Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formasi logo.jpg

FORMASI (singkatan dari Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia) adalah sebuah organisasi nirlaba yang mewadahi semua pemancing di Indonesia.

Sejarah Formasi[sunting | sunting sumber]

Keberadaan FORMASI dimulai sejak awal tahun 1993 dicetuskan oleh 18 orang pendiri pemancing sebagai berikut: Adiwarsita Adinegoro, Ir., Adiguna Sutowo, Ali Aljufri, Awin Mawardi, Chepot H. Wiano, D.J. Pamoedji, Dadi Kartahadimadja Ing., Dali Sofari, Irma Hutabarat, Japto S. Soerjosoermarno, SH, Kiki Adjie, Nursasongko Anwar, Ir., Pudjo Basuki, MBA, Pontjo Sutowo, Sofri Bahar, Ir., Sumendap (Alm.), Yahuda Tirtadihardja, Yuwono Kolopaking, DR. Ir.

Semula FORMASI adalah singkatan singkatan dari Federasi Organisasi Mancing Seluruh Indonesia di mana anggota-anggotanya adalah klub-klub mancing yang bergabung.

Sehubungan anggota FORMASI lebih banyak terdiri dari perorangan daripada klub, maka pada rapat tahunan 1996, maka Federasi Organisasi Mancing Seluruh Indonesia (FORMASI) berubah nama menjadi Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia, tetapi tetap mempertahankan singkatannya FORMASI dan Bapak Pontjo Sutowo terpilih sebagai Ketua Umum pertama.

Namun baru pada Tahun Bahari 1996 Formasi dapat menuntaskan Penyusunan Anggaran Dasar maupun Anggaran Rumah Tangga-nya serta Pengukuhan Akta Pendirian oleh Notaris Ny. Etief Moesa Soetjipto, SH pada tanggal 8 Mei 1996 di Jakarta.

Dengan Demikian resmilah suatu pendirian dan legalitas FORMASI, untuk mendapatkan pengakuan dari pihak pemerintah, maka pengurus FORMASI telah melaksanakan audiensi dan meminta untuk menjadi Pembina ke beberapa Menteri pada saat itu.

Walaupun FORMASI (Federasi Olahraga Mancing Seluruh Indonesia) sudah cukup lama berdiri dan melakukan berbagai kegiatan tetapi supaya dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas Indonesia, FORMASI merasa perlu untuk mengadakan "Official Launching" di mana peresmian pendirian FORMASI ini telah dilakukan bersama oleh Menpora pada waktu itu yaitu Bapak Hayono Isman dan Menparpostel Bapak Joop Ave, pada hari Senin, tanggal 3 Maret 1997 di Balairung Sapta Pesona Dep. Parpostel, Jl. Merdeka Barat No.17 Jakarta Pusat.

FORMASI telah mendaftarkan dan diterima sebagai anggota seumur hidup International Game Fish Association (IGFA). Dengan demikian semua peraturan mancing FORMASI memacu kepada peraturan internasional yang dikeluarkan IGFA.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]