Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora
Universitas Sebelas Maret Surakarta
FISIP UNS
Signature Fisip UNS

Signature FISIP UNS[1]
JenisPerguruan tinggi negeri BLU
Didirikan1976
Lokasi, ,
AlamatJl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Kecamatan Jebres, Jebres, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126, Kampus UNS Kentingan
Warna 
Situs webwww.fisip.uns.ac.id

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP-UNS) adalah salah satu dari 10 fakultas di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Fakultas ini didirikan pada tahun 1976, bersamaan dengan diresmikan berdirinya Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret yang dikukuhkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor: 10 Tahun 1976.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada saat berdiri nama FISIP-UNS adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Administrasi Negara dan Jurusan Publisistik. Baru pada tahun 1982, berdasarkan SK Presiden RI Nomor: 55 Tahun 1982 tentang “Susunan Organisasi Universitas Sebelas Maret”, nama Fakultas diubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP-UNS). Kemudian berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor: 017/0/1983, tertanggal 14 Maret 1983 nama Jurusan juga berubah, menjadi Jurusan Ilmu Administrasi dan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Berkas:Peta fisip.jpg
Peta lokasi FISIP-UNS

Dengan keluarnya SK Mendikbud RI Nomor: 055/0/1983 tanggal 8 Desember 1983 tentang “Jenis dan Jumlah Jurusan pada Fakultas di Lingkungan Universitas Sebelas Maret”, FISIP-UNS menambah satu Jurusan baru, yaitu Jurusan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Jurusan ini khusus melayani Mata Kuliah Dasar Umum di semua Program Studi (Prodi) di lingkungan Universitas Sebelas Maret dan berada di bawah tim MKDU Universitas Sebelas Maret.

Berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI (SK Dirjen Dikti Depdikbud) Nomor: 27/Dikti/Kep./1986 tanggal 29 Mei 1986, di FISIP-UNS dibentuk Program Studi Sosiologi yang mengawali programnya pada semester Juli-Desember 1986.

Kemudian dengan SK Dirjen Dikti Nomor: 66/Dikti/Kep./1998, tanggal 2 Maret 1998 Program Studi Sosiologi menjadi Jurusan Sosiologi yang merupakan Program Sarjana (S1) dan berada dibawah Dekan.

Kemudian Jenis dan jumlah Prodi di setiap Jurusan pada Fakultas-Fakultas di lingkungan UNS juga ditata/dibakukan berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI Nomor: 222/Dikti/Kep./1996 tentang “Program Studi pada Program Sarjana di Lingkungan Universitas Sebelas Maret”. Prodi untuk Jurusan Ilmu Administrasi dan Jurusan Ilmu Komunikasi masing-masing adalah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Informasi Umum
JenjangDiploma, S1, S2, S3
Jalur MasukSNMPTN, SBMPTN, PMDK UNS, UMB, SM UNS, SPMB Transfer S1, SPMB S2 dan S3
Departemen
Jenjang S1
Jenjang S2
Jenjang S3

Berikut ini adalah daftar program studi FISIP-UNS

Program Studi S1

  1. Ilmu Komunikasi
  2. Sosiologi
  3. Ilmu Administrasi Negara
  4. Hubungan Internasional

Program Studi S2

  1. Ilmu Komunikasi
  2. Ilmu Administrasi Negara
  3. Sosiologi

Program Studi S3

  1. Ilmu Komunikasi

Keunggulan[sunting | sunting sumber]

Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada Pembangunan Manusia Berdaya Saing Global Berbasis Local Wisdom.

Keungggulan dalam pendidikan dan kemahasiswaan dilakukan melalui penyediaan tempat-tempat diskusi di taman terbuka, public space beserta jaringan hotspot. Selain itu, telah dilakukan penambahan kuantitas dan kualitas perangkat laboratorium, salah satunya ketersediaan laboratorium TV standar TV broadcast dengan full HD support. Telah berkembang beberapa UKM dengan prestasi nasional seperti Kine Club (organaisasi pecinta film dan apresiasi), FFC (Fisip Fotografi Club), serta dikembangkan mata kuliah spesialisasi (misal Public Relation dengan spesialisasi Periklanan, Video, Jurnalistik, dan Radio) dimana mahasiswa bisa mengambil 3 spesialisasi yang memudahkan mereka terserap ke dunia kerja. Telah dikembangkan pula prodi Perpustakaan. Lulusan fisip dikenal dengan keunggulan nilai-nilai leadership melalui berbagai pelatihan HMJ, UKM, Faka dll. Laboratorium yang ada sangat potensial untuk kegiatan layanan laur kampus dalam rangka peningkatan revenue generating seperti prodiksi alat peraga pembelajaran, company profile, karya dokumentasi dan video lain.

Pada prodi Ilmu Administrasi Negara telah dikembanagkan laboratorium bernama Laboratory for Governance Reform dengan fokus utama melakukan pendampingan kepakaran dalam penyusunan Policy Brief maupun riset kebijakan. Pada prodi Hubungan Internasional telah dikembangkan Soft Power Diplomacy, salah satunya menggunakan media wayang.

Komunikasi terapan, dengan kurikulum terpadu untuk tiga peminatan: broadcasting, Humas, Iklan). Memiliki laboratorium audio visual, audio, fotografi dan editing yang lengkap dan memadai. Didukung kegiatan magag dg industry dan magang.: produksi company profile dan Film pendek untuk kepentingan pendidikan dan promosi. Prodi MA: mengembangkan administrasi urusan kantor dan saat ini mengembangkan keunggulan dalam administrasi eksport import yang didukung dg bidang kearsipan manual maupun otomatis. Untuk mendukung PBM, bebeapa dosen telah menulis buku ber ISBN, antara lain: Bubarkan PBB (Sebuah Refleksi dan Solusi Alternatif, Media dan Komunikasi Kontemporer, Problem Perkotaan dan Konflik Sosial Sebuah Perspektif Sosiologi; Isu Gender, Seksualitas dan Hak Azasi Manusia Dalam Administrasi Publik, Komunikasi Multikultural, Jurnalisme Komprehensif, Menuju Model Resolusi Konflik Berbasis Governance, Pergeseran Paradigma Pembangunan Pemberdayaan Perempuan Menuju Pengarusutamaan Gender, Pendidikan Anak Usia Dini di Kawasan Pemukiman Kumuh, Pemilihan Umum Legislatif 2009 dan Media Massa, Manusia-manusia Paling Misterius di Dunia.

Keunggulan dalam riset dilakukan dengan mengembangkan grup-grup riset berdasarkan tema-tema: (1) Reformasi Pelayanan Publik Berbasis Human Governance; (2) Penguatan Komunikasi dan Media; (3) Pembangunan Demokrasi dan Civil Society – (Citizenship); (4) Penguatan Diplomasi dan Kerjasama Internasional; (5) Penguatan Hubungan Industrial; dan (6) Pengembangan Budaya dan Integrasi Sosial.

Riset unggulan yang telah dilakukan dalam 1 tahun terakhir antara lain: (1) Pemanfaatan IT dalam pengembangan kapasitas kelembagaan; (2) Pengurangan prostitusi Anak; (3) Budaya mendengarkan radio komunitas untuk kesehatan Ibu dan Anak; (4) Krisis Sosial Kultural dalam Perubahan Identitas Bangsa; (5) Penguatan ideology Kebangsaan menuju Harmonisasi Sosial; (6) Pemberdayaan Kelembgaan Pemerintah Desa dan Penanggulangan Kemiskinan; (7) Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa dalam Perspektif Intergovernmental Relation (IGR), (8) Imajeri Kebangsaan Indonesia dalam Jagad Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada 4 tahun mendatang akan dkembangkan Tim QLT (Quantum Leap Transformation) untuk melakukan percepatan publikasi hasil riset melalui penyelenggaraan dan keikut sertaan dalam international conference, penulisan book chapter ataupun penulisan artikel bereputasi internasional.

Keunggulan dalam Internasionalisasi dan Pencitraan Publik menjadi prioritas utama melalui penyelenggaraan seminar internasional, membuat MoU dengan 4 Lembaga bereputasi internastional dan kolaborasi riset dan exchange program.

Laboratorium/Studio di bawah Program Studi di FISIP UNS terdiri dari[sunting | sunting sumber]

  • Laboratorium Multi Media pada Prodi S1 Ilmu Komunikasi yang menyelenggarakan layanan praktikum untuk produksi isi media audio visual (televisi), radio, video, humas, iklan, fotografi dan surat kabar/ majalah.
  • Laboratorium Sosiologi (Lab. Sosio) pada prodi S1 Sosiologi yang menyelenggarakan kajian-kajian sosiologi, sebagai bagian dari misi ilmiah untuk berperan serta dalam pemecahan masalah-masalah pembangunan dan perubahan sosial; otonomi daerah; keteraturan dan integrasi sosial; ekonomi, budaya dan industri kreatif.
  • Laboratory for Public Governance Reform (Laboratorium Reformasi Tata Kelola Sektor Publik) pada prodi Ilmu Administrasi Negara yang dibentuk untuk memberi kontribusi bagi reformasi tata kelola sektor publik yang berorientasi global berbasis kearifan lokal melalui riset dan layanan masyarakat di bidang: reformasi organisasi dan manajemen publik, reformasi manajemen SDM dan budaya kerja birokrasi; reformasi kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan; dan pembangunan demokrasi dan civil society.
  • Laboratorium Soft Power Diplomacy dan Laboratorium Diplomatic Course. Soft Power Diplomacy, merupakan layanan akademik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, dan pengabdian masyarakat di kalangan mahasiswa dan dosen dalam bentuk konsultasi, edukasi dan sosialisasi kebijakan nasional pada umumnya, khususnya pencapaian kepentingan nasional Indonesia di arena global. Diplomatic Course sebagai wahana untuk mendukung aspek praktek praktis dan teoretis tata pergaulan internasional seperti: melakukan simulasi pemecahan masalah kerja sama dan perjanjian internasional melalui percakapan dan teknik-teknik perundingan internasional, simulasi teknik komunikasi interpersonal, negosiasi, lobi dalam forum-forum internasional. Untuk melaksanakan kegiatan pada laboratorium tersebut dibentuk: (1) Corner for European Studies; (2) Corner for Latin And American Studies; (3) Corner for Islamic World and Middle-East Studies; (4) Corner for Melanisian and South-East Asian Studies; dan (5) Corner for American Studies.

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Laboratorium ini merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan pada setiap Program Studi dalam pendidikan akademik (S1) dan/atau pendidikan vokasi (D3). Laboratorium/Studio dipimpin oleh dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan spesifikasi laboratorium tertentu dan bertanggung jawab kepada Dekan.

Laboratorium yang keberadaannya di bawah Fakultas adalah Laboratorium Multi Media dan ICT (Information Communication Technology). Laboratorium ini menyelenggarakan layanan praktikum untuk materi mata kuliah berbasis komputer multi media, seperti: jurnalistik, periklanan, kehumasan, analisis penelitian, analisis kebijakan publik dan manajemen publik, analisis sosiologis, desain grafis, aplikasi dasar komputer, dan sebagainya.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "FISIP UNS". ICT FISIP UNS. Publikasi FISIP UNS. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-02-02. Diakses tanggal 24 Januari 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]