Formasi Besi Berpita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formasi besi berpita di Taman Nasional Karijini, Australia Barat
Formasi besi berpita berusia 2.1 miliar tahun

Bentukan Besi Berpita (Bahasa Inggris: Banded iron formations, BIF) adalah jenis batuan khusus yang umum ditemukan di batuan sedimen Prakambrium.

Mereka terdiri dari lapisan tipis besi oksida yang berulang-ulang. Besi oksida ini dapat muncul dalam wujud baik dalam mineral magnetit (Fe3O4) atau hematit (Fe2O3). Lapisan-lapisan ini bergantian dengan pita-pita rijang dan serpih (shale) yang miskin besi.

Lapisan besi berpita ini adalah bagian dari beberapa formasi batuan tertua yang ditemukan, yang terbentuk sekitar 3.7 miliar tahun lalu (akhir eon Hadean). Lapisan-lapisan ini adalah fitur batuan umum selama sejarah awal Bumi.[1]

Hubungan dengan Oksigenasi Atmosfer[sunting | sunting sumber]

Tampilan jarak dekat dari spesimen formasi besi berpita dari Michigan. Bilah skala adalah 5,0 mm.

Pembentukan formasi ini sangatlah umum terjadi selama Peristiwa Oksigenasi Besar berlangsung, sekitar 2.4 miliar tahun lalu. Namun tingkat pembentukannya mulai menurun sejak 1.8 miliar tahun lalu.

Jumlah oksigen yang terperangkap di dasar lapisan ini diperkirakan 20 kali lipat jumlah oksigen di Atmosfer Bumi saat ini. Dasar Lapisan Besi Berpita adalah sumber bijih besi komersial yang penting.

Asal-usul[sunting | sunting sumber]

Formasi ini terbentuk di bawah laut, sebagai hasil dari oksigen yang dilepaskan oleh sianobakteri, yang menyatu dengan besi terlarut di lautan purba Bumi sehingga membentuk besi oksida yang tak terlarut. Setelah itu, mereka mulai mengendap, membentuk lapisan tipis substrat, yang mungkin merupakan lumpur anoksik (yang akhirnya membentuk rijang dan serpih).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Knoll, Andrew H. 2004. Life on a young planet: the first three billion years of evolution on Earth. Princeton, N.J. ISBN 0-691-12029-3