Filofobia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Filofobia (dari bahasa Yunani φίλος - Filos, "tercinta, mencintai" dan φόβος - phobos, "takut"[1]) adalah takut jatuh cinta dan menjalin cinta. Risiko ini biasanya muncul ketika seseorang pernah dihadapkan pada gejolak emosional yang berhubungan dengan cinta pada masa lalu tetapi juga bisa menjadi fobia kronis.[2][3]

Filofobia didefinisikan sebagai ketakutan abnormal, ajeg dan tidak beralasan untuk jatuh cinta. Hal ini mempengaruhi kualitas hidup dan menjauhkan seseorang dari komitmen. Hal ini paling umum pada wanita dibandingkan dengan laki-laki karena mereka diberitahu untuk tidak mengejar cinta dan bahwa orang-orang yang mengejar cinta akan bernasib buruk; untuk itu perjodohan dan atau kawin paksa diatur oleh keluarga dan atau masyarakat, yang mengatakan bahwa pasangan pilihan sendiri tidaklah cukup baik bagi mereka; mereka harus menikahi sosok yang telah dipilihkan bagi mereka; mereka biasanya ditekan untuk memiliki hubungan dan pernikahan yang baik.

Hal ini memicu berbagai gejala yang dapat menggabungkan sekresi keringat, denyut jantung tidak teratur, sesak napas, ketakutan, mual dan perasaan gelisah. Aspek terburuk takut jatuh cinta dan menjalin cinta adalah bahwa hal itu membuat seseorang terasing. Hal ini juga dapat berkembang dari keyakinan agama dan budaya yang melarang cinta.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, dalam Perseus
  2. ^ "Philophobia. Do You Suffer From Philophobia?".
  3. ^ "Philophobia — The Fear of Love".

Pranala luar[sunting | sunting sumber]