Folio Pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari First Folio)
Mr. William Shakespeares Comedies, Histories, & Tragedies
Halaman judul edisi pertama (1623).
PengarangWilliam Shakespeare
Perancang sampulMartin Droeshout
NegaraInggris
BahasaBahasa Inggris Modern Awal
GenreTeater Renaisans Inggris
PenerbitEdward Blount dan William and Isaac Jaggard
Tanggal terbit
Akhir 1623
Halaman900

Mr. William Shakespeares Comedies, Histories, & Tragedies adalah buku kumpulan drama William Shakespeare yang diterbitkan pada tahun 1623. Pakar modern umumnya menyebutnya sebagai First Folio (Folio Pertama).[1]

Dicetak dalam format folio dan memuat 36 drama (lihat daftar drama Shakespeare), buku ini disusun oleh kolega Shakespeare, John Heminges dan Henry Condell. Kumpulan drama ini dipersembahkan untuk "pasangan saudara yang tak tertandingi" William Herbert, Earl ke-3 Pembroke dan adiknya Philip Herbert, Earl Montgomery (kelak Earl ke-4 Pembroke).

Meskipun delapan belas drama Shakespeare telah diterbitkan dalam format kuarto sebelum tahun 1623, First Folio dianggap sebagai satu-satunya sumber yang dapat diandalkan yang memuat dua puluh drama karya Shakespeare, dan bahkan menjadi rujukan berharga bagi karya-karya yang diterbitkan sebelumnya. Folio ini memuat seluruh drama yang secara umum dianggap ditulis oleh Shakespeare, dengan pengecualian Pericles, Prince of Tyre, The Two Noble Kinsmen, dan dua "drama hilang", Cardenio dan Love's Labour's Won.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Secara umum, istilah "first folio" digunakan dalam konteks lainnya, misalnya koleksi folio pertama karya-karya Ben Jonson (1616), atau koleksi folio pertama drama kanon Beaumont dan Fletcher (1647).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]