Fiverr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fiverr
Fiverr logo.svg
Jenis situs
Online marketplace, freelance marketplace, online outsourcing
BahasaEnglish, Spanish, French, Dutch, Portuguese
MarkasIsrael
Wilayah operasiWorldwide
PemilikFiverr International Limited
SektorFreelance marketplace, Online outsourcing, Service catalog
KomersialYes
Daftar akunRequired
Diluncurkan1 Februari 2010; 10 tahun lalu (2010-02-01)
StatusActive
Fiverr Logo.png

Fiverr adalah pasar online untuk layanan freelance. Didirikan pada 2010, perusahaan ini berbasis di Tel Aviv, Israel, dan menyediakan platform bagi freelancer untuk menawarkan layanan kepada pelanggan di seluruh dunia. Pada 2012, lebih dari tiga juta layanan terdaftar di Fiverr.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fiverr didirikan oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger, dan diluncurkan pada Februari 2010. Para pendiri memunculkan konsep pasar yang akan menyediakan platform dua sisi bagi orang untuk membeli dan menjual berbagai layanan digital yang biasanya ditawarkan oleh kontraktor lepas. Layanan yang ditawarkan di situs ini meliputi penulisan, terjemahan, desain grafis, pengeditan video dan pemrograman. Layanan Fiverr mulai dari US $ 5, dan dapat mencapai hingga ribuan dolar dengan Gig Extras. Setiap layanan yang ditawarkan disebut "Gig".

Situs web ini diluncurkan pada awal 2010 dan pada 2012 menjadi tuan rumah lebih dari 1,3 juta Gigs. Volume transaksi situs web telah tumbuh 600% sejak 2011. Selain itu, Fiverr telah menempati peringkat di antara 100 situs paling populer di Amerika Serikat dan 200 teratas di dunia sejak awal 2013.

Pada 1 Juni 2010, Fiverr menerima investasi awal US $ 1 juta dari Guy Gamzu dan investor lainnya, dan pada Mei 2012, Fiverr mendapatkan US $ 15 juta dalam pendanaan dari Accel Partners dan Bessemer Venture Partners, sehingga total pendanaan perusahaan ke AS $ 20 juta.

Pada Desember 2013, Fiverr merilis aplikasi iOS mereka di Apple App Store dan pada Maret 2014, Fiverr merilis aplikasi Android mereka di Google Play Store.

Selama Agustus 2014, Fiverr mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan US $ 30 juta dalam putaran pendanaan Seri C dari Bessemer Venture Partners, Accel (sebelumnya dikenal sebagai Accel Partners) dan investor lainnya. Putaran ini membawa total dana mereka hingga saat ini menjadi US $ 50 juta.

Pada Oktober 2015, Amazon.com memulai tindakan hukum terhadap 1.114 penjual Fiverr yang diklaimnya memberikan ulasan palsu pada versi AS dari situs webnya. Fiverr tidak membantah tuduhan Amazon dan menyatakan: "Seperti yang dicatat Amazon, kami telah bekerja sama secara erat untuk menghapus layanan yang melanggar persyaratan penggunaan kami, dan segera menanggapi setiap laporan konten yang tidak pantas."

Pada November 2015, Fiverr mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan US $ 60 juta dalam putaran pendanaan Seri D, yang dipimpin oleh Square Peg Capital. Putaran ini membawa total dana mereka hingga $ 110 juta. Pada saat yang sama, perusahaan mengumumkan bahwa mereka memperluas pasar untuk memungkinkan penjual kemampuan untuk menentukan harga layanan yang diproduksi, yang dikenal sebagai Gigs, dengan harga di atas harga asli US $ 5.

Akuisisi[sunting | sunting sumber]

VeedMe

Pada 2017, Fiverr mengakuisisi pasar online pembuatan video VeedMe.

AND CO

Pada Januari 2018, AND CO, pembuat perangkat lunak untuk freelancer, diakuisisi oleh Fiverr. CEO Micha Kaufman mengatakan pada waktu itu bahwa banyak kemampuan AND CO, seperti faktur, "dimasukkan ke dalam" pasar Fiverr, tetapi "sebagian besar freelancing sedang offline" —dan Fiverr ingin memungkinkan hubungan offline itu.

ClearVoice

Pada bulan Februari 2019, Fiverr mengakuisisi platform pemasaran konten berbasis langganan premium, ClearVoice. Didirikan pada tahun 2014 oleh Jay Swansson dan Joe Griffin, ClearVoice adalah perusahaan yang didukung oleh perusahaan yang berkantor pusat di Phoenix, Arizona. Menambahkan ClearVoice ke portofolio perusahaan memungkinkan Fiverr dengan mudah dan konsisten memberikan layanan bagi para profesional independen maupun bisnis yang lebih besar.

GIGS[sunting | sunting sumber]

Fiverr berfungsi untuk memungkinkan freelancer untuk mendaftarkan dan melamar pekerjaan kecil yang dinamakan gigs, online. Pekerjaan yang terdaftar beragam dan berkisar dari "dapatkan kartu bisnis yang dirancang dengan baik" hingga "bantuan dengan HTML, JavaScript, CSS, dan jQuery". Fiverr adalah perusahaan yang dibangun berdasarkan model daftar posisi kerja sementara. Pekerja lepas bekerja di berbagai tempat kerja, mulai dari rumah hingga kantor.

Demografi pengguna[sunting | sunting sumber]

Pasar Fiverr didominasi oleh orang dewasa muda (hanya 2% dari penjual berusia di atas 55); perusahaan telah menyatakan bahwa tingkat penjual berusia 55-64 tumbuh 375% pada akhir kuartal kedua 2015, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Fiverr telah menerima kritik karena mengiklankan layanan grafis yang sangat murah. Pada akhir 2014, iklan halaman Facebook Fiverr yang mengatakan "Anda membayar terlalu banyak untuk desain" menyebabkan kemarahan publik.

Pada 2013, Fiverr menaikkan harga dasar lima dolar dan mulai mengizinkan desainer logo, seniman grafis, pengisi suara artis dan penjual lainnya untuk membebankan harga dasar yang mereka tetapkan sendiri.

Pada tahun 2017, Fiverr mendapat kecaman karena menggambarkan kehidupan yang tidak sehat dan ekses dalam perilaku kerja sebagai cita-cita yang harus dijalani.

Pada tahun 2018, Fiverr menerima peringkat "F" dari Better Business Bureau, yang merupakan peringkat terendah yang dapat diberikan.