Fermi Gamma-ray Space Telescope

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fermi Gamma-ray Space Telescope (FGST), sebelumnya disebut Gamma-ray Large Area Space Telescope (GLAST), adalah observatorium ruang yang digunakan untuk melakukan pengamatan astronomi sinar gamma dari orbit Bumi rendah. Instrumen utamanya adalah Large Area Telescope (LAT), dengan yang astronom sebagian besar berniat untuk melakukan survei ke-langit mempelajari fenomena astrofisika dan kosmologi seperti inti galaksi aktif, pulsar, sumber energi tinggi lainnya dan materi gelap. Instrumen lain kapal Fermi, Gamma-ray Burst Monitor (GBM, sebelumnya GLAST Burst Monitor), digunakan untuk mempelajari ledakan sinar gamma.

Fermi diluncurkan pada tanggal 11 Juni 2008 jam 16:05 GMT roket kapal Delta II 7920-H. Misi merupakan perusahaan patungan dari NASA, Amerika Serikat Departemen Energi, dan instansi pemerintah di Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Swedia.

X-ray/gamma-ray bubbles of Earth's Galaxy, the Milky Way. (Art)
Using data from NASA's Fermi Gamma-ray Space Telescope, scientists have discovered a gigantic, mysterious structure in our galaxy. This never-before-seen feature looks like a pair of bubbles extending above and below our galaxy's center.

Referensi[sunting | sunting sumber]