Ferenc Gyurcsány

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Ferenc Gyurcsany)
Ferenc Gyurcsány
Perdana Menteri Republik Hungaria ke-6
Masa jabatan
29 September 2004 – 14 April 2009
PresidenFerenc Mádl
László Sólyom
Menteri Pemuda dan Olahraga Hungaria
Masa jabatan
18 Mei 2003 – 3 Oktober 2004
Perdana MenteriPéter Medgyessy
Sebelum
Pengganti
Jabatan dihapuskan
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir4 Juni 1961 (umur 62)
Pápa, Hungaria
Partai politikMSZP
Suami/istriKlára Dobrev
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Ferenc Gyurcsány (diucapkan [ˈfɛrɛnts ˈɟurtʃaːɲ]); lahir 4 Juni 1961) adalah politisi Hungaria. Ia menjabat Perdana Menteri Republik Hungaria ke-6 pada periode 2004-2009. Ia dinominasikan pada jabatan itu pada 25 Agustus 2004 oleh Partai Sosialis Hungaria setelah Péter Medgyessy mengundurkan diri karena konflik dengan mitra koalisinya. Ia menjabat perdana menteri pada 29 September 2004 dengan 197 suara "Ya", 12 suara "Tidak", sementara oposisi yang terbesar di parlemen tidak memberikan suara.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Gyurcsány dilahirkan di Pápa, Hungaria barat, dalam sebuah keluarga miskin. Ia belajar sebagai guru (1980-1984) di Sekolah Pendidikan Guru Pécs, Janus Pannonius University of Sciences dan kemudian ekonomi (1984-1990) Fakultas Ekonomi Pécs, Janus Pannonius University of Sciences. Ia fasih ber-bahasa Inggris tingkat lanjut.

Ia mulai berkecimpung dalam politik di KISZ (Aliansi Pemuda Komunis) dan Juru Tulis di Komite Kota Pécs (1984-1988). Kemudian ia menjadi wakil presiden dari pengganti Aliansi itu, yaitu DEMISZ (Perhimpunan Pemuda Demokratik Hungaria). Setelah 1990 ia tidak melanjutkan kegiatan politiknya, melainkan berkecimpung dalam dunia bisnis. Ia menjadi konsultan CREDITUM Financial Consultant Ltd. (1990-1992) dan Direktur EUROCORP International Financial Inc. pada 1992. Pada periode 1992-2002, ia menjabat CEO pada ALTUS Investment and Assets Management Inc. ALTUS Ltd.[pranala nonaktif permanen]. Sebagai seorang wiraswastawan, ia menjadi orang ke-50 terkaya di Hungaria.

Ia kembali ke dunia politik pada 2002 sebagai penasihat strategis Péter Medgyessy, yang saat itu menjabat Perdana Menteri. Ia diangkat menjadi menteri untuk urusan olahraga, pemuda, dan anak-anak pada 2003. Di bawah kepemimpinannya, Hungaria mengalami skandal doping atletik yang terkenal pada Olimpiade Musim Panas 2004 di Atena. Ia menjadi presiden MSZP di wilayah Győr-Moson-Sopron pada Januari 2004. Pada musim panas tahun yang sama, hubungannya dengan Medgyessy mengalami masalah besar. Menurut desas-desus, Perdana Menteri kuatir bahwa Gyurcsány menjadi saingan bagi kedudukannya. Karena itu Gyurcsány mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri. Namun dalam seminggu segalanya berubah: Medgyessy mengundurkan diri, dan Gyurcsány diangkat menjadi Perdana Menteri Hungaria.

Dari dua pernikahannya ia mendapatkan empat anak: yakni Péter (1988), Bálint (1990), dari pernikahannya yang pertama, dan Anna (1996), dan Tamás (1997) dari pernikahannya sekarang. Istrinya adalah Klára Dobrev, seorang pengacara, yang juga mengajar di Universitas Budapest (ELTE).

Opini[sunting | sunting sumber]

Pihaknya[sunting | sunting sumber]

Ferenc Gyurcsány

Pihak lawan[sunting | sunting sumber]

  • Bicara Gyurcsány sangat berubah-ubah dan, menurut lawan-lawannya, hal itu mengalienasikan rakyat biasa.
  • Asal usul kekayaannya terus-menerus dipertanyakan oleh kelompok kanan.
  • Orang yang bernama "Gyurcsanyi" pernah disebutkan oleh Attila Kulcsár, tertuduh utama dalam skandal pencucian uang terkenal di Hungaria, "K&H Equities". Perdana Menteri menyangkal bahwa ia terkait dengan kasus ini.
  • Pidato rahasianya di Őszöd yang bocor ke publik memicu demonstrasi dan merusak citra Partai Sosialis

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
György Jánosi
Menteri Pemuda dan Olahraga Hungaria
2003 – 2004
Diteruskan oleh:
Jabatan dihapuskan
Didahului oleh:
Péter Medgyessy
Perdana Menteri Hungaria
2004 – 2009
Diteruskan oleh:
Gordon Bajnai
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
István Hiller
Ketua Partai Sosialis Hungaria
2007 – 2009
Diteruskan oleh:
Ildikó Lendvai