Fraseologi Soviet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fraseologi Soviet atau Sovietisme adalah neologisme dan klise dalam bahasa Rusia dari zaman Uni Soviet, memiliki sejumlah ciri berbeda yang mencerminkan cara hidup Soviet dan budaya Uni Soviet serta politiknya. Sebagian besar perbedaan ini pada akhirnya (secara langsung maupun tidak langsung, sebagai rantai sebab-akibat) bertujuan utopik untuk menciptakan masyarakat baru yang nyaris sempurna, cara-cara penerapan guna mencapai tujuan tersebut dan apa yang sebenarnya diterapkan.

Topik artikel ini tidak terbatas pada bahasa Rusia saja, karena ungkapan ini meresap ke semua bahasa nasional yang digunakan di Uni Soviet. Namun demikian, bahasa Rusia merupakan bahasa "komunikasi antar bangsa" di Uni Soviet (meskipun dinyatakan sebagai bahasa resmi negara sejak 1990),[1] oleh karena itu bahasa Rusia menjadi sumber utama fraseologi Soviet.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ЗАКОН СССР ОТ 24.04.1990 О ЯЗЫКАХ НАРОДОВ СССР" Diarsipkan 2016-05-08 di Wayback Machine. (the 1990 USSR Law about the Languages of the USSR) (dalam bahasa Rusia)