Ford Aerospace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ford Aerospace adalah divisi dirgantara dan pertahanan Ford Motor Company. Itu berbasis di Dearborn, Michigan dan aktif dari tahun 1956 (awalnya sebagai Philco dan kemudian Philco Ford) hingga tahun 1990, ketika dijual ke Loral Corporation. Divisi utama berlokasi di Palo Alto CA (Divisi Sistem Luar Angkasa), San Jose CA (Laboratorium Pengembangan Barat) dan Pantai Newport (Divisi Aeronutronic). Operasi lainnya berlokasi di sejumlah negara bagian lain di Amerika Serikat.[1][2][3][4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1956. Namanya diubah menjadi "Ford Aerospace and Communications Corporation" pada tahun 1976, dan kemudian menjadi "Ford Aerospace Corporation" pada tahun 1988.

Kampus Pusat Teknik dan Penelitian seluas 99 acre (40 ha) terletak di Jalan Jambore di Ford Road, menghadap Selat Santa Catalina di Samudra Pasifik di Pantai Newport. Rencana induk fasilitas dan bangunan utama dirancang oleh arsitek Modernis William Pereira pada tahun 1958. Operasi dipindahkan ke Pantai Newport pada tahun 1960.

Pada tahun 1960-an dan 1970-an, bisnis mengalami pertumbuhan pesat karena keberhasilan program rudal udara-ke-udara Sidewinder dan rudal permukaan-ke-udara Chaparral. Pada tahun 1970-an, sistem penargetan bom Pave Tack menjadi penyumbang pendapatan yang signifikan.

Perusahaan tersebut meliputi: Divisi Sistem Luar Angkasa (kemudian Space Systems/Loral) dan Western Development Labs (WDL) (kemudian Loral WDL, dan sekarang Lockheed Martin WDL) di Palo Alto, California dengan Aeronutronic (kemudian Space Systems/Loral) di Newport.

Produk[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]