Francis La Flesche

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Francis La Flesche
Francis La Flesche
Lahir(1857-12-25)25 Desember 1857
Reservasi Omaha
Meninggal5 September 1932(1932-09-05) (umur 74)
County Thurston, Nebraska
Pekerjaanantropolog, etnolog, musikolog
Dikenal atasAntropolog asli Amerika pertama, terkenal karena studinya tentang budaya dan musik penduduk asli Amerika Omaha dan Osage. Bekerja di Institusi Smithsonian.
Orang tua

Francis La Flesche (1857–1932) adalah seorang penduduk asli Amerika pertama yang menjadi antropolog dan ahli etnologi penduduk asli Amerika. Dia berspesialisasi dalam budaya suku Omaha dan Osage. La Flesche sering berkerjasama dengan antropolog Alice C. Fletcher dan mereka menulis beberapa artikel dan buku tentang Omaha dan juga karya tentang Osage.[1]

Kehidupan dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Francis La Flesche lahir pada tahun 1857 di Reservasi Omaha, anak pertama dari istri kedua ayahnya Joseph LaFlesche, Ta-in-ne, seorang wanita Omaha. Dia adalah saudara tiri dari lima anak pertama ayahnya.[2] Ibu mereka adalah Mary Gale, putri ras campuran dari seorang ahli bedah Amerika dan istrinya dari Iowa. Setelah kematian Mary, Joseph (juga dikenal sebagai Iron Eye) pun menikah lagi. Fransiskus bersekolah di Sekolah Misi Presbiterian di Bellevue, Nebraska. Kemudian dia kuliah dan bersekolah hukum di Washington, D.C.

Pada tahun 1853, Iron Eye menjadi kepala Omaha; dia membantu merundingkan perjanjian tahun 1854 di mana suku tersebut menjual sebagian besar tanah mereka di Nebraska. Dia memimpin suku tersebut sebagai kepala suku segera setelah mereka dipindahkan ke reservasi dan dalam transisi besar ke kehidupan yang lebih menetap. Joseph La Flesche (Iron Eye) adalah Métis, keturunan Ponca dan Prancis, dan sebagian besar tumbuh bersama orang-orang Omaha. Pertama kali bekerja sebagai pedagang bulu, setelah dewasa ia diadopsi sebagai putra oleh kepala suku Rusa Besar. Dia mengajarinya budaya dan menunjuk Iron Eye sebagai penggantinya.

Joseph menekankan pendidikan untuk semua anaknya; beberapa bersekolah dan perguruan tinggi di Timur. Mereka didorong untuk berkontribusi pada Omaha. Saudara-saudara tiri Paus Fransiskus menjadi salah orang-orang yang berprestasi: Susette LaFlesche yang merupakan seorang aktivis dan pembicara yang terkenal secara nasional mengenai isu-isu hak dan reformasi India; Rosalie LaFlesche Farley adalah seorang aktivis dan mengelola urusan keuangan suku Omaha; dan Susan La Flesche adalah wanita penduduk asli Amerika pertama yang dilatih sebagai dokter bergaya Eropa-Amerika yang merawat suku Omaha selama bertahun-tahun.

Karir[sunting | sunting sumber]

Tahun 1879, Hakim Elmer Dundy dari Pengadilan Distrik AS membuat keputusan penting tentang hak-hak sipil yang menegaskan hak-hak orang Indian Amerika sebagai warga negara berdasarkan Konstitusi. Dalam Standing Bear v. Crook, Dundy telah memutuskan bahwa "orang India adalah seseorang" berdasarkan Amandemen Keempat Belas. Susette "Bright Eyes" La Flesche pernah terlibat sebagai penerjemah untuk ketua Standing Bear dan saksi ahli tentang isu-isu India. Dia mengundang Francis untuk menemaninya bersama Standing Bear dalam tur ceramah di Amerika Serikat bagian timur selama tahun 1879-1880. Mereka bergantian bertindak sebagai penerjemah bagi kepala suku.

Pada tahun 1881 Susette dan jurnalis Thomas Tibbles menemani Alice C. Fletcher, seorang antropolog, dalam perjalanannya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk tinggal bersama dan mempelajari wanita Sioux di Rosebud Indian Reservation. Susette bertindak sebagai penerjemahnya. Francis La Flesche juga bertemu dan membantu Fletcher sehingga mereka memulai kemitraan profesional seumur hidup.

Hampir 20 tahun lebih tua darinya, Fletcher mendorong La Flesche untuk menjadi antropolog profesional. Dia mulai bekerja dengannya di Washington, D.C., sekitar tahun 1881, di mana dia juga bekerja sebagai penerjemah untuk Komite Senat AS bagian Urusan India.

La Flesche memperoleh posisi di Biro Etnologi di Smithsonian Institution, tempat Fletcher berkolaborasi dalam penelitiannya. Ia menjabat sebagai penyalin, penerjemah, dan juru bahasa. Pada awalnya, dia membantu mengklasifikasikan artefak Omaha dan Osage. Setelahnya dia melanjutkan untuk melakukan penelitian tingkat profesional dengan Fletcher yang bertindak sebagai penerjemah dan juru bahasa. La Flesche lulus dari Fakultas Hukum Universitas Nasional (sekarang Fakultas Hukum Universitas George Washington) pada tahun 1892 dan memperoleh gelar master di sana pada tahun 1893. Pada tahun 1891 Fletcher secara informal mengadopsi La Flesche yang berusia 34 tahun.[3]

Dalam buku dan artikel gabungan mereka tentang Omaha, La Flesche mengikuti pendekatan antropologis dalam mendeskripsikan ritual dan praktik secara rinci. Selama kunjungan rutinnya ke Omaha dan Osage, dan mempelajari ritual mereka, La Flesche juga membuat rekaman lagu dan nyanyian mereka pada silinder lilin (sekarang sangat berharga), serta mendokumentasikannya secara tertulis. Komposer muda Charles Wakefield Cadman tertarik pada musik Indian Amerika dan dipengaruhi oleh karya La Flesche. Cadman menghabiskan waktu di reservasi Omaha untuk mempelajari banyak lagu dan cara memainkan alat musik tradisional.

Pada tahun 1908 La Flesche mengusulkan kolaborasi dengan Cadman dan Nelle Richmond Eberhart, untuk membuat opera berdasarkan cerita Omaha miliknya. Eberhart telah menulis lirik untuk Empat Lagu Indian Amerika karya Cadman, serta lagu-lagunya yang lain. Tim bekerja selama empat tahun Da O Ma, yang diubah untuk menampilkan karakter Sioux. Masing-masing pendekatan kolaborasi dari sudut pandang yang berbeda, dan opera tersebut tidak pernah diterbitkan atau dipentaskan.[4][5] LaFlesche juga berkontribusi pada The Robin Woman (Shanewis) karya Cadman (1918), tetapi komposer menyelesaikan proyek tersebut dengan Tsianina Redfeather Blackstone, penyanyi Creek yang berkontribusi pada libretto.

Mulai tahun 1910, La Flesche memperoleh posisi profesional sebagai antropolog di Biro Etnologi Amerika Smithsonian, bertugas di sana hingga tahun 1929. Ini menandai bagian kedua dari karirnya. Dia menulis dan memberi kuliah secara ekstensif mengenai penelitiannya, menerbitkan sebagian besar karyanya selama ini. Fokusnya berubah dengan penelitian independennya pada musik dan agama Osage, yang terkait erat dengan Omaha.

Tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan gagasan, keyakinan, dan konsep Osage. Ia ingin para pembacanya melihat dunia Osages sebagaimana adanya—bukan dunia "anak-anak alam" yang sederhana, melainkan sebuah dunia yang sangat kompleks yang mencerminkan tradisi intelektual yang canggih dan imajinatif seperti yang dimiliki orang-orang Dunia Lama mana pun.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Francis La Flesche (1857-1932) · Leaders and Heroes · Special Collections and Archives". library.missouri.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-29. 
  2. ^ "LaFlesche Family". web.archive.org. 2008-05-16. Diakses tanggal 2023-11-29. 
  3. ^ "Anthropology Archives | Smithsonian National Museum of Natural History". naturalhistory.si.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-29. 
  4. ^ Flesche, Francis La (1998-05-01). Ke-ma-ha: The Omaha Stories of Francis La Flesche (dalam bahasa Inggris). U of Nebraska Press. ISBN 978-0-8032-7977-3. 
  5. ^ Hoffman, Michael P.; Flesche, Francis La; Bailey, A. (1996). "The Osage and the Invisible World: From the Works of Francis La Flesche". The Arkansas Historical Quarterly. 55 (3): 333. doi:10.2307/40030988. ISSN 0004-1823. 
  6. ^ Flesche, Francis La (1999-03-01). The Osage and the Invisible World: From the Works of Francis la Flesche (dalam bahasa Inggris). University of Oklahoma Press. ISBN 978-0-8061-3132-0.