FC Barcelona Handbol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

FC Barcelona Handbol adalah sebuah tim bola tangan yang bermarkas di Barcelona. Klub ini didirikan tahun 1942. Saat ini bermain di Liga ASOBAL.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Divisi bola tangan secara resmi didirikan pada tanggal 29 November 1942, meskipun ada rujukan-rujukan pada pertandingan-pertandingan persahabatan yang dimainkan oleh Barça pada tahun 30-an

Olahraga ini mulanya dimainkan oleh sebelas pemain dalam lapangan sepak bola berukuran penuh, dan permainan tersebut tidak sampai tahun 50-an dimainkan seperti yang dikenal saat ini, dengan tim tujuh pemain di lapangan dalam ruang.

Sukses pada permainan 11-a-side[sunting | sunting sumber]

Tim bola tangan segera mendapatkan kesuksesan. Mereka memenangkan ganda Kejuaraan Catalan dan Spanyol untuk tiga musim berturut-turut pada pertengahan tahun 40-an. Dan dua ganda selanjutnya dimenangkan pada tahun 1949 dan 1951. Pada tahun 1950-an, tim bola tangan Barça memenangkan satu lagi Kejuaraan Spanyol dan empat lagi kejuaraan Catalan

Konsolidasi permainan modern[sunting | sunting sumber]

Barça mengikuti model saat itu dan beralih ke variasi 7-a-side dalam ruang, namun tidak meraih keberhasilan besar hingga akhir 60-an dan memenangkan ganda liga dan piala pada tahun 1969. Palau Blaugrana dibangun segera setelah itu dan memberikan tempat yang tepat bagi tim olahraga dalam ruang untuk Barça, dan juga konsolidasi yang dibutuhkan oleh bola tangan di klub ini. Dan meskipun tahun 70-an adala dekade yang didominasi oleh Granollers, Calpisa, dan Atlético Madrid, dan Barça hanya berhasil membawa dua piala dan sebuah liga, divisi ini terus berkembang, dan diawal dari periode yang paling sukses yang pernah ada.

Masa keemasan dimulai[sunting | sunting sumber]

Tahun 80-an dimulai dengan dua gelar Liga dan satu Copa del Rey, yang bertepatan dengan kehadiran Valero Rivera sebagai pelatih utama pada tahun 1984. Rivera memimpin tim ini memperoleh gelar lebih banyak lagi dari sebelumnya, karena Barça mengumpulkan piala tidak hanya di Spanyol, namun juga di Eropa selama dua dekade yang mengagumkan. FC Barcelona mendominasi bola tangan Spanyol, dengan memenangkan lima gelar liga berturut-turut dari tahun 1987 sampai 1992 dan lima berikutnya dari tahun 1995 sampai 2000, serta mengumpulkan sembilan gelar Juara hingga tahun 2000.

Menaklukkan semuanya di Eropa[sunting | sunting sumber]

Barça unggul di Spanyol, dan dominasi tersebut juga meluas ke kompetisi Eropa. Dipimpin oleh Serrano dan Sagalés, tiga Piala Winners berturut-turut dimenangkan pada pertengahan tahun 80-an. Kemudian, Barça memenangkan Piala Eropa yang pertama pada tahun 1991, diikuti oleh Piala Winners berturut-turut pada pertengahan tahun 80-an. Namun, ini hanyalah permulaannya. Dari tahun 1996 sampai tahun 2000, tim Valero Rivera membuat rekor mengagumkan dengan memenangkan tak kurang dari lima Piala Eropa berturut-turut, sesuatu yang tidak pernah dicapai oleh tim sebelumnya, dan tidak ada tim yang mungkin pernah melakukannya lagi. Di atas semuanya itu, Barça juga memenangkan empat Piala Super Eropa berturut-turut.

Selama tinggal 'Tim impian' dan sebuah model baru[sunting | sunting sumber]

Pada musim 2003-2004, Valero Rivera meletakkan jabatan sebagai manajer, disertai dengan salah satu pemain bola tangan yang terbaik dari sepanjang masa, Enric Masip. Saat Urdangarín, Guijosa, Ortega, Xepkin, dan O'Callaghan, di antaranya, juga berpindah, masa-masa yang tak dapat diulangi dari Tim Impian nyaris berakhir. Kekosongan yang ditinggalkan oleh Rivera diisi oleh Xesco Espar, sementara Masip dan O'Callaghan tetap berada di klub dengan jabatan administrasi. Namun, meskipun perubahan besar dilakukan, kesuksesan terus berlanjut. Dipimpin oleh kapten David Barrufet, Tim Impian yang bertahan, dan dengan pemain-pemain baru di kelasnya seperti Nagy, Skrbic, dan Iker Romero, tim ini telah mempertahankan tempatnya di antara para elit olahraga, seperti yang diperlihatkan pada Liga Champions ke-7 dan gelar Liga Asobal pada tahun 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]