Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat
DekanDr.H. Mohammad Effendy, SH, M.H
Jumlah dosen61 orang (pada tahun 2009)
WarnaMerah

Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat adalah salah satu Fakultas di bawah Universitas Lambung Mangkurat yang juga termasuk Fakultas pelopor berdirinya Universitas Lambung Mangkurat. Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat merupakan Sekolah Hukum tertua di Kalimantan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fakultas Hukum merupakan salah satu Fakultas yang telah ada sejak awal berdirinya Universitas ini.

Mahasiswa Fakultas Hukum pada awalnya berasal dari orang-orang yang sudah mempunyai pekerjaan dan jabatan di masyarakat. Untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar pada masa itu, Fakultas Hukum mendatangkan beberapa dosen dari Universitas Gajah Mada. Di samping itu juga mengundang dosen luar biasa, yaitu hakim-hakim pengadilan serta jaksa. Adapun nama-nama dosen yang pernah mengajar di Fakultas Hukum Unlam adalah:

  1. Mr. Soejono Hadidjojo
  2. Mr. Ong Tjiong Haw (Rahmanata)
  3. Mr. Tjang Bian Hwie
  4. Mr. Natidipoero
  5. Letkol. Bobby Rahman
  6. Prof. Dr. Hardjodiningrat
  7. Joesran Syaifuddin, S.H.
  8. Soerono
  9. Prof. Herman
  10. R. Biertje Tjitrodikoesoemo, S.H.

Semenjak tahun 2009, pembangunan dilakukan di Fakultas Hukum guna memperbaiki kualitas dan kuantitas belajar dan mengajar di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Dekan[sunting | sunting sumber]

!No. Foto Nama Dari Sampai Keterangan
1. Mr. Soejono Hadidjojo 1958 1964  
2. H. Gusti Ibrahim Aman, S.H. 1964 1966 dipilih kembali pada periode 1972, dan 1978 - 1980
3. H. Idham Zarkasi, S.H. 1966 1968 dipilih kembali pada periode 1973 - 1974, 1974 - 1978, dan 1980 - 1986
4. R. Biertje Tjitrodikoesoemo, S.H. 1968 1970  
5. Yusuf Mansyur, S.H. Januari Juli 1973  
6. M. Roesmali, S.H. Januari Juni 1987  
7. H. Abdurrahman Hasan, S.H. 1987 1990 dipilih kembali pada periode 1991 - 1994
8. Hj. Yurliani, S.H. 1995 1998  
9. H. Riduan Syahrani, S.H. 1999 Oktober 2001  
10. H. Darman, S.H. 2001 2005  
11. Rosita Saifuddin, S.H. 2006 2010  
12. Dekan FH Unlam.JPG Helmi, S.H., M.Hum. 2010 2014  
13 Dr.H. Mohammad Effendy, SH, M.H 2014 -

Jenjang Studi[sunting | sunting sumber]

Jenjang Studi yang terdapat dalam Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat adalah Program Pendidikan Jenjang S1 Reguler A dan Reguler B (Kelas Ekstensi). Selain itu juga menyelenggarakan Program Pendidikan Jenjang S2 Kenotariatan yang bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada.

Program Kekhususan[sunting | sunting sumber]

Di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat terdapat 5 (lima) Program Kekhususan yang merupakan penjurusan atau keahlian secara spesifik serupa dengan Program Studi sebagaimana yang terdapat pada Fakultas lain yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu:

  1. Hukum Perdata
  2. Hukum Pidana
  3. Hukum Tata Negara
  4. Hukum Acara
  5. Hukum Ekonomi

Organisasi Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Badan Eksekutif Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Lambang Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unlam.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat merupakan wahana perwakilan mahasiswa dan berguna untuk menginduki seluruh organisasi mahasiswa di tingkat Fakultas Hukum berfungsi seperi Lembaga Eksekutif, anggotanya terdiri dari wakil-wakil mahasiswa secara keseluruhan yang dipilih oleh mahasiswa melalui pemilihan umum di lingkungan Fakultas Hukum yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Lama masa kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat adalah satu tahun.

Berkas:Kongres Mahasiswa FH Unlam Desember 2010.JPG
Kongres Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat tanggal 17 Desember 2010.

Keberadaan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat tidak terlepas dari proses pendidikan dan pengajaran yang telah berkembang dalam dunia kampus. Mahasiswa sebagai masyarakat kampus merasa perlu untuk membentuk suatu organisasi yang menaungi mereka dan menyalurkan aspirasi mereka di tingkat fakultas hingga tingkat universitas. Sebagaimana organisasi kemahasiswaan pada umumnya, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat juga pernah mengalami masa pasang surut. Dan kebangkitan kembali organisasi ini bermula sejak dipimpin oleh Mohammad Ibnu Agil pada periode 2009 - 2010 yang terpilih berkat Kongres Mahasiswa Fakultas Hukum Unlam pada bulan Februari 2009. Ketika keraguan akan eksistensi organisasi ini dalam dinamika kampus semakin mencuat bahkan sampai terendus oleh media massa. Pengurus dikala itu sangat termotivasi untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari tingkat lokal sampai dengan tingkat nasional. Dikarenakan perkembangan yang sangat signifikan oleh mahasiswa Fakultas Hukum tersebut, Dekan selaku pimpinan tertinggi di Fakultas Hukum menunjukkan dukungannya yang besar terhadap organisasi ini dengan mendirikan Sekretariat terpadu untuk setiap UKM yang ada, termasuk BEM FH Unlam, sebanyak 5 buah ruangan dengan 1 atap. Sesuai dengan hasil rapat Pembantu Rektor III, Kepala BAAK, Kepala BAPSI, Pembantu Dekan III seluruh Fakultas di Unlam, Ketua DEMA Unlam, para Ketua BEM dan BLM Fakultas di Unlam, serta Ketua UKM-UKM yang diselenggarakan pada 26 Maret 2009 disepakati bahwa kepengurusan organisasi mahasiswa diberlakukan sama terhitung mulai bulan Januari sampai dengan Desember pada tahun berjalan. Karenanya kepengurusan yang dimotori oleh Mohammad Ibnu Agil yang seharusnya habis pada bulan Maret 2010 terpaksa diperpanjang sampai pada bulan Desember 2010.

Kongres Mahasiswa tersebut baru bisa dilaksanakan pada bulan 17 Desember 2010 dengan hasil:

Bulan Desember 2010 dibentuklah KPU BEM FH Unlam yang kemudian berfungsi untuk menyelenggarakan Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua BEM FH Unlam periode 2011 - 2012. Tugas KPU tersebut antara lain:

  • Menyelenggarakan Penyampaian Visi dan Misi Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FH Unlam
  • Menyelenggarakan Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua BEM FH Unlam

Calon Ketua dan Wakil Ketua yang ikut berpartisipasi dalam Pesta Demokrasi Mahasiswa tersebut hanya diikuti oleh dua pasangan, yakni:

  • Pasangan dengan Nomor urut 1 adalah Fazlur Rahman dan Ali Murtadlo (LURAH & RT)
  • Pasangan dengan Nomor urut 2 adalah Hasbi Rahman dan Silvi Muliani Lestari (HASIL)

Dan pada tanggal 22 Desember 2010 diselenggarakan Pesta Demokrasi Mahasiswa pertama, Pemilu Mahasiswa, guna memilih Ketua dan Wakil Ketua BEM FH Unlam untuk periode 2010 - 2012. Pemilu tersebut dilaksakan sepanjang hari dan penghitungan suara baru selesai pada jam 22.00 WITA dengan Ketua dan Wakil Ketua BEM FH Unlam terpilih adalah Pasangan dengan Nomor urut 1. Dalam pemilu tersebut banyak mendapatkan atensi dan perhatian dari berbagai kalangan mahasiswa, bukan hanya dilingkungan Universitas Lambung Mangkurat, tetapi juga di luar Universitas bahkan dari beberapa Universitas di Jawa. Mereka beranggapan pemilu yang digelar oleh KPU BEM FH Unlam yang dimotori oleh Rachmad Suryadi berlangsung baik dan dekomratis.

Badan Legislatif Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat merupakan wahana perwakilan mahasiswa pada tingkat Fakultas Hukum seperi Lembaga Legislatif yang memiliki tiga fungsi, yaitu Fungsi Legislasi, Fungsi Pengawasan dan Fungsi Aspirasi, anggotanya terdiri dari wakil-wakil mahasiswa yang dibentuk guna mengawasi dan memonitor kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Lama masa kerja Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat adalah satu tahun.

Mapala Justitia[sunting | sunting sumber]

Lambang Mapala Justitia FH Unlam.

Mapala Justitia merupakan UKM Kepecintaalaman yang ada di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Mapala Justitia berdiri pada tanggal 21 Februari 1979. Semenjak dibentuk sampai dengan sekarang telah sangat banyak prestasi yang pernah diukir oleh organisasi mahasiswa tertua di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat. Yang terbesar pernah dilakukan adalah melaksanakan ekspedisi ke Malaysia dengan menggunakan rakit. Ekspedisi ini tidak dilakukan bersama-sama melainkan sendiri, yakni dalam rangka melakukan pendataan terhadap komunitas kura-kura hijau di Pulau Sembilan yang diketuai oleh Muhammad Saleh sedangkan Penelusuran Goa dilakukan oleh Divisi Caving yang diketuai oleh Denny. Setiap tahunya Mapala Justitia selalu mengikuti ekspedisi ke puncak gunung besar yang merupakan jalur pemantapan anggota baru, penelusuran Goa Cantung pada tahun 1982, penalkukkan Gunung Rinjani di Lombok Nusa Tenggara Barat dalam ekspedisi gabungan Pecinta Alam se-Indonesia yang diwakili oleh Lusiana Panna Dewi Tj.

Forum Apreasi Seni[sunting | sunting sumber]

Lambang Forum Apreasi Seni FH Unlam.

Forum Apreasi Seni merupakan UKM tengtang Seni, baik Sasrta, Tari, Teater, dll yang ada di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Pada tahun 1992, sekumpulan mahasiswa yang aktif dalam Senat Mahasiswa (sekarang Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat mengadakan studi banding ke perguruan tinggi di Jawa. Dinamika kehidupan berorganisasi di Jawa cukup matang, khususnya dalam pengembangan kesenian. Sepulangnya dari studi banding, mereka yang concern]] terhadap kesenian, seperti Erhamuddin, Fitriannor dan Jum sepakat untuk mendirikan sebuah organisasi yang fokus hanya dalam bidang seni yang kemudian diberi nama Forum Apreasi Sastra. Mulanya organisasi ini hanya bergerak dibidang seni teater dan sastra. Namun pada perkembangannya bidang musik dan tari juga terdapat pada organisasi ini. Berdasarkan hal tersebut, pada tanggal 29 Oktober 1994, Forum Apreasi Sastra diubah menjadi Forum Apreasi Seni. Dan pada tanggal tersebut dianggap sebagai hari kelahiran organisasi ini. Forum Apreasi Seni mempunyai lambang yang terdiri dari Timbangan, air dan tunas, dimana timbangan yang merupakan lambang almamater menggambarkan pengayoman dari keadilan, air menggambarkan inspirasi, karya dan kreasi yang selalu mengalir dan tunas menggambarkan generasi muda yang mempunyai kepedulian terhadap seni.

Kelompok Studi Islam Al-Mizan[sunting | sunting sumber]

Lambang KSI Al-Mizan.

Kelompok Studi Islam Al-Mizan merupakan UKM tentang keagamaan (Islam) yang ada di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat.

Berdirinya Kelompok Studi Islam Al-Mizan dimulai pada saat adanya keingindan dari individu-individu untuk memperluas wawasan terutama mengenai Islam baik sebagai agama maupun sebagai aturan hidup yang membawa keselamatan dan kedamaian serta usaha untuk mengkaji permasalahan-permasalahan yang berkembang berdasarkan pandangan Islam, disamping keinginan untuk melanjutkan risalah dakwah agar mereka memiliki pemahaman Islam yang terarah dan untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah. Berangkat dari hal tersebutlah maka individu-individu yang memeiliki kesamaan pemikiran tersebut membentuk suatu organisasi kampus yang bernama Kelompok Studi Islam Al-Mizan pada tahun 1988/1989.

Organisasi Semi Otonom[sunting | sunting sumber]

Komunitas Peradilan Semu[sunting | sunting sumber]

Lambang Komunitas Peradilan Semu FH Unlam.

Komunitas Peradilan Semu Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat yang kemudian disingkat KPS FH Unlam merupakan salah satu Organisasi Semi Otonom dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Unlam. Komunitas ini berdiri telah ada sejak tahun 2006an, namun baru sekitar tahun 2008 mulai akhif secara kepengurusan. Kongres Pertama tahun 2011 memutuskan M. Az'ari Rakhman (angkatan 2008) sebagai Ketua Umum Komunitas ini. Agenda dari komunitas ini adalah simulasi peradilan semu di Fakultas Hukum.

Lembaga Penelitian, Penalaran dan Diskusi Hukum[sunting | sunting sumber]

Lembaga Penelitian, Penalaran dan Diskusi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat disingkat LP2DH FH Unlam merupakan lembaga yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran hukum yang dikemas dalam bentuk diskusi intensif.

English Club[sunting | sunting sumber]

English Club merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang kebahasainggrisan, baik dalam bentuk diskusi bahasa inggris, debat bahasa inggris, dan lain-lain.

Lembaga Pers Mahasiswa Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Lambang LPM Peristiwa FH Unlam.

Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Hukum merupakan komunitas yang tergolong baru di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, lembaga ini bergerak dibidang pers, design dan fotografi yang kemudian direalisasikan dalam bentuk butletin mingguan.

Badminton Law Community[sunting | sunting sumber]

Lambang Badminton Law Community FH Unlam.

Badminton Law Community merupakan komunitas baru yang bergerak dibidang olahraga bulu tangkis.

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
  • Beasiswa Yayasan Supersemar
  • Beasiswa Wira Usaha Mandiri
  • Beasiswa Mandiri

Alumni[sunting | sunting sumber]

Alumni Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat tergabung dalam sebuah Komunitas bernama Ikatan Alumni Fakultas Hukum disingkat Ika Hukum.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs Resmi