Ferdinand Karl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adipati Agung Ferdinand Karl Joseph (litografi oleh Joseph Kriehuber, 1841).

Adipati Agung Ferdinand Karl Joseph dari Austria-Este (25 April 1781 – 5 November 1850) merupakan putra ketiga Adipati Agung Ferdinand dari Austria-Este dan istrinya Putri Maria Beatrice Ricciarda d'este, anggota terakhir dan ahli waris Wangsa Este. Untuk sebagian besar Peperangan Napoleon dia memimpin tentara Austria.

Ferdinand lahir di Milan. Dia menghadiri akademi militer di Wiener Neustadt sebelum memulai karier militer. Pada tahun 1805 dalam perang Koalisi Ketiga melawan Prancis, Ferdinand adalah panglima tertinggi pasukan Austria dengan Jenderal Karl Freiherr Mack von Leiberich sebagai Jenderal Quartiermeister. Pada bulan Oktober tentaranya dikepung di Ulm. Jenderak Mack menyerah, tapi Ferdinand berhasil melarikan diri dengan 2000 kavaleri ke Bohemia. Di sana ia mengambil alih komando pasukan Austria dan mengangkat milisi setempat. Dengan total 9.000 pria yang ditugaskan ke Iglau untuk mengalihkan perhatian dari gerakan Koalisi. Dia berhasil memegang divisi Bayern Pangeran Karl Philipp von Wrede di Iglau dengan demikian mencegahnya bergabung dengan Pertempuran Austerlitz.

Pada tahun 1809 dalam perang koalisi Kelima melawan Prancis, Ferdinand memimpin tentara Austria yang terdiri dari 36.000 orang. Pada bulan April ia menyerbu Kadipaten Warsawa dengan harapan dapat mendorong pemberontakan setempat melawan Napoleon (lihat Perang Polandia–Austria). Tapi orang-orang Polandia bersatu dengan Pangeran Józef Antoni Poniatowski. Ferdinand dikalahkan saat Pertempuran Raszyn, namun berhasil menduduki Warsawa. Namun pada bulan Juni, Ferdinand dipaksa menarik diri dari Warsawa, dan juga untuk menyerahkan Kraków dan Galicia .

Pada tahun 1815 dalam perang Seratus Hari melawan Prancis, Ferdinand memimpin dua divisi dari Cadangan Austria. Tahun berikutnya ia diangkat sebagai komandan militer di Hongaria.

Pada tahun 1830 Ferdinand diangkat sebagai gubernur militer dan sipil Galisia, tinggal di Lviv. Setelah Revolusi 1848 ia tinggal sebagian besar di Italia.

Ferdinand tidak pernah menikah. Pada tahun 1850 ia meninggal di Schloss Ebenzweier di Altmünster dekat Gmunden, Austria.

Referensi[sunting | sunting sumber]