Fosforus (bintang timur)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Personifikasi bintang timur. Engravir karya G.H. Frezza, 1704

Fosforus (Yunani: Φωσφόρος Phōsphoros) adalah bintang timur, planet Venus yang muncul di pagi hari. Φαοσφόρος (Phaosphoros) dan Φαεσφόρος (Phaesphoros) adalah bentuk dari nama yang sama dalam beberapa dialek Yunani. Benda langit tersebut dinamai saat bintang dan planet tak selalu dibedakan dengan presisi modern.

Nama Yunani lain untuk bintang timur adalah Heosphoros (Yunani Ἑωσφόρος Heōsphoros), yang rtinya "Pengirim Fajar". Sebagai sebuah adjektif, kata Yunani φωσφόρος ditujukan dalam esensi "mengirim sinar" untuk, contohnya, fajar, dewa Dionysos, obor pinus, siang hari; dan dalam esensi "membawa obor" sebagai epitet beberapa dewa dan dewi, khususnya Hecate selain juga Artemis/Diana dan Hephaestus.[1]

Kata Latin lucifer, yang merupakan padanan dari kata Yunani φωσφόρος, dipakai sebagai sebuah nama untuk bintang bagi dan sehingga muncul dalam terjemahan Vulgata dari kata Ibrani הֵילֵל (helel), yang artinya Venus sebagai sosok brilian, terang atau sinar, dalam Yesaya 14(Yesaya 14:12), yang dipakai oleh versi Yunani dari Septuagint, bukan φωσφόρος, namun ἑωσφόρος. Sebagai sebuah terjemahan dari kata Yunani yang sama, King James Version memakai kata "Lucifer", sebuah nama yang sering kali disalahartikan sebagai rujukan kepada Setan. Terjemahan-terjemahan modern dari pasal yyang memakai kata Ibrani yang sama mengartikannya sebagai "bintang timur", "bintang siang", "gilang gemilang" atau "bintang gemilang". Dalam Wahyu 22 (Wahyu 22:16), Yesus disebut sebagai bintang timur, namun bukan sebagai Lucifer dalam bahasa Latin, melainkan sebagai φωσφόρος dalam teks Yunani asli, yang lengkapnya adalah ὁ ἀστὴρ ὁ λαμπρὸς ὁ πρωϊνός (ho astēr ho lampros ho prōinos), yang artinya: bintang timur yang gilang-gemilang.[2][3][4] Dalam teks Latin Vulgata dari 2 Petrus 1 (2 Petrus 1:19) kata "lucifer" dipakai untuk bintang timur dalam frase "sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.", padanan kata Yunaninya adalah φωσφόρος.

Referensi[sunting | sunting sumber]