Formasi Tanah Liat Kimmeridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tebing serpih di Formasi Tanah Liat Kimmeridge.

Formasi Tanah Liat Kimmeridge adalah formasi yang terletak di seluruh Eropa, dan terdiri dari deposit sedimen dari tanah liat.laut (yang menjadi sumber fosil) dan batu lumpur. Formasi ini terbentuk di atas batuan dari kala Jura Akhir, dimana kondisi Eropa Barat pada saat itu terendam air, sebagai hasil dari terbentuknya samudera Atlantik. Formasi ini adalah sumber nama dari subkala Kimmeridgium, yang dimulai pada 157.3 juta tahun lalu hingga 152.1 juta tahun lalu[1].

Batulumpur di formasi ini kaya akan materi organik. Oleh karena itu, secara ekonomi, unit batuan Tanah Liat Kimmeridge merupakan yang terpenting di Eropa, karena Formasi ini menjadi sumber minyak bumi di Laut Utara.

Nama formasi batuan ini diambil dari sebuah desa yang bernama Kimmeridge, di pesisir Dorset, Inggris Raya.

Fosil[sunting | sunting sumber]

Beberapa fosil yang ditemukan di Formasi ini mencakup spesies reptil seperti kura-kura, buaya, dinosaurus, pliosaurus, dan ikhtiosaurus. Selain itu, ditemukan juga beberapa spesies avertebrata seperti Gryphaea.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chambers, Martin 2000. The Upper Jurassic Kimmeridge Clay. Hull Geological Society [1] Diarsipkan 2008-09-25 di Wayback Machine.