Lompat ke isi

Faro del Comercio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Faro del Comercio adalah sebuah monumen yang dirancang oleh artikel Meksiko yang ulung. arsitek Luis Barragán dan dibangun pada tahun 1984 oleh arsitek Raúl Ferrera. Ini adalah pemandangan yang dapat dikenali di Monterrey di antara banyak landmark buatan manusia modern lainnya, seperti Air Mancur Neptunus (Fuente de la Vida), Balai Kota Monterrey, Jembatan Kepausan (El Puente del Papa), dan Jembatan Kesatuan (Puente de la Unidad) di San Pedro, yang menghubungkan kotamadya tersebut dengan Monterrey. Situs-situs ini dimaksudkan di satu sisi untuk melengkapi beberapa landmark tradisional yang tersisa di kota ini, seperti Istana Keuskupan (Palacio del Obispado) dan Museum, Katedral Kota (Katedral Metropolitan Metropolitan de Nuestra Señora de Monterrey), Kantor Pos Pusat (Balai Kota Monterrey yang lama), dan gedung Pemerintah Negara Bagian Nuevo León, di ujung utara Macroplaza. Di sisi lain, bangunan-bangunan tersebut juga dimaksudkan untuk memproyeksikan citra kota yang membanggakan diri sebagai kota industri besar yang paling progresif di Meksiko.

Foto Faro del Comercio dan Katedral Monterrey di sebelah kanan.

El Faro del Comercio dibangun untuk memperingati berdirinya Kamar Dagang Monterrey pada ulang tahun ke-100 tahun. Terletak di dekat ujung selatan Macroplaza yang menghadap ke Katedral Kota dan di belakang Balai Kota Monterrey yang baru. El Faro del Comercio memiliki tinggi 69,80 meter dan lebar 12,33 meter. Warnanya yang jingga kemerahan cerah menarik perhatian saat mengunjungi Macroplaza, taman pusat kota Monterrey.

Pada malam hari, tengara ini sering memancarkan lampu sorot hijau yang berputar yang mengganggu langit malam kota dengan sorotannya dalam siklus yang agak acak di Area Metropolitan Monterrey. Baru-baru ini (2007), banyak lampu sorot putih besar yang memantul dari Museum Sejarah Meksiko di dekatnya dan Santa Lucia Riverwalk, dan di sekitar Bishopric Hill di mana pada tahun 2005 bendera Meksiko terbesar dipasang (Banderas monumentales) dan dikibarkan pada malam hari, serta dari reflektor berdaya tinggi di banyak tempat komersial, berbenturan secara acak di langit, terlihat dari sebagian besar lokasi di Monterrey dan sekitarnya.

Setelah gagal atau "tidak berfungsi" selama beberapa tahun karena mekanisme laser teknis yang tidak praktis yang dimaksudkan untuk memiliki tiga laser berwarna dan dampak visual yang jauh lebih besar pada langit gelap di daerah sekitarnya, beberapa mekanisme asli diselamatkan dan sebagian diganti serta didesain ulang untuk memiliki kemampuan operasional dengan warna hijau. Desain ulang ini cukup berhasil karena warna hijau adalah warna yang paling sensitif bagi mata dan memungkinkan persepsi lebih banyak cahaya untuk keterbatasan daya. Namun demikian, desain baru ini masih jauh dari klaim awal untuk konstruksi. Strukturnya dicat ulang setelah renovasi laser dan diresmikan kembali pada perayaan Hari Kemerdekaan ke-196 Perayaan ulang tahun pada tanggal 16 September 2006.

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]