Flagellata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Flagellata" dari Ernst Haeckel's Kunstformen der Natur, 1904
Giardia lamblia
Alga hijau (Chlamydomonas)

Flagellata atau Mastigophora dalam taksonomi kuno merupakan salah satu kelas dalam filum protozoa atau protista yang mirip hewan, tetapi dalam taksonomi modern menjadi superkelas yang dibagi menjadi dua kelas: Phytomastigophorea dan Zoomastigophorea. Alat gerak Flagellata adalah flagellum atau cambuk getar, yang juga merupakan ciri khasnya, sehingga namanya disebut Flagellata (flagellum = cambuk).[1] Flagellata juga memiliki alat pernapasan yang disebut stigma. Stigma ini berfungsi sebagai alat respirasi yang dilakukan untuk pembakaran hidrogen yang terkandung di dalam kornel.

Beberapa jenis Flagellata bersifat parasit dan merugikan, contohnya genus Trypanosoma dan genus Trichomonas. Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodesiense merupakan parasit pada darah manusia dan dapat menyebabkan penyakit tidur yang mematikan. Di Afrika, penularan dilakukan melalui lalat Tse-tse (Glosina palpalis).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Flagellate | protozoan". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-29. Diakses tanggal 2020-11-27. 
  2. ^ "Lalat Tsetse, Serangga Penyebab Penyakit Tidur". Alodokter. 2020-01-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-13. Diakses tanggal 2020-11-27.