Francesco Maria Grimaldi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Francesco Maria Grimaldi
Francesco Maria Grimaldi.jpg
Lahir 2 April 1618
Bologna
Meninggal 28 Desember 1663 (umur 45)
Bologna
Kebangsaan Italian
Dikenal atas free fall, diffraction
Karier ilmiah
Bidang Mathematics, Physics

Francesco Maria Grimaldi (2 April 1618 – 28 Desember 1663) adalah seorang imam Yesuit, matematikawan dan fisikawan Italia yang mengajar di kolese Yesuit di kota Bologna.

Antara tahun 1640 hingga tahun 1650, bekerja sama dengan Giovanni Riccioli, ia menyelidiki terjun bebas dari suatu objek, menegaskan bahwa jarak jatuh sebanding dengan waktu yang terjadi pangkat dua. Grimaldi dan Riccioli juga melakukan penghitungan konstan gravitasi dengan mencatat osilasi dari sebuah pendulum akurat.[1]

Dalam astronomi, ia membuat dan menggunakan peralatan untuk mengukur pegunungan dan tinggi awan di bulan, serta menggambarkan peta bulan yang akurat atau selenograf yang diterbitkan oleh Riccioli dan sekarang menghiasi gerbang masuk National Air and Space Museum di kota Washington D.C.

Ia adalah orang pertama yang melakukan observasi akurat terhadap difraksi cahaya[2][3] (walaupun lewat beberapa sumber Leonardo da Vinci telah lebih dahulu mengamatinya[4]), dan melahirkan kata 'difraksi'. Melalui eksperimen ia mampu mendemonstrasikan bahwa jalur cahaya yang diamati tidak bisa mendukung ide bahwa cahaya ini bergerak dalam suatu jalur yang seperti garis lurus. Melainkan, cahaya yang melewati lubang tersebut berwujud kerucut. Nantinya para fisikawan menggunakan karyanya ini sebagai bukti bahwa cahaya adalah sebuah gelombang, dan Isaac Newton menggunakannya untuk mencapai kesimpulan pada teori sinarnya yang lebih menyeluruh. Grimaldi juga menemukan apa yang dikenal sebagai gelombang difraksi.[5]

Nama Kawah Grimaldi di permukaan bulan diambil dari namanya.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

  • Physicomathesis de lumine, coloribus, et iride, aliisque annexis (diterbitkan tahun 1665)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J.L. Heilbron, Electricity in the 17th and 18th Centuries: A Study of Early Modern Physics (Berkeley: University of California Press, 1979), 180.
  2. ^ Francesco Maria Grimaldi, Physico mathesis de lumine, coloribus, et iride, aliisque annexis libri duo (Bologna ("Bonomia"), Italy: Vittorio Bonati, 1665), pp. 1–11 (in Latin).
  3. ^ Florian Cajori (1899). A history of physics in its elementary branches: including the evolution of physical laboratories. The Macmillan Company. hlm. 88–. Diakses tanggal 14 August 2011. 
  4. ^ Guglielmo Libri, Histoire des sciences mathematiques en Italie (1840)
  5. ^ Thomas E. Woods (2005). How the Catholic Church built Western civilization. Regnery Publishing. hlm. 105–. ISBN 978-0-89526-038-3. Diakses tanggal 14 August 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]