Fobia ketakutan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

A. Fobia:Ketakutan

Fobia merupakan kondisi keterbatasan karena dorongan kecemasan dan ketakutan akan sesuatu. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat orang yang mengidapnya. Fobia dapat membatasi keberadaan ruang gerak seseorang melalui rasa cemas dan takut. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Itu sebabnya, pengidap tersebut sering dijadikan bulan bulanan oleh teman sekitarnya. Sedangkan Ketakutan merupakan reaksi tubuh karena suatu ancaman buruk. Takut dapat mempengaruhi psikologi seseorang terutama dalam hal fobia.

Ketakutan manusia menjadi sumber utama yang mendorong kemunculan fobia akan suatu objek. Fobia ketakutan dapat berupa objek nyata. sehingga memunculkan reaksi panik dan dapat menimbulkan rasa kekhawatiran terjadinya keadaan buruk yang tidak menyenangkan bagi seseorang.


Riset membuktikan bahwa ketakutan sebagai salah satu efek fobia dapat muncul kapan saja dalam kurun waktu tertentu. Penderita fobia yang mengalami atau merasa takut atau cemas dapat merasa tidak terhubung dengan kenyataan. Efek kognitif dari fobia termasuk pikiran tentang suatu yang berbahaya adalah ancaman yang ia rasakan. Contohnya fobia terhadap ulat bulu, fobia ketinggian dan hal lain yang dapat mengancam atau membuat seseorang tidak nyaman. Ketika ia tidak mampu lagi memikirkan tentang hal diluar itu sekalipun ingin memikirkan hal lain. Orang yang memiliki fobia terlalu memusatkan pikiran pada ketakutan akan suatu objek, sehingga pikirannya akan terbayang pada hal yang membuatnya merasa tidak nyaman akan hal tersebut. Selain itu, penyebab timbulnya fobia pada diri seseorang berasal dari pengalaman buruk yang pernah ia alami sebelumnya. Sehingga menimbulkan rasa ketakutan diluar kendalinya akan suatu objek. Sehingga fobia tidak disebabkan karena suatu objek. Melainkan fobia timbul dari dalam diri atau pikiran akan hal-hal buruk yang akan terjadi, dan bisa menyebabkan rasa takut dan cemas pada jiwa seseorang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suryaningrat, Rizal F. Aji, Wisnu M. "OPAC". Universitas Indonesia Library (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-06. Diakses tanggal 2020-03-05.