Festival budaya (Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Festival sekolah di SMA di Kagoshima

Festival budaya (文化祭, Bunkasai) di Jepang adalah acara tahunan gelar griya yang diadakan oleh sebagian besar sekolah, dari prasekolah hingga universitas di mana siswa mereka menampilkan prestasi artistik mereka.[1] Orang-orang yang ingin masuk sekolah sendiri atau yang tertarik dengan sekolah tersebut dapat datang untuk melihat seperti apa pekerjaan dan suasana sekolah tersebut. Orang tua mungkin juga ingin melihat pekerjaan seperti apa yang telah dilakukan anak-anak mereka. Festival biasanya terbuka untuk umum, terutama di sekolah menengah dan universitas.

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Festival SMA. Sekolah yang akan menjadi lokasi akan didekorasi dengan berbagai cara dan akan menjadi ruang festival.
Pameran kreatif pertama diadakan di Tōkyō Furitsu Daigo Junior High School (difoto tahun 1920). Itu terbuka untuk umum dan ramai dengan banyak pengunjung karena kelangkaannya.

Semula festival sekolah merupakan kurikulum formal pada pendidikan dasar dan menengah,[2] dan wajib diikuti oleh anak-anak dan pelajar. Tanggal dan waktu acara serta tanggal dan waktu persiapan dicantumkan dalam "jumlah hari yang harus hadir" dan "jumlah jam pelajaran" dalam program studi.

Oleh karena itu, dalam hal ini maknanya berbeda dengan festival sekolah yang diadakan di universitas (festival universitas, dan lain-lain).

Pada festival sekolah, kegiatan kreatif, presentasi teater, dan stan makanan terutama diadakan untuk setiap kelas.[3] Namun, jika jumlah siswa per kelas sedikit, dapat dilakukan per angkatan.

Di taman kanak-kanak dan sekolah dasar kelas bawah, ada kecenderungan untuk lakon dan lagu (ada beberapa chorus), dan dari sekolah dasar kelas atas hingga lulus sekolah menengah pertama banyak chorus dan ensemble. Selain itu, di atas sekolah menengah, penjualan barang dan pameran adalah acara utama.

Jika fokus utamanya adalah hasil belajar dan presentasi teatrikal, maka namanya sering disebut festival seni sekolah (学芸会, Gakugeikai) dan pameran pembelajaran (学習発表会, Gakushū-happyō-kai) di pendidikan dasar seperti sekolah dasar. Juga, dalam pendidikan prasekolah seperti taman kanak-kanak dan pendidikan anak usia dini, sering disebut pameran kehidupan sehari-hari (生活発表会, Seikatsu-happyō-kai).

Nama festival budaya tertentu bergantung pada masing-masing sekolah.

Sekolah Nama dalam bahasa Jepang Terjemahan
Prasekolah Seikatsu-happyō-kai (生活発表会) Pameran kehidupan sehari-hari
Taman kanak-kanak Seikatsu-happyō-kai (生活発表会) Pameran kehidupan sehari-hari
Sekolah dasar Gakugei-kai (学芸会)
Gakushū-happyō-kai (学習発表会)
Pameran seni sastra
Pameran pembelajaran
Sekolah menengah pertama Bunka-sai (文化祭) Festival budaya
Sekolah menengah atas Bunka-sai (文化祭) Festival budaya

Banyak sekolah mengadakan festival sekolah setahun sekali, dan festival sekolah dijalankan terutama oleh organisasi seperti "Komite Eksekutif Festival Sekolah" yang didirikan di bawah dewan siswa sekolah dasar dan Organisasi Siswa Intra Sekolah. Beberapa sekolah mengadakannya setiap dua atau tiga tahun sekali, misalnya karena bergantian dengan acara lainnya.

Festival budaya adalah acara yang menyenangkan, untuk menyukseskan festival sekolah bagi kanak-kanak, anak-anak, pelajar dan mahasiswa, dapat bekerja sama dengan rekan, ini adalah acara dengan rasa pencapaian yang kuat. Pada saat yang sama, ini adalah kesempatan untuk memahami karakteristik sekolah.

Dalam hal paduan suara atau ansambel, dapat diberi peringkat menurut "pengerjaan yang baik" dan "kerjasama dengan teman", dan dalam hal hiburan, dapat diberi peringkat menurut "penjualan" dan "suara dari pelanggan".

Festival sekolah juga memiliki makna mempererat ikatan antara sekolah dan masyarakat lokal dan berkontribusi pada kehidupan masyarakat yang makmur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Festival sekolah tertua di Jepang adalah Pameran Publik Kreatif (創作展覧会) (saat ini Pameran Kreatif (創作展)) yang diadakan di Tōkyō Furitsu Daigo Junior High School (saat ini Koishikawa Secondary Education School) pada tahun 1921. Choshichi Ito, seorang pendidik liberal Taisho, menginspirasi pelajar untuk berkreasi, bertujuan untuk merangsang motivasi pelajar dalam berkreasi dan menciptakan kesempatan untuk memamerkan karya kreatifnya. Karena ini adalah inisiatif pertama di Jepang pada waktu itu, itu banyak ditampilkan di surat kabar dan menarik lebih dari 3.000 pengunjung.

Setelah Perang Pasifik, sekitar tahun 1948, ketika sekolah menengah baru didirikan, festival budaya yang berpusat pada kegiatan klub dan sukarelawan pelajar mulai diadakan. Pada tahun 1960-an, gaya festival sekolah yang menawarkan persembahan berbasis kelas yang sama seperti sekarang ini menjadi gaya.

Isi[sunting | sunting sumber]

  • Pameran karya, tarian, konser, pertunjukan, dan lain-lain akan diadakan oleh masing-masing kelas, kelompok kegiatan klub, dan pelajar aktif sukarela lainnya.
  • Ruang kelas dan gimnasium dapat diubah menjadi ruang makan dan kissaten sementara untuk menyajikan makanan.
  • Ada juga bagian para orang terkenal diundang sebagai guru untuk memberi pelajaran dan pemusik menggelar konser.
  • Di festival sekolah pendidikan luar biasa, ada juga tempat di mana penjualan spot produk diadakan oleh lokakarya kesejahteraan.

Periode[sunting | sunting sumber]

Ini sering diadakan pada musim gugur dan sering diperlakukan secara saijiki (dikatakan sebagai inti dari "Musim Gugur Seni" bersama dengan pameran seni dan konser selama periode ini).

Secara tradisional, sebagian besar sekolah mengadakan festival pada atau sekitar Hari Budaya (3 November), hari libur nasional Jepang.[4] Biasanya diadakan pada hari Sabtu atau Minggu; kadang-kadang bahkan keduanya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rohlen, Thomas P. (1983). Japan's High SchoolsPerlu mendaftar (gratis). University of California Press. hlm. 162. ISBN 978-0-520-04863-8. Diakses tanggal 2009-01-28. 
  2. ^ Kedudukan hukum "acara budaya" dalam program studi di sekolah adalah sebagai "acara sekolah" dalam lingkup kegiatan khusus, yang bertujuan untuk "mengumumkan hasil kegiatan belajar rutin, semakin meningkatkan motivasi ke arah yang lebih baik, dan melaksanakan kegiatan yang mendekatkan peserta didik kepada budaya dan seni".
  3. ^ 中国人には不思議、日本の学校の「文化祭」 Diarsipkan 2021-09-01 di Wayback Machine. 2016年2月4日 サーチナ
  4. ^ "School life 学校生活". A Taste of Languages at School (ATLAS). University College London. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-17. Diakses tanggal 2011-11-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]