Forum Jurnalis Perempuan Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) terbentuk didasari alasan masih minimnya jumlah jurnalis perempuan di Medan. Forum ini lahir pada tanggal 22 Desember 2007 di Medan, Sumatera Utara, terdiri dari jurnalis perempuan yang bekerja di industri media baik cetak dan elektronik. Saat ini jumlah anggota FJPI sudah mencapai 52 orang, tetapi belum ada dari anggotanya yang merupakan pemilik dari suatu media. Posisi strategis dapat mengambil keputusan yang diterima oleh jurnalis perempuan seperti kepala redaksi, redaktur dan lainnya masih kurang dari 5 persen.[1] FJPI telah memiliki 14 cabang sejak kali pertama didirikan yakni Sumatera Utara, Aceh, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua dan Papua Barat, Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lampung.[2][3]

Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) saat ini adalah Uni Zulfiani Lubis (Uni Lubis) pada periode 2021-2024. Ia merupakan pemimpin Redaksi IDN Times. Posisi sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) adalah Khairiah Lubis, terpilih secara aklamasi dalam Kongres Nasional ke II FJPI secara virtual.Kegiatan FJPI antara lain mengadakan kompetisi untuk jurnalis perempuan yang tergabung di FJPI. Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2022, FJPI bekerja sama dengan Dewan Pers, menggelar webinar bertema Tantangan Jurnalis Perempuan di Era Digital, menghadirkan Pemimpin Redaksi Kompas TV Rosianna Silalahi, menyampaikan topik bertema Menjadi Jurnalis Perempuan di Era Digital.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Anggia Nasution, Lia (2022). "IDENTITAS DAN RELASI GENDER JURNALIS PEREMPUAN (Studi Jurnalis Perempuan Bergabung di Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dan Bekerja di Media Cetak dan Elektronik di Medan)". RECEIVER: Studi Ilmu Komunikasi dan Dakwah. 2 (1): 177–198. Diarsipkan dari versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2013-08-12. Diakses tanggal 2023-05-11.  line feed character di |title= pada posisi 47 (bantuan)
  2. ^ a b RM.ID. "Uni Lubis Kembali Terpilih Jadi Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia". https://rm.id/. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-13. Diakses tanggal 2023-05-11.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  3. ^ Redaksi (2022-03-06). "Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Lampung Dikukuhkan". NETIZENKU.COM. Diakses tanggal 2023-05-11.