 ia membuat keputusan fatal untuk menemani Konradin ke ekspedisi Italia, setelah paman Konradin Raja Manfred dari Sisilia tewas terbunuh pada tahun 1266 Pertempuran Benevento oleh pasukan Carlo I dari Napoli. Pasukan Konradin dikalahkan di Pertempuran Tagliacozzo, dimana setelah itu ia dan Friedrich diserahkan ke dalam tahanan pada tanggal 8 September 1268 di Torre Astura, selatan Anzio. Diserahkan oleh Frangipani kepada Carlo, keduanya tetap tinggal di dalam penjara yang rendah di Castel dell'Ovo, Napoli sampai pengumuman hukuman penggal mereka di Piazza del Mercato pada tanggal 29 Oktober.

Jenazah Friedrich dan Konradin pertama-tama dimakamkan asal-asalan, namun kemudian dipindahkan ke gereja Santa Maria del Carmine, dengan izin ibu Konradin Elisabeth dari Bayern, Ratu Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hermann VI
Margrave Baden
1250–1268
dengan Rudolf I
Diteruskan oleh:
Rudolf I
Adipati Austria (penuntut)
1250–1268
Diteruskan oleh:
Ottokar II dari Bohemia