Free! (seri TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Free! (anime))
Free!
Poster promosional dari serial anime Free!.
GenreOlahraga
Anime
Free! - Iwatobi Swim Club
SutradaraHiroko Utsumi
SkenarioMasahiro Yokotani
MusikTatsuya Kato
Studio
Tayang 4 Juli 2013 26 September 2013
Manga
High Speed!
PengarangKōji Ōji
IlustratorFutoshi Nishiya
PenerbitKyoto Animation
Terbit8 Juli 2013 – sekarang
Volume2
Anime
Free! - Eternal Summer
SutradaraHiroko Utsumi
SkenarioMasahiro Yokotani
Studio
Tayang 2 Juli 2014 24 September 2014
Film anime
High Speed! -Free! Starting Days-
SutradaraYasuhiro Takemoto
SkenarioMaiko Nishioka
MusikTatsuya Kato
Studio
Tayang5 Desember 2015
 Portal anime dan manga

Free! adalah serial televisi anime Jepang yang disutradarai oleh Hiroko Utsumi dan diproduksi oleh Kyoto Animation dan Animasi Do. Anime ini didasarkan pada novel ringan yang ditulis oleh Kōji Oji, High Speed! (ハイ☆スピード!, Hai Supīdo!), yang menerima penghargaan di kedua kontes Kyoto Animation Award pada tahun 2011 dan kemudian diterbitkan pada bulan Juli 2013. Musim pertama, berjudul Free! - Iwatobi Swim Club untuk distribusi internasional, ditayangkan di Jepang antara bulan Juli hingga September 2013, dan musim kedua, berjudul Free! - Eternal Summer, ditayangkan antara bulan Juli hingga September 2014. Sebuah film animasi, High Speed!! -Free! Starting Days-, akan dirilis pada tanggal 5 Desember 2015.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Free! dimulai dengan empat anak laki-laki, yaitu Haruka, Makoto, Nagisa, dan Rin, sebelum mereka lulus dari sekolah dasar. Mereka semua berpartisipasi dalam turnamen renang dan memenangkannya, meskipun mereka berpisah. Bertahun-tahun kemudian, Haruka dan Makoto bergabung kembali dengan Nagisa saat Nagisa mendaftar ke SMA setahun setelah Haruka dan Makoto. Tidak lama setelah itu, Rin, yang diduga berada di Australia, muncul dan menantang Haruka bertanding dan Rin memenangkannya. Setelah itu, Nagisa memiliki ide untuk membuat sebuah klub renang dan menggunakan kolam renang yang rusak. Haruka, Makoto, dan Nagisa, dan kemudian Rei, membuat Klub Renang SMA Iwatobi dan bekerja sama untuk membuat klubnya sukses. Kemenangan Rin atas Haruka tidak berarti apa-apa baginya karena ia menyadari bahwa Haruka telah berhenti berenang kompetitif dan tidak dalam keadaan prima. Ia mengklaim bahwa dirinya tidak bisa melupakan fakta tersebut sampai Haruka bersaing terhadap dirinya dengan nyata. Para anggota menghidupkan kembali Klub Renang Iwatobi dan kemudian masuk ke dalam kompetisi berenang untuk melawan Rin.

Karakter[sunting | sunting sumber]

SMA Iwatobi[sunting | sunting sumber]

Haruka Nanase (七瀬 遙, Nanase Haruka)
Pengisi suara: Nobunaga Shimazaki[1] (Jepang); Todd Haberkorn[2] (Inggris)
Haruka adalah siswa SMA kelas dua yang mencintai berenang dan menyukai ketika dirinya berada di dalam air. Ia adalah orang yang kuat dan tenang dengan menampilkan ekspresi wajah yang terbatas, dan memiliki waktu yang sulit untuk berkomunikasi tentang perasaannya. Banyak gayanya menawan dan ia memiliki fiksasi yang kuat terhadap renang gaya bebas.[1] Cintanya kepada air begitu kuat hingga ia sering melepaskan bajunya dan menggantinya dengan baju renangnya saat melihat air dan bahkan menganggap menghadapi air terjun menjadi pengalaman romantisnya. Karena namanya seperti nama perempuan, orang-orang sering keliru jika ia adalah seorang perempuan, sehingga ia biasa disapa Haru. Setelah SMP kelas satu, ia berhenti berenang kompetitif setelah menyakiti perasaan Rin dengan mengalahkannya dalam perlombaan, tetapi Haruka mendapatkan kembali gairahnya setelah berlomba dengan Rin lagi ketika mereka bersatu kembali.
Makoto Tachibana (橘 真琴, Tachibana Makoto)
Pengisi suara: Tatsuhisa Suzuki[1] (Jepang); Johnny Yong Bosch[3] (Inggris)
Makoto adalah sahabat Haruka, dan juga merupakan siswa kelas dua di kelas yang sama seperti Haruka. Tidak seperti Haruka, ia lebih ramah dan sering berbicara untuk Haruka. Ia baik dan perhatian kepada orang lain, menempatkan orang lain sebelum dirinya sendiri. Namun, ia berhati lemah dan penakut (terutama ketika Nagisa menggoda Makoto dengan menakut-nakutinya).[1] Ia mengembangkan rasa takut akan laut karena insiden traumatis di mana seorang nelayan tua, yang diidolakan Makoto, tenggelam dalam badai bersama banyak orang lainnya. Ia adalah kapten dari klub renang. Spesialisasinya adalah gaya punggung.
Nagisa Hazuki (葉月 渚, Hazuki Nagisa)
Pengisi suara: Tsubasa Yonaga[1] (Jepang); Greg Ayres[4] (Inggris)
Nagisa adalah siswa kelas satu yang juga masuk ke SMA Iwatobi. Ia sangat bersemangat dan tidak takut untuk berbicara apa yang ada dalam pikirannya. Ia telah mengagumi gaya berenang Haruka sejak sekolah dasar dan mendaftar di SMA-nya berharap untuk berenang dengan Haruka lagi.[1] Ia datang dengan ide untuk memulai klub berenang di SMA Iwatobi, dan menjadi bendaharanya. Ia memiliki daya tarik yang aneh terhadap maskot klub pinguin, Iwatobi-chan. Spesialisasinya adalah gaya dada.
Rei Ryūgazaki (竜ヶ崎 怜, Ryūgazaki Rei)
Pengisi suara: Daisuke Hirakawa[1] (Jepang); J. Michael Tatum[5] (Inggris)
Rei adalah teman sekelas Nagisa. Ia tampan dan cerdas,[1] tetapi sifat tersebut sering dimanfaatkan oleh Nagisa untuk beberapa alasan.[6] Ia sangat tertarik pada segala sesuatu yang indah, baik yang berwujud dan tidak berwujud, dan akan melakukan segala daya untuk menghindari hal-hal yang ia klaim "tidak menarik". Pada awalnya ia berada di tim lari. Ia menolak beberapa kali untuk bergabung dengan klub berenang, karena ia tidak berpikir bahwa berenang itu cukup indah. Ia akhirnya bergabung dengan klub berenang karena ia mengagumi gaya bebas Haruka yang indah. Pada awalnya, ia tidak bisa berenang, tetapi dengan beberapa bantuan dari Haruka, ia berhasil belajar. Dari semua gaya renang, Rei hanya bisa melakukan gaya kupu-kupu. Dalam Free! Eternal Summer, Rin mengajarkan Rei tiga gaya berenang lainnya.
Gou Matsuoka (松岡 江, Matsuoka Gō)
Pengisi suara: Akeno Watanabe (Jepang); Jamie Marchi[7] (Inggris)
Gō adalah adik perempuan Rin. Ia merupakan siswa kelas satu di SMA Iwatobi. Ia lebih suka dikenal dengan membaca namanya lebih khas, Kō, karena nama Gō menyerupai nama laki-laki, meskipun ia akhirnya menyerah, sebagian besar karena Nagisa terus-menerus memanggilnya Gō. Ia bergabung dengan klub berenang sebagai manajer, dengan harapan bahwa ia dapat membantu mengubah Rin kembali ke dirinya yang dulu. Ia sangat terorganisir dan bertekad, bahkan bertindak begitu jauh sampai menggunakan kaligrafi untuk membuat kalender 60 lebih halaman untuk meningkatkan tekanan pada pelatihan. Ia memiliki ketertarikan terhadap otot, dan cenderung merona di sekitar laki-laki ketika mengagumi otot-otot mereka.
Chigusa Hanamura (花村 千種, Hanamura Chigusa)
Pengisi suara: Satomi Satō
Gadis kelas satu yang bersekolah di SMA Iwatobi. Ia menganggap Gō menjadi sahabatnya.
Miho Amakata (天方 美帆, Amakata Miho)
Pengisi suara: Satsuki Yukino (Jepang); Caitlin Glass[7] (Inggris)
Miho adalah wali kelas dari Haruka dan Makoto. Ia mengajarkan sastra klasik. Para siswa menjulukinya Ama-chan. Rumor di kalangan siswa Iwatobi mengatakan bahwa ia telah pergi ke Tokyo untuk mengejar mimpinya bekerja di sebuah perusahaan pakaian renang, tetapi gagal dan menjadi guru sebagai gantinya. Meskipun ia memiliki kepribadian yang unik dan optimis, kadang-kadang ia menggunakan frasa literatur yang tua dan membingungkan untuk mengemukakan pandangannya. Ia menjadi guru penasihat untuk klub berenang setelah Nagisa tahu pekerjaannya di Tokyo terlibat pakaian renang. Hal ini mengungkapkan bahwa ia pernah menjadi model pakaian renang yang bekerja di bawah nama "Marin-chan". Ia tampaknya membenci hari-harinya sebagai model, dan mengambil langkah-langkah ekstrem untuk menyembunyikan karier sebelumnya. Ketika dalam percakapan, ia akan memancarkan aura jahat jika ia merasa subjeknya akan membahayakan ketika hari modellingnya.

Akademi Samezuka[sunting | sunting sumber]

Rin Matsuoka (松岡 凛, Matsuoka Rin)
Pengisi suara: Mamoru Miyano[1] (Jepang); Vic Mignogna[8] (Inggris)
Rin adalah saingan Haruka dan merupakan mantan rekan setimnya di sekolah dasar. Ia datang kembali ke Jepang setelah belajar di luar negeri (di Australia) ketika SMP dan menjadi terasing dengan mantan rekan timnya karena perubahan kepribadiannya,[1] yang datang setelah ia mendapatkan kekalahan yang sulit (sebenarnya tidak benar karena perlombaan melawan Haruka ketika mereka kelas satu SMP). Ia pergi ke Australia setelah bergabung dengan klub renang dan memenangkan relay. Ia pergi ke Akademi Samezuka, tetapi awalnya tidak bergabung dengan tim renang Samezuka (di awal musim kedua Rin menjadi kapten tim renang Samezuka). Meskipun ia memproklamirkan diri bersaing melawan anggota Klub Renang, ia terus menunjukkan kepedulian kepada mereka, terutama untuk Haruka. Ia mengadopsi mimpi ayahnya untuk menjadi perenang olimpiade setelah kematiannya, tetapi kemudian memutuskan untuk mengikuti mimpinya sendiri setelah bersaing di tingkat regional dengan Haruka, Makoto, dan Nagisa (setelah kompetisi perasaan terasing Rin dengan teman-temannya telah sepenuhnya memudar). Rin sebenarnya lebih baik pada gaya kupu-kupu, tetapi ia memilih untuk fokus pada gaya bebas untuk bersaing dengan Haruka.
Sousuke Yamazaki (山崎 宗介, Yamazaki Sōsuke)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya[9] (Jepang); Ian Sinclair[7] (Inggris)
Sousuke adalah sahabat masa kecilnya Rin dari SD Sano dan merupakan orang yang paling mengerti Rin. Ia pindah ke Akademi Samezuka sehingga ia dapat menghabiskan tahun terakhirnya di SMA renang dengan Rin di kota kelahirannya. Memiliki kepribadian yang kuat, ia tidak membiarkan apa pun mengganggu dirinya. Ia mengambil posisi kering dan keras pada berenang menuju dirinya dan orang lain di sekitarnya. Ia adalah perenang gaya kupu-kupu yang sangat terampil, dan termasuk 10 besar di Jepang. Setelah Rin berangkat ke Australia, ia menetapkan tujuan dirinya untuk satu hari menjadi perenang profesional bersama Rin. Namun karena pelatihan yang berlebihan ketika kelas satu SMA, bahunya mengalami cedera parah, merusak peluangnya memasuki dunia profesional. Ia muncul di musim kedua.[9]
Aiichiro Nitori (似鳥 愛一郎, Nitori Aiichirō)
Pengisi suara: Kōki Miyata[10] (Jepang); Josh Grelle[11] (Inggris)
Seorang anggota Tim Renang Samezuka, yang sangat mengidolakan Rin. Ia berbagi kamar dengan Rin di musim pertama, dan kemudian Momotaro di musim kedua. Ia berenang gaya bebas jarak jauh, tetapi mulai lebih fokus pada gaya dada di musim kedua. Ia gembira ketika Rin menunjuknya menjadi kapten baru Samezuka pada akhir seri.
Momotaro Mikoshiba (御子柴 百太郎, Mikoshiba Momotarō)
Pengisi suara: Kenichi Suzumura[10] (Jepang); Jerry Jewell[11] (Inggris)
Ia adalah adik laki-laki Seijuro dan siswa kelas satu di Akademi Samezuka. Awalnya ia tidak bergabung dengan tim renang, namun ia masuk di kemudian hari atas permintaan Rin. Seperti kakaknya, ia menaksir Gō. Ia adalah orang yang sangat antusias dan perenang gaya punggung yang sangat terampil. Ia muncul di musim kedua.
Seijuro Mikoshiba (御子柴 清十郎, Mikoshiba Seijūrō)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda (Jepang); Robert McCollum[7] (Inggris)
Ia adalah kapten dari Tim Renang Akademi Samezuka dan seorang siswa SMA kelas tiga. Ia tampaknya menaksir Gō. Ia adalah orang yang sangat antusias dan perenang yang sangat terampil.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Goro Sasabe (笹部 吾朗, Sasabe Gorō)
Pengisi suara: Hiroshi Yanaka (Jepang); Christopher R. Sabat[7] (Inggris)
Goro adalah pelatih renang Klub Renang Iwatobi yang telah terbengkalai, setelah melatih Haruka, Makoto, Nagisa, dan Rin saat mereka berada di sekolah dasar, dan sejak itu ia bekerja paruh waktu sebagai pengantar pizza. Ia kemudian melanjutkan pembinaan kepada Haruka, Makoto, dan Nagisa, dengan penambahan Rei. Ia biasanya sangat santai, tetapi bisa sangat ketat dengan siswanya saat pembinaan. Dalam Free! - Eternal Summer, ia membangun kembali Klub Renang Iwatobi dan mengganti namanya menjadi "Iwatobi SC Returns".
Ran Tachibana (橘 蘭, Tachibana Ran)
Pengisi suara: Yuka Maruyama
Adik perempuan Makoto. Ia dan adiknya Ren tampak mengagumi Makoto.
Ren Tachibana (橘 蓮, Tachibana Ren)
Pengisi suara: Miyuki Kobori
Adik laki-laki Makoto. Ia dan kakaknya Ran tampak mengagumi Makoto.

Media[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan radio dan drama CD[sunting | sunting sumber]

Sebuah pertunjukan radio internet untuk mempromosikan anime ini yang disebut Iwatobi Channel (イワトビちゃんねる, Iwatobi Channeru) mulai mengudara pada tanggal 17 Juni 2013.[12] Pertunjukkan ini disiarkan secara online setiap hari Senin, dan diproduksi oleh stasiun radio internet Jepang Lantis Web Radio dan Onsen. Pertunjukkan ini diselenggarakan oleh Nobunaga Shimazaki dan Tatsuhisa Suzuki, yang menyuarakan Haruka Nanase dan Makoto Tachibana di anime ini.[13] Dua volume kompilasi CD dirilis antara 21 Agustus dan 25 September 2013.[14][15]

Dua volume dalam serangkaian drama CD, berjudul Iwatobi High School Swimming Club Activity Journal (岩鳶高校水泳部 活動日誌, Iwatobi Kōkō Suiei-bu Katsudō Nisshi) dirilis antara 21 Agustus dan 25 September 2013.[16][17]

Anime[sunting | sunting sumber]

Animasi Do merilis gambar splash untuk sebuah proyek baru pada bulan April 2012, yang diikuti oleh iklan televisi untuk proyek pada bulan Maret 2013.[18] Iklan komersial ini cepat meluas di kalangan penggemar terutama pengguna situs blogging Tumblr, yang dengan cepat berkembang sekuel sekitar apa yang mereka juluki sebagai "anime berenang".[19] Meskipun iklan tersebut hanya berdurasi 30 detik, berbagai penggemar bekerja memperluas karakter tanpa nama dari iklan tersebut, termasuk biografi hipotetis, seni, dan fiksi penggemar, bersama dengan petisi online menyerukan studio untuk mengubahnya menjadi serangkaian nyata.[20]

Anime serial televisi 12 episode, yang diproduksi oleh Kyoto Animation dan Animasi Do, disutradarai oleh Hiroko Utsumi, ditulis oleh Masahiro Yokotani, desain fitur karakter oleh Futoshi Nishiya, dan musik oleh Tatsuya Kato. Seri ini ditayangkan di Jepang antara 4 Juli hingga 26 September 2013 pada Tokyo MX,[21] dan juga streaming di situs berbagi video Jepang Niconico[22] dan disiarkan oleh Crunchyroll, yang juga memiliki hak video rumahan.[21][23][24] Seri ini dirilis pada enam volume kompilasi BD dan DVD antara 11 September 2013 hingga 5 Februari 2014, dengan volume tertentu mengandung episode bonus singkat. Musim keduanya dengan 13 episode, berjudul Free! Eternal Summer, ditayangkan antara 2 Juli[25] hingga 24 September 2014. Funimation memiliki lisensi musim kedua untuk streaming dan video rumahan di Amerika Utara[26] dan saat ini sedang dalam negosiasi dengan Crunchyroll tentang merilis musim pertama pada video rumahan.[4] Discotek Media akan merilis musim pertama atas nama Crunchyroll pada DVD dengan terjemahan, tetapi telah dikemukakan bahwa versi yang telah didubbing mungkin akan dirilis pada akhirnya.[27]

Sebuah film animasi berdasarkan novel ringan asli, berjudul High Speed! -Free! Starting Days-, akan dirilis di Jepang pada tanggal 5 Desember 2015.[28]

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka anime ini adalah "Rage On" oleh Oldcodex dan lagu penutupnya adalah "Splash Free" oleh Style Five (Nobunaga Shimazaki, Tatsuhisa Suzuki, Tsubasa Yonaga, Daisuke Hirakawa, dan Mamoru Miyano). Lagu penutup untuk episode 12 adalah "Ever Blue" oleh Style Five.[29] Singel "Rage On" dirilis pada tanggal 17 Juli 2013 dan terjual lebih dari 24.281 eksemplar.[30][31] Dan singel "Splash Free" dirilis pada tanggal 7 Agustus 2013 dan terjual lebih dari 47.646 eksemplar.[32][33] Untuk musim kedua, lagu pembukanya adalah "Dried Up Youthful Fame" oleh Oldcodex,[34][35] dan lagu penutupnya adalah "Future Fish" oleh Style Five. Lagu penutup untuk episode 13 adalah "Clear Blue Departure" oleh Style Five.

Lima singel lagu karakter yang dirilis dinyanyikan oleh pengisi suara karakter utama. Singel Haruka Nanase (dinyanyikan oleh Shimazaki) dan Makoto Tachibana (dinyanyikan oleh Suzuki) dirilis pada tanggal 7 Agustus 2013.[36][37] Singel Makoto terjual lebih dari 23.487 eksemplar, sementara singel Haruka terjual sekitar 20.371 eksemplar.[38] Untuk singel Rin Matsuoka (dinyanyikan oleh Miyano), Nagisa Hazuki (dinyanyikan oleh Yonaga) dan Rei Ryūgazaki (dinyanyikan oleh Hirakawa) dirilis pada 4 September 2013.[39][40][41] Singel Rin terjual lebih dari 18.698 eksemplar, singel Rei terjual lebih dari 15.021 eksemplar, dan singel Nagisa terjual lebih dari 14.283 eksemplar.[42]

Empat singel duet lagu karakter yang dirilis dinyanyikan oleh pengisi suara karakter utama.[43] Singel Haruka (dinyanyikan oleh Shimazaki) dan Makoto (dinyanyikan oleh Suzuki) dirilis pada tanggal 18 Desember 2013 dan terjual lebih dari 16.361 eksemplar album.[44] Singel Nagisa (dinyanyikan oleh Tsubasa Yonaga) dan Rei (dinyanyikan oleh Daisuke Hirakawa) dirilis pada tanggal 15 Januari 2014 dan terjual lebih dari 11.980 eksemplar.[45] Singel Rei (dinyanyikan oleh Daisuke Hirakawa) dan Rin (dinyanyikan oleh Mamoru Miyano) dirilis pada tanggal 12 Februari 2014 dan terjual lebih dari 13.389 eksemplar.[46] Dan yang terakhir singel Haruka (dinyanyikan oleh Shimazaki) dan Rin (dinyanyikan oleh Mamoru Miyano) dirilis pada tanggal 19 Maret 2014 dan terjual lebih dari 15.866 eksemplar album.[47]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan asli yang berjudul High Speed! (ハイ☆スピード, Hai Supīdo) ditulis oleh Kōji Oji, dengan ilustrasi oleh Futoshi Nishiya. Oji masuk ke dalam kedua kontes Kyoto Animation Award pada 2011, dan memenangkan "Honorable Mention" dalam kategori novel.[48] Buku ini diterbitkan oleh Kyoto Animation pada tanggal 8 Juli 2013.[49] Volume keduanya diterbitkan pada tanggal 2 Juli 2014, yang menceritakan Haruka dan Makoto saat berada di SMP.[50]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j "KyoAni Outlines 'Free' Swim Team Anime's Story, Characters". Anime News Network. 28 April 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-07. Diakses tanggal 28 April 2013. 
  2. ^ "Free! Eternal Summer English Dub Casts Todd Haberkorn as Haru". Anime News Network. 13 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-28. Diakses tanggal 13 November 2014. 
  3. ^ "Free! Eternal Summer English Dub Casts Johnny Yong Bosch as Makoto". Anime News Network. 12 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-28. Diakses tanggal 12 November 2014. 
  4. ^ a b "Free! Eternal Summer English Dub Casts Greg Ayres as Nagisa". Anime News Network. 11 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-03. Diakses tanggal 11 November 2014. 
  5. ^ "Free! Eternal Summer English Dub Casts J. Michael Tatum as Rei". Anime News Network. 10 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-28. Diakses tanggal 10 November 2014. 
  6. ^ "竜ヶ崎 怜 プロフィール TV アニメ『Free!』公式サイト" [TV Anime Free! Ryugazaki Rei Profile] (dalam bahasa Jepang). Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-02. Diakses tanggal 21 Juli 2013. 
  7. ^ a b c d e "Free! Eternal Summer Casts Ian Sinclair, Jamie Marchi and More". Anime News Network. 16 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-09. Diakses tanggal 16 November 2014. 
  8. ^ "Free Eternal Summer English Dub Casts Vic Mignogna as Rin". Anime News Network. 14 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-04. Diakses tanggal 14 November 2014. 
  9. ^ a b "Yoshimasa Hosoya Joins Free! Eternal Summer TV Anime Cast". Anime News Network. 3 Mei 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-25. Diakses tanggal 3 Mei 2014. 
  10. ^ a b "TVアニメ『Free!-Eternal Summer-』公式サイト" [TV anime "Free!-Eternal Summer-" official site - Character] (dalam bahasa Jepang). Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-30. Diakses tanggal 25 Juli 2014. 
  11. ^ a b "Free! Eternal Summer English Dub Casts Jerry Jewell, Josh Grelle". Anime News Network. 15 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-28. Diakses tanggal 15 November 2014. 
  12. ^ "TVアニメ『Free!』WEBラジオ「イワトビちゃんねる」" [TV anime Free! Web Radio Iwatobi Channel] (dalam bahasa Jepang). Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-09. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  13. ^ "TVアニメ「Free!」WEBラジオ 「イワトビちゃんねる」 特設サイト" [TV anime Free! Web Radio Iwatobi Channel Special Site] (dalam bahasa Jepang). Onsen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-24. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  14. ^ "「イワトビちゃんねる」vol.1" [Iwatobi Channel vol. 1] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  15. ^ "「イワトビちゃんねる」 Vol.2" [Iwatobi Channel Vol. 2] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 28 September 2013. 
  16. ^ "ja:岩鳶高校水泳部 活動日誌1" [Iwatobi High School Swimming Club Activity Journal 1] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-07. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  17. ^ "ja:岩鳶高校水泳部 活動日誌2" [Iwatobi High School Swimming Club Activity Journal 2] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-02. Diakses tanggal 28 September 2013. 
  18. ^ "Kyoto Animation's Animation Do Spinoff Unveils New Anime Ad". Anime News Network. 6 Maret 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-10. Diakses tanggal 26 April 2013. 
  19. ^ "Tumblr invented entire anime based on thirty second promo? Must be monday". The Mary Sue. 11 Maret 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-11. Diakses tanggal 21 Januari 2015. 
  20. ^ "Fake anime series inspires real fans on Tumblr". The Daily Dot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-29. Diakses tanggal 12 Maret 2013. 
  21. ^ a b "Crunchyroll to Stream Free! Swim Team TV Anime". Anime News Network. 27 Juni 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-03. Diakses tanggal 28 Juni 2013. 
  22. ^ "Kyoto Animation's Free! Swim Team Anime Promo Streamed". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 27 April 2013. 
  23. ^ "Crunchyroll Adds "Free! – Iwatobi Swim Club" Anime to Streaming Lineup!". Crunchyroll. 27 Juni 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-02. Diakses tanggal 27 Juni 2013. 
  24. ^ "Answerman: Jerkwatch". Anime News Network. 17 Oktober 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 17 Oktober 2014. 
  25. ^ "Free! Iwatobi Swim Club Anime 2nd Season Title, Date, Characters". Anime News Network. 2 Mei 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-02. Diakses tanggal 2 Mei 2014. 
  26. ^ "Funimation Adds Free! Eternal Summer". Anime News Network. 27 Juni 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-06. Diakses tanggal 27 Juni 2014. 
  27. ^ "Free! Iwatobi Swim Club - Discotek Media". Facebook. 3 Februari 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-04-22. Diakses tanggal 4 Februari 2015. 
  28. ^ "Free! Anime's Novel Predecessor High Speed! Gets Film". Anime News Network. 22 Maret 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-09. Diakses tanggal 22 Maret 2015. 
  29. ^ "CD – PRODUCT – TVアニメ『Free!』公式サイト" [CD – Product – TV Anime Free! Official Website] (dalam bahasa Jepang). Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-08. Diakses tanggal 3 Juni 2013. 
  30. ^ "2013年07月のCDシングル月間ランキン" [CD single monthly rankings - July 2013] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Juli 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2013. Diakses tanggal 4 Juli 2013.  – rankings 11 to 20
  31. ^ "Rage On" (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  32. ^ "Splash Free" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September 2013. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  33. ^ "Splash Free" (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  34. ^ "Free! Eternal Summer's Opening Song Performed by Oldcodex". Anime News Network. 11 Mei 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-06. Diakses tanggal 5 Mei 2014. 
  35. ^ Green, Scott (16 April 2014). "Latest PV for "Free! -Eternal Summer-" TV Anime". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-27. Diakses tanggal 12 Mei 2014. 
  36. ^ "キャラクターソング Vol.1 七瀬 遙" [Character Song Vol. 1 Haruka Nanase] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  37. ^ "キャラクターソング Vol.2 橘 真琴" [Character Song Vol. 2 Makoto Tachibana] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  38. ^ "2013年08月のCDシングル月間ランキング" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Januari 2014. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  39. ^ "キャラクターソング Vol.3 松岡 凛" [Character Song Vol. 3 Rin Matsuoka] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-01. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  40. ^ "キャラクターソング Vol.4 葉月 渚" [Character Song Vol. 4 Nagisa Hazuki] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-02. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  41. ^ "キャラクターソング Vol.5 竜ヶ崎 怜" [Character Song Vol. 5 Rei Ryūgazaki] (dalam bahasa Jepang). Lantis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-02. Diakses tanggal 4 Juli 2013. 
  42. ^ "Oricon Charts" (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Oktober 2014. Diakses tanggal 17 September 2013. 
  43. ^ "デュエットCD | TVアニメ『Free!』公式サイト" [Duet CD | TV Anime Free! Official Site] (dalam bahasa Jepang). Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Februari 2014. Diakses tanggal 11 Januari 2014. 
  44. ^ "2013年12月のCDシングル月間ランキング" [December 2013 CD Single Monthly Ranking] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Januari 2014. Diakses tanggal 11 Januari 2014. 
  45. ^ "2014年01月のCDシングル月間ランキング" [January 2014 CD Single Monthly Ranking] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 Maret 2014. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  46. ^ "2014年02月10日~2014年02月16日のCDシングル週間ランキング" [Sales of February] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Maret 2014. Diakses tanggal 16 Februari 2014. 
  47. ^ "2014年03月のCDシングル月間ランキン" [Sales of March] (dalam bahasa Jepang). Oricon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 April 2014. Diakses tanggal 27 April 2014. 
  48. ^ "No Grand Prizes Given for 2nd Kyoto Animation Award". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-25. Diakses tanggal 27 April 2013. 
  49. ^ "KyoAni Streams Free! Anime's Promo with Actual Swimming". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-14. Diakses tanggal 28 Juni 2013. 
  50. ^ "『ハイ☆スピード!』公式サイト" [High Speed! official website]. Kyoto Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-19. Diakses tanggal 14 Mei 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]